banner-detik

face wash cleanser

5 Cara Pakai Skincare Ini Berpengaruh Pada Kinerja Produk

seo-img-article

Cara pemakaian skincare bisa memengaruhi kinerja produk perawatan wajah yang kalian gunakan lho! Apa sajakah itu? Baca ulasannya di sini. 

1. Membersihkan wajah dalam keadaan kering

Angkat tangan kalau kalian terbiasa membasahi wajah sebelum mengaplikasikan facial foam atau cleanser jenis lainnya. Memang ini sudah menjadi kebiasaan dari kecil yang sulit dihilangkan. Mungkin karena kita terbiasa membilas tubuh kita dengan air pada saat mandi sebelum meratakan sabun keseluruh badan sehingga kebiasaan yang sama kita bawa pada saat kita membersihkan wajah.

Padahal jika kita mengaplikasikan pembersih wajah kita dalam keadaan kulit basah maka produk yang kita aplikasikan tidak akan dapat membersihkan kulit dengan efektif. Air akan membuat produk tersebut mudah luruh pada saat menyentuh kulit. It slides right through your skin instead of having the grip to cleanse the grime and dirt of the day. Apalagi produk-produk seperti cleansing oil, milk, dan balm, begitu bersentuhan dengan air produk tersebut teksturnya langsung berubah menjadi milky padahal “tugasnya” dalam membersihkan kotoran belum tuntas.

Bagaimana jika kita double cleansing? In between cleanses don’t forget to tap dry your skin first before you go into the second cleanse. Dengan demikian pembersihan pun akan semakin maksimal.

2. Mengaplikasikan hydrating toner sampai kulit terasa dingin

Ada hydrating toner yang jika kita gunakan akan terasa dingin sesaat ada pula yang membuat kulit benar-benar dingin sampai beberapa lama kemudian. Biasanya produk yang kita aplikasikan dengan ditepuk-tepuk ke wajah dan terutama diaplikasikan dengan kapas memberikan efek dingin pada kulit.

Pada saat meratakan hydrating toner baik dengan tangan ataupun kapas pastikan area tersebut dingin terlebih dahulu baru deh kita pindah ke area lain. Biasanya dalam keadaan kulit dingin ini produk akan menyerap lebih mudah dan produk pun terasa langsung meresap serta tidak meninggalkan rasa lengket.

cara-pakai-skincare

3. Meratakan serum atau pelembap sampai terasa kesat

Pernah merasa produk yang dipakai seperti “mengambang” di permukaan dan tidak menyerap sempurna sehingga menyebabkan kulit berminyak dan lebih parah lagi kulit menjadi bruntusan dan berjerawat? Ini penyebabnya bisa dua hal: kebanyakan mengaplikasikan produk atau pada saat mengaplikasikan produk belum benar-benar merata dan “masuk” hingga meresap ke dalam kulit. Cukup gampang kok, aplikasikan produk sesuai takaran dan ratakan produk ke seluruh wajah sampai terasa kesat di wajah sehingga produk tidak hanya melapisi permukaan dan menyebabkan penyumbatan pada kulit tapi justru masuk ke dalam kulit dan menutrisi sampai ke dalam.

4. Tidak ada waktu jeda

Kecuali produk-produk yang memang dianjurkan ada waktu jeda pada saat diaplikasikan seperti AHA/BHA atau vitamin C, saya membiasakan untuk mengaplikasikan produk langsung sekaligus tanpa waktu jeda. Jika no 2 dan 3 dilakukan dengan benar, ini sangat memungkinkan karena wajah dengan gampangnya menyerap produk dan juga tidak terasa basah sehingga mudah mengaplikasikan lapis demi lapis produk.

Kuncinya adalah aplikasikan produk pada saat kulit masih terasa dingin dan aplikasikan sampai kesat. Dengan demikian, tidak harus menunggu lama-lama dalam pengaplikasian keseluruhan rutinitas perawatan wajah.

5. Gunakan tabir surya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung

This is probably the oldest trick in the book. Sudah khatam dengan double toning dong? Atau memakai produk yang mencerahkan? Nah, produk-produk yang mencerahkan serta mengandung acid akan membuat kulit lebih rentan photoaging jika tidak dilindungi dengan benar. Oleh karena itu, pastikan kalau tabir surya yang kita gunakan memang sudah melindungi dengan baik. Salah satunya adalah dengan memastikan pemakaiannya adalah 20 menit sebelum kita terpapar sinar matahari langsung.

Poin nomor 1 sampai dengan 4 sebenarnya adalah trik yang saya dapatkan dari Menard. Beauty brand ini tidak hanya mengutamakan produk tapi juga cara pemakaiannya. Ternyata pada saat saya mempraktikkan kiat-kiat tersebut dalam pemakaian beragam produk, hasilnya pun jauh lebih bagus. Kalian sendiri apakah sudah melakukan kelima hal yang saya sebutkan di atas?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment