banner-detik

travel

Liburan Ke Bandung? Wajib Kunjungi NuArt Sculpture Park!

seo-img-article

Kalau ke Bandung, jangan cuma belanja ke factory outlet saja! NuArt Sculpture Park Bandung bisa jadi tujuan menarik buat kamu yang suka dengan seni dan jalan-jalan.

Bisa-bisanya ya, saya baru beberapa bulan ini aja tahu tempat bernama NuArt Sculpture Park di Bandung. Tepatnya, ada di Jl. Setraduta Raya L-6 Serjadi, Bandung, di area seluas 3 hektar. Di sini, kamu bisa menemukan display patung-patung karya pematung senior Nyoman Nuarta. Pak Nyoman ini, adalah sosok di balik beberapa monumen terkenal Indonesia seperti patung Garuda Wisnu Kencana dan Monumen Proklamasi.

Sampai di sana, saya memasuki lobi utama berupa teras dan area terbuka yang ternyata masih tergolong baru. Di sini diperlihatkan karya-karya Nyoman Nuarta yang juga tergolong baru. Patung-patung besar di area depan, dan yang lebih kecil di area dalam. Masuk ke dalam gedung, di lantai pertama, patung-patungnya lebih saya suka karena gayanya lebih playful, dan dibuat dari spiral baja. Di lantai kedua, masih ada sedikit patung namun fokusnya adalah area yang biasanya disewa untuk pameran seniman lain.

IMG_20160424_124117

IMG_20160424_125225

Respek banget sama Pak Nyoman, yang memilih bahan logam sebagai bahan dasar seluruh karya-karyanya sejak dulu. Alasannya nggak lain dan nggak bukan adalah demi lingkungan; biar pohon nggak habis ditebang!

Saya juga cukup beruntung karena hari itu, NuArt baru aja membuka Audio-Visual Room mereka di hari pertama, yang berupa teater mini untuk pemutaran film tentang Nyoman Nuarta dan NuArt. Lebih keren lagi karena baru sehari sebelumnya, Anis Baswedan datang ke NuArt dan bahkan belum sempat masuk ke ruangan ini karena belum siap. Wohoo!

nuart-bandung

Satu hal yang saya nggak nyangka, adalah bisa bertemu langsung hari itu dengan the man of the hour, Nyoman Nuarta himself! Beliau baik banget, chill banget, dan langsung mengajak kita keluar, keliling area sculptre park dan bahkan menyelundupkan saya dan teman-tema ke bengkel tempat dia menggarap proyek patung-patung untuk GWK Bali. Saya pun melihat sendiri kepala Dewa Wishnu yang nantinya akan dibawa ke Bali dengan belasan truk.

Kalau di musim liburan ini kamu berniat ke Bandung, mampir deh ke NuArt ini. Saya saranin di sore hari saat udara sejuk, jadi kamu enggak capek atau gerah untuk muterin satu park, dan bisa foto-foto juga karena banyak banget spot foto keren!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment