banner-detik

beauty school

L'Oreal Paris Makeup Week Beauty Workshop : Nude Eyes, Bold Lips

seo-img-article

Minggu lalu, Griss bercerita tentang serunya office ambush dari tim L’Oreal Paris Indonesia ke FemaleDaily Headquarters, dan kemarin Griss juga menceritakan hebohnya acara L’Oreal Paris Makeup Week yang berlangsung di Mall Taman Anggrek hari Sabtu 3 Mei Lalu. Di sini, Griss sempat bercerita sedikit mengenai Beauty Workshop yang dihadiri oleh para anggota forum Femaledaily dan bertemakan “Super Nude Eyes, Super Bold Lips”. Kali ini saya mau berbagi lebih banyak mengenai acara yang menyenangkan tersebut.

IMG_1656

Kebetulan, saya pun adalah penganut prinsip “Pareto” seperti yang diungkapkan oleh AngelaJess dan diulas oleh Tika di sini, dan “Super Nude Eyes, Super Bold Lips” adalah aplikasi nyata dari prinsip tersebut. Prinsip Pareto dalam filosofi kecantikan itu adalah sebetulnya kecantikan seseorang secara keseluruhan itu berasal dari 20% proporsi wajah saja. Makanya, pasangan setia dari smoky eyes adalah lipstik nude. Jadi sebetulnya ketika seseorang mengenakan lipstik berwarna berani, itu pun sudah cukup menjadi fokus perhatian. Tetapi, berdasarkan apa yang sering saya lihat dan amati, rasanya perempuan Indonesia masih banyak yang belum berani keluar dari pakem riasan yang serba ‘berat’. Walaupun bibir sudah menonjol dengan warna merah atau fuchsia, eh tapi kok masih dipasangkan dengan riasan mata yang juga mencolok. Padahal, tanpa tumpukan bulu mata palsu, eyeshadow warna gelap atau warna-warni, dan eyeliner ekstra tebal, bibir dalam warna tegas cukup kok menjadi modal cantik seseorang. Karena itu saya lumayan bersemangat ketika ditunjuk menjadi pembicara pada Beauty Workshop kali ini, meskipun saya sebenarnya agak demam panggung, hehe.

Kebetulan banget, tren makeup kali ini masih terhitung Spring/Summer yang memang didominasi warna-warna berani. Ditambah lagi, L’Oreal Paris mengeluarkan Colour Riche Moist Matte dalam warna-warna terang dengan hasil akhir matte yang modern. Jika digabungkan dengan seri Colour Riche Classic yang creamy,  total warna yang ada mencapai 30 nuansa! Tak hanya lipstik, beberapa produk terbaru andalan L’Oreal Paris pun tersedia di sana supaya para peserta dapat bebas bereksperimen dengannya. Kebayang kan, keseruan yang menanti kita di sana nantinya seperti apa.

 IMG_1562

Sekitar setengah jam sebelum acara dimulai, beberapa peserta bahkan sudah duduk manis di dalam Beauty Room di Matahari Mall Taman Anggrek. Tak lama kemudian, ruangan sudah dipenuhi oleh para anggota forum Femaledaily yang juga para beauty enthusiast. Pertama-tama, saya mempresentasikan materi mengenai “Super Nude Eyes, Super Bold Lips” sebagai gambaran sekaligus panduan yang lebih komprehensif mengenai konsep gaya riasan ini. Mulai dari jenis dan warna produk yang digunakan, langkah demi langkah, hingga contoh aplikasi dari look ini yang ditampilkan pada runway Fashion Week, hingga para selebriti.

Devie, selaku make up artist dan trainer dari L’Oreal Paris mendemonstrasikan langkah-langkah tersebut pada sang model yang ternyata belum pernah mencoba gaya ini sebelumnya. Kunci dari gaya riasan ini adalah kompleksi kulit yang terlihat flawless dan sehat, riasan mata yang minimalis dalam nuansa netral, perona pipi yang samar-samar dalam nuansa nude, dan tentunya, sang bintang utama, warna lipstik yang bold yang selama ini mungkin jarang dipertimbangkan ke dalam riasan sehari-hari. Untuk mencapai tampilan kulit yang glowing ini, di setiap meja disediakan L’Oreal Lucent Magique, foundation dengan tekstur yang ringan dan hasil yang membuat wajah terlihat berkilau sehat tanpa terlihat berminyak. Jika ingin hasil yang lebih flawless dan bertahan lama, sebelum pengaplikasian foundation, peserta pun dapat mencoba L’Oreal Base Magique, primer yang mampu mentransformasi tekstur kulit dengan instan,  menjadikannya ‘kanvas’ yang halus, bahkan pori-pori yang tidak kasat mata.

 IMG_1685

Nah, memasuki tahapan rias mata, this is where the tricky part comes to play. Berhubung temanya Super Nude Eyes, maka eyeshadow yang ‘diizinkan’ hanya berkisar pada nuansa netral seperti cokelat atau warna kulit dan gunanya pun hanya untuk memberikan dimensi pada kedalaman mata. Devie pun mendemonstrasikan teknik blending yang mudah dengan menggunakan Colour Riche Les Ombres in Smoky Beige yang bernuansa cokelat. Untuk eyeliner, teknik yang digunakan adalah tightlining, yaitu menggariskan eyeliner setipis dan sedekat mungkin dengan garis bulu mata untuk menciptakan efek bulu mata yang terlihat lebih tebal dan mata yang lebih ‘hidup’. Meskipun tipis, tapi efeknya beda banget dibanding menggariskan eyeliner terlalu tebal dan malah membuatnya terlhat tidak natural. Ternyata banyak para peserta yang belum ‘ngeh’ terhadap teknik ini dan cukup terkesan oleh efeknya, walaupun ada beberapa yang mengaku kesulitan dan hampir mencolok bagian mata.

Ketika tiba saat yang paling penting, yaitu aplikasi bold lipstick, suasana pun mulai riuh dan para peserta sibuk membuka-tutup berbagai lipstik Colour Riche yang disediakan di meja untuk mencari warna yang paling ingin dicoba. Mereka pun sangat antusias untuk mencoba keluar dari ‘comfort zone’ mereka dengan mencoba warna lipstik yang jarang atau belum pernah dipakai sebelumnya. Jika ada yang terlihat ragu-ragu, saya dan Meta dari L’Oreal dengan senang hati ‘meracuni’ mereka dengan menyodorkan warna bold yang sekiranya terlihat pantas dengan kulit mereka. Senang rasanya, melihat ekspresi beberapa peserta ketika berkaca yang terlihat ‘pangling’ dengan transformasi mereka.

 IMG_1734

Memasuki akhir acara, bukan Beauty Workshop namanya jika tidak ada apresiasi terhadap peserta yang paling bersemangat dan menunjukkan hasil riasan yang  mengesankan. Dua hadiah istimewa dari L’Oreal Paris pun menanti bagi dua peserta yang paling memenuhi kriteria. Setelah berkeliling dan menimbang-nimbang, akhirnya saya dan Meta yang bertugas menjadi ‘juri’ pun menjatuhkan pilihan. Kami memilih Mesty yang mengenakan Colour Riche Moist Matte Arabian Night yang bernuansa plum, padahal sebelumnya Mesty tak pernah menyentuh lipstik berwarna gelap. Pemenang kedua adalah Ayu yang dengan berani memilih shade Orange Power yang sangat sesuai dengan tren Spring/Summer 2014 ini.
Tentunya BWS kali ini ditutup dengan foto bersama sambil memamerkan bibir yang sudah dipercantik dengan warna-warna bold dari L’Oreal Paris Colour Riche. Everbody’s happy, everbody looks so pretty!

 IMG_1741

 IMG_1744

Slow Down

Please wait a moment to post another comment