banner-detik

acne blemishes

Masalah Jerawat: Atasi Sendiri atau Perlu ke Dokter Kulit?

seo-img-article

 3. Cystic acne

Ini dia jenis jerawat yang perlu hati-hatiiii, sekali mengurusnya. Tidak hanya nyeri, cystic acne juga terkadang membengkak hingga tidak disentuh pun rasanya cenat-cenut. Cystic acne tidak memiliki mata atau nanah di ujungnya, bentuknya hanya merah, besar, dan menggelembung.

Masalah Jerawat- Atasi Sendiri atau Perlu ke Dokter Kulit? female daily 5Gambar dari getridskinproblems.com

Cystic acne biasanya tidak bisa diobati hanya dengan produk-produk over-the-counter karena ini merupakan jenis jerawat yang paling merusak lapisan kulit. Maka, di tahap inilah kamu sudah membutuhkan dokter kulit untuk membantu menyembuhkan cystic acne.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari hormon, gaya hidup yang tidak sehat, dan alergi terhadap produk atau obat-obatan. Jika tidak cocok dengan suatu produk, bahkan ada yang breakout-nya sampai 3 bulan lebih, lho.

Lagi-lagi belajar dari pengalaman, saya pernah diserang oleh cystic acne yang kalau dilihat dari dekat, ada satu jerawat yang bentuknya seperti gabungan dari 3 jerawat kecil. As gross as it may sound, jerawat ini letaknya di dekat pelipis dan sering tersentuh secara tidak sengaja oleh tangan saya. Sakitnya? Jangan ditanya, deh.

Saat itu, saya masih bandel mau mencoba-coba produk yang ada di pasaran, padahal dari lubuk hati yang terdalam saya tahu ini sudah saatnya saya konsul ke dokter kulit. Alhasil, produk yang saya coba waktu itu malah membuat kulit saya kering kerontang karena over-exfoliate dan jerawat pun jadi semakin banyak. Duh, nggak lagi-lagi deh.

Kalau kamu sudah melihat bibit-bibit cystic acne muncul di wajahmu, lupakan produk-produk skincare yang ada di counter dan segeralah buat appointment dengan dokter kulit. Untuk tahu rekomendasi dokter kulit dari para member FD, kamu bisa mencarinya di thread Dokter Kulit ini. Masalah jerawat dan cara menghilangkan bekasnya bisa kamu baca di thread Jerawat dan Bekas Jerawat.

Good luck buat yang lagi berjuang melawan jerawat! Ingat, selain jeli melihat masalah jerawat, kunci penting lainnya adalah sabar, sabar, dan sabar. Jerawat tidak bisa sembuh dengan instan, tetapi kalau kamu rajin dan telaten melakukan perawatan yang tepat, kulit mulus pasti nggak cuma jadi mimpi lagi. 😀 Jangan sampai jerawatmu meninggalkan bekas karena kamu lalai mengobatinya, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment