banner-detik

beauty school

Skincare 101: 4 Langkah Membangun Rangkaian Perawatan Wajah

seo-img-article

skinMembaca kembali artikel Ipong mengenai pengalamannya sebagai makeup newbie, saya jadi menyadari bahwa terkadang dunia kecantikan bisa menjadi pengalaman yang menakutkan akibat sangat banyaknya informasi di luar sana. Apalagi kalau melihat informasi yang tersedia di Female Daily, baik yang di website maupun di forum. Tidak heran terkadang ada yang berkomentar takut minder karena merasa nggak tahu apa-apa. Rasa minder itu dapat membuat seseorang tidak kunjung memulai membangun rangkaian perawatan wajah yang sebenarnya penting untuk menjaga kulit tetap prima dan awet muda. Sayang, ‘kan?

I want to take few steps back to the basics. Kalau Anda masih tergolong skincare newbie, ada baiknya memulai ‘petualangan’ kalian dengan membaca artikel ini. Berikut adalah empat hal yang kalian harus perhatikan jika ingin memulai ‘mengoleksi’ dan membangun rangkaian perawatan wajah.

1. Ketahui jenis kulit Anda

Sebelum mulai mencari produk yang tepat, yang paling penting adalah mengetahui jenis kulit kita. Tidak ada gunanya membangun rangkaian perawatan wajah jika kita tidak tahu jenis kulit sendiri, karena dapat berakibat membeli produk yang salah. Lalu, apa saja, sih, jenis-jenis kulit wajah itu dan bagaimana cara membedakannya? Kulit normal relatif tidak memiliki masalah berarti. Kulit kering cenderung terlihat kusam dan memiliki rona kulit tidak rata, selain itu juga nampak dry patches dan kulit bersisik. Sedangkan kulit berminyak mudah terlihat, karena produksi sebum yang berlebih di siang hari, pori-pori yang tampak lebih jelas dan biasanya mudah berjerawat.

Jika tidak yakin tipe kulit kalian, konsultasikan dulu dengan beauty assistant dari merek yang kalian ingin beli produknya.

2. Mulai dari 4 produk dasar

Dasar dari perawatan wajah ada empat langkah: cleansing, toning, moisturizing dan sunscreen. Mulai dulu mengisi ke empat pos ini dan tidak usah gelap mata menambahkan produk lainnya. Setelah merasa nyaman dan terbiasa dengan kebiasaan empat langkah ini, baru tambahkan produk tambahan lainnya seperti serum.

3. Tidak harus selalu mahal!

Terkadang yang membuat orang malas membeli rangkaian perawatan wajah adalah tendensi harus mengeluarkan cukup banyak dana untuk melengkapi rangkaian produk. Padahal tidak harus demikian. Ada juga, kok, produk-produk dengan harga bersahabat yang sama bagusnya dengan produk mahal. Tinggal pintar-pintar memilihnya. Kalau kita lihat di jajaran FD Best of Beauty 2012, Viva Milk Cleanser termasuk produk favorit para member Female Daily. Karena meskipun harganya terjangkau, kualitasnya bagus.

Triknya adalah mengombinasikan produk yang kita pakai. Splurge untuk produk-produk yang memiliki kandungan zat aktif bagus sehingga efektif menjaga keremajaan produk, seperti pelembap dan serum. Sedangkan untuk cleanser dan toner, kita bisa memilih untuk steal saja, karena banyak sekali produk yang bagus tanpa harus membuat bangkrut. Cari apa yang sesuai dengan kulit kita melalui ulasan di forum Female Daily.

4. Jangan pernah absen

Yang terpenting adalah jangan pernah lupa untuk menggunakan produk yang sudah kita beli – dua kali sehari, pagi dan malam. Without a fail. Kalau kita sudah terbiasa dengan rutinitas tersebut, maka kebiasaan ini akan menjadi otomatis dan tidak menjadi beban. Malah, setelah bertahun-tahun dilakukan, saya merasa ada yang hilang kalau saya tidak melakukannya. Jika kita tidak rutin melakukan perawatan wajah, maka hasilnya pun tidak maksimal. Semahal atau sebagus apapun produk yang kita gunakan.

 

Cukup mudah, ‘kan, kiat-kiat yang saya bagi? Selamat mempraktekkan!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment