banner-detik

dryness

Trik Menghindari Foundation Cracking Pada Kulit Kering

seo-img-article

Kalau kamu punya jenis kulit yang kering, beberapa tips di bawah dapat membantu agar foundation yang kamu pakai awet dan nggak cracking.

Jangan dikira yang perlu struggling untuk menjaga foundation tetap awet digunakan di wajah hanya pemilik kulit berminyak saja, ya! Pemilik kulit kering seperti saya pun punya masalah sendiri berkaitan dengan complexion. Masalah yang paling sering saya hadapi adalah foundation yang cracking, terlihat nggak menempel di kulit, dan juga mempertegas garis-garis halus dan smile lines.

Di waktu-waktu tertentu, kulit saya bahkan lebih kering dari biasanya. Saking keringnya sampai terlihat mengelupas di beberapa area, seperti cuping hidung dan daerah rahang. Saat kulit sedang dalam kondisi seperti itu, kalau saya sih mendingan nggak pakai foundation aja sekalian, daripada hasilnya malah terlihat berantakan.

Tapi kan kadang kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus banget pakai makeup. Nah, untuk situasi tersebut, saya punya beberapa trik agar foundation yang kita gunakan tetap menempel, nggak cracking, dan nggak mempertegas dry patch area.

1. Gunakan skincare routine seperti biasa

IMG_0146 (2)

Dulu saya sering skip skincare routine pada saat menggunakan makeup. Apalagi saya kan penggemar BB Cream, dalam pikiran saya, BB Cream yang saya gunakan juga sudah mengandung pelembap dan manfaat-manfaat lainnya. Terus saya juga berpikir kalau terlalu banyak layer akan membuat makeup saya terlihat “berat” dan kulit nggak bisa bernafas.

Tapi ternyata saya salah. Justru karena saya skip penggunaan beberapa skincare, kulit saya jadi kurang lembap dan foundation yang saya pakai setelahnya nggak bisa menempel dengan baik. Sejak saya mencoba untuk tetap memakai skincare routine saya yang biasanya sebelum menggunakan foundation, complexion yang dihasilkan malah terlihat lebih halus, awet, tanpa ada dry patch di sana-sini.

2. Pakai primer dan setting spray untuk kulit kering

Saya sendiri menghindari jenis primer yang memiliki formula menahan minyak, seperti kebanyakan drugstore face primer. Sebenarnya sampai sekarang saya belum “tergerak” untuk menggunakan primer dan setting spray sama sekali sih. Tapi ada beberapa face primer dan setting spray yang bisa memberikan tampilan kulit terlihat mosturise dan glowing.

Contoh face primer untuk kulit kering misalnya Laura Mercier hydrating Foundation Primer, NYX Angel Veil Skin Perfecting Primer, atau Beauty Story Pearl Primer. Sedangkan setting spray yang bisa dipilih antara lain Skindinavia Makeup Setting Spray Bridal dan NYX Dewy Finish Setting Spray.

3. Pilih foundation yang diformulasikan untuk kulit kering

IMG_0148

Saya paling anti pakai foundation yang finishing-nya matte, karena pasti akan cracking dan menggumpal di beberapa bagian wajah. Saya lebih memilih foundation yang memberikan hasil akhir dewy atau “basah” berkilau. Favorit saya sejak empat tahun yang lalu adalah Bourjuis Healthty Mix Foundation. Saya juga sudah mencoba Missha M Magic Cushion Moisture Sally dan Catrice Even Skintone Beautifying Foundation, dan cukup menyukai hasilnya.

Baca juga: Foundation Drugstore yang Cocok Untuk Kulit Kering 

4. Tambahkan beberapa tetes facial oil pada foundation

IMG_0151Trik yang satu ini saya pakai kalau kondisi kulit saya sedang sangat-sangat kering, tapi ada acara formal yang harus dihadiri. Saya menambahkan 1-2 tetes facial oil ke foundation yang akan saya gunakan. Saya biasanya mencampurkannya di punggung tangan dan kemudian baru saya aplikasikan ke wajah. Oh iya, trik ini juga bisa digunakan untuk mengencerkan foundation yang teksturnya terlalu thick.

Nggak semua orang cocok dengan cara yang satu ini sih. Beberapa teman saya yang mencoba memakai cara saya ini, malah mendapati foundation yang mereka pakai lebih cepat meleleh dan terhapus. Tapi di saya sih aman-aman saja. Jadi balik lagi ke kondisi kulit dan produk yang digunakan.

5. Beri tambahan kilau dengan highlighter

IMG_0149

Yang ini tidak akan berpengaruh terhadap tekstur foundation sih, tapi anggap saja bonus trik yah. Pengaplikasian highlighter di titik-titik yang tepat pada wajah akan membuat wajah terkesan mengkilat dan sehat. Kalau menggunakan highlighter berbentuk cair, aplikasikan di atas foundation, sebelum menggunakan bedak. Tapi bila memilih highlighter berbentuk powder, bisa diaplikasikan di atas bedak. Dan jangan berlebihan saat menggunakan highlighter. Cukup letakkan sedikit produk pada area-area wajah yang ingin ditonjolkan seperti tulang hidung, tulang dahi, dan tulang pipi.

Semoga trik dari saya ini membantu, ya! 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment