Cara Mengenali Kosmetik Kadaluarsa

Cari tahu bagaimana cara mengenali kosmetik kadaluarsa kalau nggak ada keterangan expiry date yang tercantum.

Makeup bisa kadaluarsa? Ya tentu, dong! Memakai produk yang sudah kadaluarsa itu bisa seburuk mengonsumi makanan yang sudah expired, lho.

Karena itu, pada kemasan kosmetik biasanya tercetak keterangan PAO (Period-After-Opening), atau jangka waktu produk masih bisa digunakan setelah kemasan dibuka. Biasanya tertulis dengan angka disertai huruf M, misalnya 6M, yang berarti produk masih baik digunakan enam bulan setelah dibuka.

expiration-makeup-symbol wikipediaFoto: wikipedia

Tapi, bagaimana mengenali kosmetik kadaluarsa kalau produknya tidak ada simbol PAO-nya? Berikut adalah tanda-tanda kemungkinan bahwa produk kosmetikmu sudah kadaluarsa.

Foundation

Bila tekstur dan warna sudah berubah, itu tanda bahwa sudah waktunya kamu membuang foundation-mu. Biasanya, liquid foundation yang sudah expired terlihat ber-layer, dengan bau aneh menyerupai gas waktu dicium (no kidding!). Jika tidak dicek dengan teliti, menggunakan foundation yang sudah kadaluarsa bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakouts, lho! Produk cairan seperti foundation juga lebih rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan munculnya kemerahan dan rasa gatal di wajah.

Concealer

Sama seperti foundation, look for changes in color and texture. Stick concealers biasanya bisa bertahan hingga dua tahun, sedangkan concealer yang liquid hanya oke dipakai untuk satu tahun. If your concealer stopped working like magic, kamu tahu sudah waktunya mengganti.

Concealer Bagus

Maskara

Maskara yang sudah kadaluarsa seringkali liquid-nya terlihat menggumpal, beraroma aneh, dan sulit diaplikasikan. Lingkungan gelap dan lembab di dalam tube maskara merupakan tempat ideal berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan sejumlah infeksi mata. To be on the safe side, gantilah maskara setiap tiga bulan.

Eyeliner

Eyeliner pensil yang sudah kadaluarsa biasanya menunjukkan tanda adanya bercak putih pada ujung pensil. Sementara eyeliner cair yang sudah kadaluarsa akan kering, terasa lebih kasar dan mengeluarkan bau tak sedap. Jika sudah tidak layak pakai, akan timbul rasa gatal dan iritasi pada bagian yang diaplikasikan.

Blush, Eye Shadow Powder

Ciri-ciri kadaluarsa produk berbahan dasar powder mudah dikenali, yaitu biasanya terlihat lebih kering dan pecah atau tidak menyatu seperti waktu awal dibeli. Warna-warna pada eyeshadow atau blush pun mulai berubah menjadi lebih gelap dan pudar. 

Cream Blush

Lipstick

Lipstik dan lip gloss yang kadaluarsa sama-sama memiliki bau yang tak sedap dan tanda tekstur yang berubah. Lip gloss kadaluarsa juga memiliki tekstur yang lebih lengket dan sulit diaplikasikan pada bibir. Jika kita mengoleskan lipstik atau lip gloss yang sudah kadaluarsa pada bibir, bibir kita bisa bengkak atau menjadi kering dan pecah-pecah.

Meski belum expired, jika konsistensi produk sudah berbeda, ada baiknya jika kamu mengganti produk makeup tersebut dengan yang baru. Walaupun bisa sakit hati saat membuang makeup yang belum habis, kita harus selalu ingat untuk mementingkan kesehatan dulu ya. 

Semoga artikel ini membantu! :D