3 Fungsi Hydrating Toner

Sama seperti teksturnya yang datang dalam berbagai macam bentuk (liquid, lotion, essence, spray), fungsi hydrating toner untuk kulit kita juga ada bermacam-macam.

Kalau kamu sudah sering melakukan double toning, hydrating toner adalah step krusial yang nggak boleh dilewatkan setelah memakai acid toner. Tapi, sekalipun kamu nggak melakukan double toning, sebenarnya ada banyak banget manfaat hydrating toner untuk kulit. Tiga ini adalah yang paling utama!

Lihat juga: Perlu Nggak, Pakai Toner?

thayers cucumber-side

1. Pengganti Moisturizer

Sesuai namanya, fungsi hydrating toner adalah memberikan hidrasi pada kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik punya kandungan air yang cukup dan seimbang sehingga terhindar dari dehidrasi. Untuk pemilik kulit berminyak yang takut clogged pores karena pelembap yang terlalu rich, hydrating toner juga bisa digunakan sebagai pengganti moisturizer karena formulanya yang lebih light, mostly water-based, tapi tetap bisa melembapkan.

Lihat juga: Rekomendasi Hydrating Toner

2. Meningkatkan Efisiensi Skincare yang Dipakai Selanjutnya

Kulit dengan kadar air yang cukup bisa menyerap skincare lebih baik daripada kulit kering. Alasan kenapa double toning dilakukan setelah mencuci muka adalah karena karena produk-produk seperti serum, pelembap, oil, dan sebagainya lebih bisa terpenetrasi dengan baik setelah kulit dalam keadaan terhidrasi. Dengan ini, hasil yang diberikan produk-produk juga lebih maksimal.

3. Menyeimbangkan Kadar pH

Setelah mencuci muka, seringkali kulit terasa lebih kering dari biasanya. Ini karena acid mantle (lapisan yang terdiri dari sebum dan keringat) yang melindungi kulit kita terganggu dan menyebabkan kulit jadi lebih rentan terhadap bakteri dan iritan. Nah, supaya acid mantle nggak terganggu, kita butuh hydrating toner yang bisa menyeimbangkan kembali kadar pH kulit setelah proses cleansing.

Nah, gimana cara memilih hydrating toner yang pas untuk kita? Cara paling gampangnya adalah, cari saja kata-kata soothing, moisturizing, calming, atau hydrating pada produk toner. Jangan lupa untuk selalu cek kandungan di dalamnya, kalau mengandung bahan-bahan melembapkan seperti gliserin, sodium PCA, hyaluronic acid, aloe vera, chamomile, rosewater, dan lain-lain, boom, there you have it, hydrating toner.