banner-detik

face wash cleanser

Panduan Memilih Produk Pembersih Wajah yang Tepat

seo-img-article

Nah, agar kulit kita tetap seimbang, maka pH yang ingin dicapai adalah 5.5. Jadi untuk sebuah pembersih wajah, baiknya kita mencari yang memiliki pH di rentang antara 4 sampai dengan 5.5. Sebelumnya saya pernah menuliskan di blog pribadi saya bahwa saya masih mentolerir pembersih dengan pH 6 dan juga rentang yang saya tuliskan adalah 4-6. Setelah melakukan beberapa riset, ternyata memang rentang tersebut dipersempit pada 5.5 di nilai tertinggi karena inilah pH paling optimal untuk kulit agar seimbang.

Apa yang dimaksud dengan kulit seimbang? Adalah kulit yang sehat dan lembap dan dapat melindungi dirinya sendiri dari iritasi, agresi eksternal seperti polusi, radikal bebas dan lain-lain.

cantik

Setelah setahun menghindari pembersih dengan SLS dan juga pH di bawah 5.5 – saya sempat menggunakan beberapa pembersih dengan pH 6 dan di atasnya pada masa ini juga -, saya jadi bisa membedakan bagaimana rasanya produk yang memiliki pH di bawah 5.5. Ternyata memang selama ini pembersih yang membuat kulit saya terasa kering dan ketarik rata-rata pH-nya berada di atas 8! Tapi masih ada sih beberapa produk yang lewat saja dan tidak terasa mengganggu di kulit saya padahal pH-nya berada di atas 5.5. Apakah ini karena kandungan lainnya yang melembapkan? Selain itu, akhir-akhir ini saya memang sedang jerawatan. Saya jadi strict masalah pH dari pembersih dan ternyata ini juga salah satu kunci sukses berhentinya jerawat-jerawat membandel bermunculan di wajah saya.

Pembersih dengan pH 5.5 sendiri sebenarnya banyak di pasaran dengan label pH Balance. Biasanya diperuntukkan untuk mereka dengan kulit sensitif. Nah, selain itu, kebanyakan juga produk yang memiliki pembersih dengan pH di bawah 5.5 adalah produk dari Asia. Mungkin karena kulit Asia biasanya lebih sensitif dan moisture barrier-nya tidak dapat menahan kelembapan selama kulit wanita barat.

What do you think about this issue? Will you be thinking about the pH of a cleanser next time you’re purchasing one? Pada artikel berikutnya, saya akan membahas beberapa pembersih dengan pH di bawah 5.5.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment