beautiful people

Ngobrol Tentang Kosmetik Lokal dengan Beauty Blogger Sekar Arum

seo-img-article

Sekar Arum, atau biasa dipanggil Arum, adalah beauty blogger Indonesia pertama yang rajin saya kunjungi blog-nya. Siapa sih, yang nggak pernah baca Racun Warna Warni?

Jauh sebelum beauty blogger semakin menjamur sekarang ini, saya suka banget baca tulisan-tulisan Arum. Bahasanya rapi, enak dibaca, dan ulasannya pun jujur. Nggak pernah ada yang dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan. She tells it like it is.

Selain itu, Arum juga banyak menulis review tentang produk-produk lokal, jadi setiap kali saya sedang hunting skincare atau makeup lokal yang terjangkau tapi tetap berkualitas, blog Arum jadi salah satu referensi saya. Range produk yang di-review juga luas banget, nggak hanya kosmetik saja tetapi juga produk rambut, bath and body, parfum, dan lain-lain.

Nah, berhubung sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, saya pikir seru juga nih, ngobrol-ngobrol dengan Arum seputar produk kosmetik lokal. Pasti banyak banget insight yang bisa di-share oleh Arum. Simak obrolan saya dengan Arum di bawah ini!

Screen Shot 2016-08-15 at 8.08.56 AM-side1. Hi Arum, brand kosmetik lokal kan lagi naik banget popularitasnya di Indonesia. Apa pendapat kamu tentang ini?

Wah, sebagai pecinta produk lokal sejak dulu, aku sih seneng banget. Karena makin banyak brand-brand baru bermunculan, jadi makin banyak yang bisa dipilih dan dicoba. Terus juga makin banyak beauty enthusiast yang nggak malu-malu buat ngomongin make up lokal, jadi tambah gampang aja cari review mengenai kosmetik lokal. Secara kualitas dan varian produk, brand-brand lokal juga mengalami kemajuan drastis loh dibanding 3-5 tahun yang lalu. Happy deh!

2. Memangnya ada kecenderungan beauty bloggers untuk “malu” ngomongin makeup lokal, ya?

Iya, menurutku sih dulu semacam ada kesan malu karena produk lokal dipandang barang “murah”. Pas pertama kali aku belajar dandan, brand lokal belum sebanyak sekarang. Belum ada Beauty Story, Emina, Rollover Reaction, dan sebagainya. Kalau nggak salah bahkan Make Over juga belum ada, deh.

Dulu beauty blogger Indonesia kan juga masih sedikit, dan kayaknya semuanya bahasnya brand luar yang mahal-mahal. Bahkan aku pernah baca ada kata-kata semacam “Sebenernya nggak cocok sih pakai produk X (brand luar) tapi ya mau gimana lagi, daripada pakai Viva?

Menurutku sih dulu masih ada rasa gengsi yang tinggi 🙂

3. Nah sekarang kan udah banyak banget nih brand lokal yang bagus-bagus, ada nggak produk lokal yang lagi ingin dicoba?

Aduh, banyak banget deh sebenernya yang belum saya cobain, dan rasanya pengen nyobain satu-satu semuanya. Tapi salah dua yang lagi ngehits dan pengen banget saya beli adalah liquid lipstik BLP Beauty dan Rollover Reaction. Apalagi pas liat swatch sister di chanel youtube Female Daily tuh, makin kepengen.

Oh, sama kepengen nyobain brand Amaranthine sih. Brand ini kayaknya belum banyak yang ngomongin dan konternya juga nggak banyak. Tapi sekilas ngeliat lucu-lucu banget baked bronzer, highlighter, blusher, dan eyeshadow-nya.

4. Produk lokal apa yang lagi jadi favorit sekarang ini?

Saat ini saya lagi suka sama Zoya Eyebrow Pencil dan Mineral Botanica SMLC. Tapi untuk all time favorit saya itu Sariayu Palette eyeshadow 25th dan Pixy Eye & Lip Make Up Remover :D.

Screen Shot 2016-08-15 at 8.32.12 AM-side

5. Menurut Arum, brand kosmetik lokal kira-kira harus banyak ngeluarin produk apa? Tentunya selain liquid lipstick yang lagi menjamur banget sekarang.

Brush set yang kualitasnya bagus. Setahu saya baru Mineral Botanica yang ngeluarin Brush Set yang cukup lengkap dan harganya sangat terjangkau.

6. Kira-kira apa yang harus di-improve oleh brand lokal dengan produk-produknya yang sudah semakin banyak? 

Packaging-nya harus ditingkatkan lagi, sih. Ada beberapa brand yang kemasannya nggak menarik, padahal kualitasnya bagus kayak Inez, Viva,  Ranee, Aubeau. Beauty enthusiast kan banyak yang meman hobi koleksi makeup, tapi kalau kemasannya kurang menarik kan males juga mau koleksi.

Selain itu, promosinya juga kurang menurutku. Ada beberapa brand yang barangnya susah dicari. Gimana orang mau mengenal kalau nyari produknya aja susah. Iya kan? 🙂

7. Apa yang menurut Arum jadi kekuatan brand kosmetik lokal sekarang ini? Berhubung persaingannya ketat banget dengan brand-brand luar yang udah terkenal.

Produk kosmetik lokal sekarang menurut saya kualitasnya udah bagus-bagus banget dan bisa diadu lah sama produk kosmetik luar. Produknya pun juga udah variatif. Jadi kita nggak perlu harus pre-order atau nitip temen kalau cuma pengen produk seperti BB cream atau Micellar Water, karena brand lokal pun udah ngeluarin.

Saya inget awal saya belajar make up dulu, BB cream tuh cuma ada produk Korea, dan itupun dapetinnya susah dan rasanya mahal banget untuk pemula. Selain gampang didapat (nggak perlu beli online), keunggulan lainnya adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dan produknya juga dibuat sesuai dengan selera dan warna kulit kita.Screen Shot 2016-08-15 at 8.12.04 AM-side8. Ada nggak produk lokal yang dari dulu selalu di repurchase?

Banyak. Pixy Eye & Lip Make Up Remover itu setiap 6 bulan saya nyetok satu box 🙂 Eyeshadow-eyeshadow dari Sariayu, Wardah dan Inez. Terus saya udah bertahun-tahun pakai pensil alis Fanbo, sebelum akhirnya sekarang pindah ke Zoya.

9. Paling kesal kalau ada yang ngomong apa tentang brand kosmetik lokal?

Paling kesel kalau ada yang bilang mahal dan kemudian bandingin sama harga brand luar. Sering kok ada temen saya yang bilang: “Nggak rela ah beli lipstik brand lokal tapi harganya di atas 100k”. Ya kalau memang kualitasnya bagus kenapa nggak rela? Apa lebih rela bayar 100k untuk brand luar, meskipun kualitasnya jelek, yang penting brand luar? 😀

10. Kalau Arum punya beauty brand sendiri, kira-kira akan jual produk apa saja dan bakal kayak gimana konsepnya?

Wah ini seru sekali pertanyaannya! 😀

Berhubung saya suka banget sama eye make up, kayaknya yang pertama saya bikin adalah eyeshadow palette dengan banyak warna, yang kualitasnya bagus dan super pigmented. Terus saya juga pengen bikin brush set yang kualitasnya bagus dan desainnya menarik.

Saya sih pengen bikin makeup yang banyak pilihan warnanya, kualitasnya bagus, harganya terjangkau, dan desainnya Indonesia banget :D.

nadiladara

nadiladara

Dara enjoys reading true crime stories, trying out brow products, and eating Nutella with just about everything. When she's not Googling Jon Snow pictures, she watches thriller movies and secretly listens to Zayn Malik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment