banner-detik

face

Memilih Warna Foundation untuk Pemakai Hijab

seo-img-article

Masalah kulit belang, atau warna kulit wajah beda dengan tangan, jadi beberapa masalah pemakai hijab saat memilih warna foundation. Cobain deh beberapa tips ini.

Di artikel tentang bedak tabur lokal, saya mention bedak tabur Emina shade tergelap yang saya pakai saat tangan lagi iteman. Yup, segitu khawatirnya saya kalau sampai warna muka dan tangan belang. Mengingatkan sama banyak beauty assistant yang suka saya lihat di department store; mukanya “putih” tapi tangan tan. #NoHate #SorryNotSorry

Saya pun jadi pingin bahas tentang cara memilih warna foundation untuk pemakai hijab, terlebih setelah ada yang bertanya soal ini di AMA Cheryl Raissa dan video rekomendasi lipstick merek muslimah. Kesimpulannya, masih banyak fellow hijabers yang masih bingung cara memilih warna foundation yang tepat. Disamakannya dengan wajah, leher, atau tangan?

memilih-warna-foundation-hijab-1

In general, bagi yang bukan pemakai hijab, biasanya akan disarankan untuk swatch foundation di area dada. Ini pernah ditulis oleh Dara, dan jadi tips MUA Wayne Goss juga. Alasannya, most of the times perempuan kan memakai baju yang bagian dadanya at least sedikit terlihat, jadi lebih baik disamakan dengan dada. Nah, bagi hijabers tentu nggak bisa disamakan dong. Jadi, sebaiknya gimana cara memilih warna foundation untuk hijabers? Menurut saya, jawaban pendeknya sih, samakan dengan tangan.

Jawaban panjangnya? OK here we go 😀

Pertama, otomatis kamu harus memilih warna foundation satu sampai dua tingkat lebih gelap. Rata-rata kan memang bagian wajah  kita lebih terang dari bagian tubuh lain/ sama dengan lengan bagian dalam. Apakah warnanya harus exact sama dengan punggung tangan? Menurut saya nggak. Tergantung seberapa gelap punggung tangan kamu, sih, but I know it could be pretty awkward pakai foundation yang jauh lebih gelap dari warna muka, walaupun dia sama dengan warna punggung tangan kita.

Paling nggak, warnanya mampu membuat warna kulit muka dan tangan lebih “menyatu”. Kalau kata MUA langganan Kate Winslet, Lisa Eldridge, at least they look like they belong to the same person.

Kedua, perhatikan undertone! Kadang yang saya lihat di hijabers, nih, warna base makeup mereka not necessarily too light. Cuma ashy, abu-abu! Lebih gemes sih, lihatnya. That’s why I’m not a big fan of BB cream, yang kebanyakan cenderung ashy, atau pilihan warnanya hanya dua bahkan satu shade untuk warna kulit sejuta umat.

Nope. Not gonna work.

Kalau mau light coverage, saya lebih menyarankan pakai concealer, terus pilih warna bedak tabur yang lebih gelap/ disesuaikan dengan tangan. Bedak tabur ya, jangan two way cake. Bedak tabur, walau lebih gelap beberapa tingkat dari warna muka pun, akan tetap nge-blend.

Untuk memastikan, kamu bisa pakai foundation kamu yang sudah di-adjust dengan warna punggung tangan, terus selfie deh sambil angkat tangan di sisi wajah. Kamu bisa lihat apakah pilihan warna foundation kamu sudah enak di mata.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment