banner-detik

lifestyle

The Perfect Investment Collection

Ladies, Anda punya berapa pasang sepatu di rumah? Satu, dua, atau bahkan lebih dari sepuluh? Dengan berbagai alasan kita bisa dengan cepat memberi justifikasi atas semua sepatu yang kita miliki. Nah, bagaimana dengan kolekasi aset investasi Anda? Masihkah hanya berkisar di tabungan saja atau sudah mulai merambah koleksinya ke reksa dana, properti, atau bahkan saham bisnis?

Seperti halnya punya koleksi sepatu yang ditujukan untuk keperluan yang berbeda-beda, koleksi aset investasi juga punya peruntukkan yang berbeda-beda. Setiap aset investasi punya karakteristik dalam hal potensi return (imbal hasil), risiko, dan kemudahan yang berbeda. Hukum investasi adalah semakin tinggi potensi return, maka Anda harus siap menerima risiko yang lebih besar. Nah, bagaimanakah karakter dan kegunaan setiap aset investasi jika dianalogikan seperti sepatu-sepatu koleksi Anda? Ini dia!

1. Tabungan adalah Flat shoes

Sebagaimana sebuah flat shoes, sandals, dan sepatu “trepes” lainnya digunakan sehari-hari dalam kondisi santai, demikian juga tabungan. Penggunaannya untuk kepentingan sehari-hari, dan baiknya untuk membagi tabungan kita menjadi tabungan untuk living, playing dan savingReturn tabungan juga tidak fantastis, saat ini hanya sekitar 2 persen per tahun yang tentu saja tidak dapat melawan inflasi 8 persen per tahun.  Namun, pastikan Anda punya tabungan untuk dana darurat dan urusan operasional sehari-hari.

2. Emas & Aset Campuran adalah Kitten heels

Sepatu dengan hak antara 2 -5 cm tentunya masih sangat nyaman untuk digunakan, namun dapat digunakan untuk berbagai acara yang lebih dari sekedar santai. Aset investasi seperti emas, reksa dana campuran berimbang, dan properti bisa disamakan dengan kitten heels. Risikonya masih sedang, tetapi sudah bisa memberikan hasil yang menyamakan inflasi. Saat ini, imbal hasil kelompok aset investasi ini sekitar 7-10 persen per tahun. Tentunya, Anda gunakan untuk jangka waktu investasi yang menengah juga antara 1-5 tahun.

3. Reksa dana saham adalah Pump shoes

Biasa digunakan para perempuan yang bekerja, pump shoes menjadi andalan dalam mendapatkan penampilan yang lebih baik namun ada risiko hak patah dan lainnya. Reksa dana saham memiliki karakteristik yang serupa, Anda bisa mengharapkan hasil yang tinggi dengan risiko yang lebih tinggi dari kitten heels. Anda bisa mengharapkan return sebesar 10-20 persen dari kelompok aset investasi ini. Namun, karena risikonya juga besar, gunakanlah untuk jangka waktu di atas 5 tahun.

4. Saham bisnis adalah Stiletto

Sepatu berhak tinggi ada risiko jatuh atau terpeleset tetapi sebanding dengan tampilan penuh percaya diri yang maksimal. Saya saja kadang hanya berani memiliki tanpa memakai hahaha …. Menginvestasikan uang ke sebuah bisnis dan mendapatkan sahamnya punya risiko yang tertinggi. Anda bisa kehilangan seluruh dana yang diinvestasikan apabila bisnis yang dibangun ternyata gagal. Tapi, jika berhasil, maka return-nya pun bisa di atas 20 persen per tahun.

 

Nah, dari ilustrasi di atas, Anda bisa memahami bahwa ternyata punya satu jenis aset investasi saja tidaklah cukup. Setiap aset investasi memiliki fungsi yang berbeda. Jika koleksi sepatu saja bisa terus bertambah setiap tahunnya, maka tantanglah diri Anda untuk juga terus menambah koleksi aset investasi. Live a Beautiful Life!

 

Prita Ghozie is the CEO & Chief Financial Planner of @zapfinance, an independent financial planning firm and an author of Best-Selling book “Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya”. Follow @PritaGhozie on Twitter for many practical financial tips. Find out more about us on www.zapfinance.co.id

 

 

Image Source

Slow Down

Please wait a moment to post another comment