skin concern

Stop Lakukan 3 Hal Ini Kalau Kulit Sedang Berjerawat!

seo-img-article

Breakout adalah hal paling menyebalkan di dunia. Selain membuat kepercayaan diri merosot drastis, kalau tidak ditangani dengan baik bisa berkembang menjadi kasus jerawat yang parah.

Apa yang menjadi pemicu breakout? Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, stress, tidak cocok dengan produk skincare yang dipakai, atau faktor hormon. Either way, breakout yang awalnya hanya bruntusan kecil-kecil di sekitar dahi bisa menjalar menjadi cystic acne di seluruh wajah, kalau kamu tidak menanganinya dengan benar.

Saya pernah mengalami breakout cukup parah yang awalnya dimulai dari jerawat kecil-kecil di sekitar pelipis. Kesalahan saya pada saat itu adalah membiarkan bruntusan ini muncul tanpa diberi acne treatment apapun, meskipun hanya obat totol jerawat. “Ah, paling jerawatan dikit karena mau dapet,” pikir saya, “Dua atau tiga hari juga hilang.”

Ternyata, breakout yang saya lalai tangani ini berubah menjadi jerawat-jerawat besar yang membengkak. Daerah jajahannya pun sudah tidak hanya di pelipis, tetapi merembet ke pipi dan dagu! Kalau sudah begini, baru deh saya heboh dan panik mencoba skincare ini-itu, berharap kalau jerawat yang sudah jauh lebih parah ini, bisa sembuh dalam beberapa hari.

Ini foto saya bulan November 2015, saat menjadi panitia acara Female Daily Best of Beauty Awarding Night. Di balik full coverage foundation dan concealer di sana-sini, kamu masih bisa melihat jerawat saya kan? ūüėÄ

IMG-20151118-WA0019

Berurusan dengan jerawat memang butuh kesabaran, ketelitian, ketelatenan, dan (terkadang) budget yang besar. Ini adalah daftar kesalahan yang pernah saya lakukan dan membuat jerawat saya makin parah, semoga di antara kalian sudah tidak ada lagi yang melakukan ini, ya.

Baca juga: Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat

1. Terlalu sering mencuci muka

Biasanya, jerawat sering dihubung-hubungkan dengan kulit yang kotor. Which is true, karena itu tidur tanpa mencuci muka atau menghapus makeup itu haram hukumnya. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur bisa membuat pori-porimu tersumbat oleh kuman dan bakteri sehingga menimbulkan jerawat.

Tapiiii, ada tapinya, nih. Terlalu sering mencuci muka juga bisa berdampak buruk untuk kulitmu yang sedang berjerawat. Kenapa? Karena minyak yang diproduksi natural oleh tubuh akan “tergerus” dan berpotensi membuat kulitmu dehidrasi.

Kalau sudah dehidrasi, maka¬†kulitmu akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kondisi kulit yang kering di luar. Seperti yang sudah kamu tahu, kulit yang over-oily adalah “rumah” paling nyaman untuk jerawat!

Dua kesalahan lainnya>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment