banner-detik

acne blemishes

Skincare Korea untuk Jerawat

seo-img-article

Selama ini saya memang belum pernah mencoba skincare Korea untuk urusan jerawat, tapi ketika beberapa minggu lalu muncul beberapa jerawat hormonal, Ochell merekomendasikan COSRX Natural BHA Returning A-Sol, spot treatment yang dapat rating 3.9 oleh FD members di Beauty Review.

“Di gue sih, efeknya biasa aja.” kata Ochell, yang kulitnya memang nggak se-acne prone saya. Berhubung waktu itu sudah memasuki that time of the month dan memang penasaran juga dengan produknya, akhirnya saya memutuskan untuk coba saja spot treatment ini. Toh, saya juga lagi nggak pakai produk BHA apapun dan lagi mau break sebentar dari produk AHA andalan saya.

Meskipun namanya Natural BHA Skin Returning A-Sol, tapi sama seperti exfoliating pads-nya, kandungan BHA dalam produk ini diambil dari betaine salicylate, exfoliator yang sejenis dengan salicylic acid tapi lebih gentle di kulit karena dicampur dengan betaine. Nah, betaine itu sendiri adalah humektan dan anti-iritan yang bisa menghidrasi kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.

Ini membuat betaine salicylate lebih cocok untuk kulit sensitif karena kadang salicylic acid terlalu keras dan kering, bahkan untuk kulit non-sensitif sekalipun. Jadi, betaine salicylate tetap memiliki fungsi anti-bacterial yang diperlukan untuk mengatasi jerawat, tapi formulanya lebih moisturizing dan less-irritating daripada salicylic acid. Selain betaine salicylate, di dalam produk ini juga ada glycolic acid dan tea tree oil, jadi kombinasinya cukup kuat untuk kulit oily dan acne-prone seperti saya.

cosrx bha asolDari website COSRX, petunjuk pemakaian produk ini adalah “Spread thinly onto troubled areas, tap gently with fingerprints to absorb“. Ya, basically, seperti obat totol jerawat aja, sih. Mengingat obat totol jerawat andalan saya sepanjang masa bentuknya seperti salep, jadi agak lucu juga pertama kali pakai spot treatment yang bentuknya cair dan justru lebih kayak toner ini. Sesuai anjuran, pertama kali dipakai saya langsung totol saja basah-basah dengan jari di atas dua jerawat PMS yang baru muncul di rahang. Formulanya cepat menyerap dan sesuai klaimya, nggak meninggalkan rasa lengket sama sekali.

Natural BHA Skin Returning A-Sol ini saya pakai setiap malam, awalnya cuma di spot-spot jerawat saja, tapi karena kalau lagi PMS jerawat yang keluar suka nggak terkontrol, jadi setelah tiga hari saya coba pakai full ke seluruh muka dengan kapas. Hasilnya? Ampuh banget untuk ngempesin jerawat, terutama yang besar-besar dan ada “matanya”. Biasanya, kalau di kulit saya ada jerawat yang segede jagung, radangnya baru hilang sekitar seminggu. Yup, seminggu! Tapi setelah dioles spot treatment ini, dua – tiga hari udah kempes dan langsung hilang tanpa bekas.

SAMSUNG CAMERA PICTURESSejauh ini, efek yang signifikan dari spot treatment ini memang baru ngempesin jerawat dan ngurangin radang aja, belum sampai mencegah jerawat muncul sama sekali. Tapi buat saya, efek itu sudah cukup berarti karena untuk kulit yang rentan berjerawat kayak saya, jerawat hormonal bisa jadi total nightmare. Di kulit saya, spot treatment ini sudah terbukti ampuh menangani jerawat yang merah dan radang. Jadi buat bruntusan atau whiteheads kecil-kecil, nggak usah ditanya lagi, ya. Hari ini muncul, besoknya sudah langsung hilang 🙂 On a side note, just like what every BHAs do, produk ini juga bikin hidung jadi halus dan bersih dari komedo.

Mungkin buat kamu yang merasa salicylic acid terlalu keras untuk kulit kamu dan butuh gentler exfoliant yang juga punya fungsi anti-acne, Natural BHA Skin Returning A-Sol ini bisa dicoba. Yang penting jangan skip sunscreen setiap hari dan setiap mencoba produk acid, se-gentle apapun itu, jangan lupa untuk selalu patch test. 🙂

It looks like I have found another HG product for my oily, acne-prone skin. If you’ve also tried this product, please write your experience down below because I would love to know how this works for you!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment