banner-detik

eco friendly

Tried and Tested: Sariayu Solusi Organic

rere

rere/ 3

seo-img-article

Review ini mungkin agak terlambat, ya, mengingat Sariayu mengeluarkan rangkaian Solusi Organic sejak tahun lalu. Grisselda bahkan sudah mengulas two-way foundation sejak Agustus 2013 lalu, sementara review mengenai Solusi Organic ini sudah bertebaran di berbagai beauty blog. Tapi biarlah, biar lambat asal bermanfaat.

Saya beruntung mendapatkan paket cantik berisi Solusi Organic face cleanser, face tonic, face wash, dan moisture lotion ketika menghadiri bukber/temu kangen dengan teman-teman FD bulan Juli lalu. Saat itu, Hani, Affi dan Shella juga hadir dan membawa beberapa goodie bags buat peserta. Karena ada hadiahnya, maka dengan heboh kamipun main game tebak-tebakan seru walau dipelototin orang karena ada belasan wanita cantik (ehm!) yang gragas makan dan cuek ngakak di tengah keramaian Urban Kitchen PP. Sebetulnya yang memenangkan paket ini adalah Lila, tapi karena dia sedang dalam perawatan dokter, maka dengan baik hati Lila menghibahkan ke saya. Tentu dengan catatan bahwa saya harus menepati permintaan Hani untuk menulis review produk yang dimenangkan.

IMG_5137

Secara konsep, rangkaian ini menarik karena belum banyak skincare Indonesia yang berlabel organik. Komponen andalannya adalah ekstrak biji anggur dan akar manis (licorice) yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencerahkan kulit. Begitu membaca lebih jauh, otomatis saya teringat rangkaian skincare Caudalie yang juga berbahan dasar produk anggur. Pengalaman saya ketika mencoba produk Caudalie dulu adalah kurang bermanfaat, dalam artian tidak ada perbaikan tapi tidak juga merusak kulit saya. Jadi, Caudalie tidak termasuk merek yang saya anggap cocok buat saya. Nah, ketika ketemu lagi dengan produk yang menggunakan bahan dasar anggur, saya penasaran juga apakah anggurnya Solusi Organic lebih cocok ke kulit saya dibandingkan Caudalie. 🙂

Saya sudah menggunakan produk-produk ini selama kurang lebih 3 minggu. Saya suka sekali dengan tekstur susu pembersih/face cleanser-nya karena encer. Berkat teksturnya yang ringan dan encer ini, saya jadi lebih sering memakainya, karena rasanya lebih mudah dibersihkan dan tidak membuat kulit terasa lengket. Face tonic-nya berbau segar, tidak menyengat, dan bisa membersihkan kotoran dengan baik. Harap diingat bahwa saya tidak menggunakan pembersih Solusi ini untuk menghapus maskara waterproof, ya, jadi saya tidak tahu apakah bisa digunakan untuk membersihkan bulu mata. Kemudian, moisture lotion-nya juga bertekstur ringan dan cocok digunakan di bawah makeup tanpa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Intinya, semua produk Solusi Organic yang saya coba bertekstur ringan dan tidak membuat wajah saya menjadi super berminyak atau jerawatan. Tapi dari 4 produk yang saya coba, favorit saya adalah face wash-nya! Alasannya, sih, sederhana saja, karena wanginya enak sekali! Fresh, fruity, kalau menurut saya seperti wangi produk mahal, hahaha.

Jadi, setelah mencoba produk Solusi Organic, berikut kesimpulan saya:

  • Tekstur ringan dan mudah dibersihkan, tidak membuat kulit menjadi lebih berminyak dan tidak menyebabkan jerawat. Oh, efek lainnya? Saya jadi lebih rajin membersihkan wajah dengan cleanser dan toner, padahal sebelumnya saya sangat bergantung pada cleansing wipes.
  • Wanginya segar dan ringan, tidak ada bau khusus yang menyengat apalagi yang berbau kimia. Ini juga salah satu motivasi mengapa saya makin sering cuci muka.
  • Sayang, face toner-nya mengandung alkohol. Ini ketahuan karena setelah dipakai beberapa lama, kulit hidung saya menjadi terkelupas sedikit.
  • Mencerahkan kulit. Ketika menggunakan produk ini, saya cukup sering naik ojek di siang hari tapi kulit saya tidak menjadi kusam, menggelap atau terbakar.
  • Informasi produk harus diperjelas, khususnya untuk moisture lotion yang mencantumkan adanya “double sunscreen agent.” Saya mengartikan ini sebagai adanya kandungan UVA dan UVB, tapi tidak ada keterangan kadar SPF-nya. Di saat konsumen semakin cerdas seperti saat ini, informasi produk sebaiknya dibuat lebih lengkap.

Secara keseluruhan, saya cocok dengan produk Solusi Organic yang saya coba, kecuali dengan face toner-nya. Rangkaian  Solusi Organic dapat dibeli di gerai Sariayu atau secara online di sini. Harganya sangat terjangkau untuk produk organik, yaitu berkisar antara Rp. 55.000 –  169.000,-. Selamat ber-organik ria dengan Sariayu!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment