banner-detik

beauty school

4 Tahap Skincare yang Wajib Dipahami Pemula

seo-img-article

1. Cleanse

Artinya sangat sederhana, yaitu membersihkan wajah secara tuntas. Maksudnya tuntas? Tuntas berarti kamu sudah mengangkat semua makeup dan kotoran yang sudah menempel sejak pagi hari. Mungkin kamu sudah bosan mendengar nasehat tentang membersihkan wajah dengan baik tapi kebanyakan kasus breakout terjadi karena proses pembersihan wajah yang tidak maksimal. Produk makeup dan skincare seperti foundation, BB cream, sunscreen atau moisturizer (terutama yang oil-based) harus dibersihkan secara menyeluruh agar tidak mengendap ke dalam pori-pori. Jadi tahap skincare yang satu ini sangatlah krusial.

Kalau begitu, apakah membersihkan wajah cukup dengan mencuci muka saja? Jawabannya, tidak. Kamu membutuhkan first cleanser yang bisa mengangkat minyak, debu, kotoran, serta makeup, kemudian diikuti oleh second cleanser atau sabun cuci muka. Prinsip ini juga dikenal dengan istilah double cleansing, dimana kamu menggunakan dua produk pembersih (cleanser dan facial wash) untuk mengangkat kotoran di wajah secara maksimal.

Baca juga: Jenis-jenis First Cleanser yang Wajib Kamu Tahu

Pilihan cleanser yang bisa kamu gunakan sangat beragam, mulai dari cleansing oil, balm, milk, gel, atau micellar water. Micellar water kurang cocok untuk kamu yang sering menggunakan heavy makeup sehari-hari karena butuh berlembar-lembar kapas sebelum wajahmu betul-betul bersih. Cleanser berbahan dasar gel atau milk relatif aman untuk jenis kulit apapun, sedangkan untuk cleansing balm atau oil, perlu berhati-hati jika kulitmu berminyak.

Alasannya karena balm agak lebih susah dibilas dibandingkan cleanser lainnya, dan salah memilih cleansing oil bisa menyebabkan breakout. Just choose which cleanser that fits to your skin most and let the product cleanse the dirt away!

Untuk panduan lebih lanjut mengenai cleanser dan rekomendasi produk, kamu bisa membacanya di artikel Panduan Memilh Produk Pembersih Wajah yang Tepat dan Favorite Cleansers for Acne-Prone Skin.

Langkah kedua, tone>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment