banner-detik

skin care

Ngobrol Tentang Kulit Kering dan Sensitif di Zoom Class with Affi Assegaf

seo-img-article

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 1

Selasa lalu sebelum Lebaran, Female Daily kembali mengadakan FD Virtual Beauty yang diselenggarakan melalui Zoom.

 

Kali ini topiknya seru banget, seputar kulit kering dan sensitive yang dibahas langsung oleh sang expert, Affi Assegaf. Ini jadi sangat menarik, karena selain Affi memang memiliki jenis kulit tersebut, permasalahan kulit kering dan sensitif gampang banget ditemui selama bulan Ramadan. Apakah kamu salah satunya?

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 2

Event online ini punya system Q&A, jadi para peserta langsung antusias bertanya seputar permasalahan kulit kering dan sensitif ke Affi, dan Affi pun bisa menjelaskan dengan leluasa. Dibantu dengan Astry Ovie sebagai moderator, dan diawali dengan games Myth of Facts yang mengundang tawa, acara berlangsung menyenangkan dan sangat informatif, bahkan rasanya waktunya masih kurang banget! Memang kalau bahas skincare, rasanya nggak akan cukup 30 menit ya?

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 3

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 4

Dari sekian banyak Q&A yang ada, saya rangkum beberapa di bawah ini, karena penting banget buat kamu ketahui. Simak, yuk!

Q: Kalau kita tidur jam 2 malam kemudian baru bangun jam 10 pagi, waktu tidur kan tetap 8 jam, apakah pola seperti itu bikin kulit bermasalah juga nantinya?

A: Ada jam tertentu yang ideal untuk tubuh dan sel-sel kita beristirahat serta beregenerasi, termasuk sel-sel kulit. Nah, pada saat jam tersebut kita lewatkan dengan begadang, meskipun keesokannya tidur tetap 8 jam, tapi itu nggak akan “membayar” ketertinggalan kita. Jadi sebaiknya kita tetap tidur malam di jam normal, diusahakan teratur, jamnya cukup, dan tidurnya berkualitas.

Q: Adakah efek negatif kalau kita pakai satu produk skincare terus-terusan?

A: Yang ada efek negatifnya itu kalau kita terus-terusan pakai produk yang sebenarnya nggak cocok di kulit kita. Contohnya, ada sebuah cleanser yang kita tahu kalau setelah pakai produk tersebut kulit kita jadi kering dan “ketarik”, tapi kita tetap memakainya. Kalau begitu, kulit bisa dehidrasi dan masalah kulit lainnya bisa muncul.

Tapi, sepanjang kita cocok dengan produknya, kulitnya baik-baik saja, ya malah nggak apa-apa kalau dipakai secara rutin.

Baca juga: Ini 5 Moisturizer yang Bisa Dipakai untuk Kulit Sangat Kering

Q: Apakah ada cara khusus tentang penggunaan retinol buat kulit kering dan sensitif?

A: Sebenarnya, produk retinol yang OTC (over the counter) itu lebih rendah konsentrasi dan efektivitasnya dibandingkan yang dari resep dokter. Tapi kalau memang punya kulit kering dan sensitif, tetap saja harus berhati-hati dengan pemakaian retinol. Sebaiknya kita mulai dari produk retinol yang konsentrasinya rendah dulu, apalagi kalau baru pertama kali mau coba pakai retinol, misalnya 1% atau 0,5%, bukan langsung 2%.

Q: Skincare routine apa yang baik untuk kulit kering dan sensitif?

A: Skincare routine yang paling basic adalah pakai cleanser 2 kali sehari, pakai moisturizer untuk melembapkan kulit, dan lindungi dengan sunscreen setiap pagi atau siang. Sebenarnya itu saja yang paling utama. Tapi, kalau kulitmu kering, tentu kamu harus lebih memperhatikan produk cleanser dan moisturizer yang dipakai. Nggak bosan-bosan saya mengingatkan, bahwa cleansing itu step penting, makanya pemilih kulit kering harus pilih produk yang nggak drying, yang gentle, yang setelah kamu bersihkan kulit rasanya tetap lembap. Moisturizer-nya juga pilih yang sangat hydrating. Kamu bisa juga menambahkan hydrating toner, kemudian face serum, sebelum mengaplikasikan moisturizer.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Retinol yang Harus Kamu Hindari

Q: Kalau habis pakai foundation tertentu kulit jadi lebih kering dan muncul urtika (biduran), gimana cara meredakannya?

A: Kalau misalnya sampai urtika, itu kemungkinan kamu alergi dengan kandungan produknya. Jadi sebaiknya nggak perlu dipakai lagi, apalagi kalau selalu terjadi setiap kali pakai foundation itu. Kalau aku, hindari dulu pencetusnya, stop pemakaiannya. Aku sih nggak pernah mengalami urtika karena foundation atau skincare, tapi biasanya kalau nggak cocok ya kulitku langsung sangat memerah, dan biasanya agak bruntusan. Aku biasanya pakai produk yang mengandung aloe vera, sebisa mungkin yang tanpa alkohol dan fragrance, biar membantu menenangkan kulit dan nggak memicu iritasi lebih parah. Dipakai di kulit selama beberapa saaat kemudian dibilas.

Q: Saya benar-benar baru pakai sheet mask. Saya bingung, ada yang bilang pakainya semaleman, ada yang bilang 20 menit saja. Sebaiknya yang mana?

A: Nggak perlu pakai semalaman ya. Kalau semalaman, kamu bisa pakai sleeping mask saja, bukan sheet mask. Sebaiknya baca saja aturan pakai di kemasan sheet mask, apakah itu 20 menit, 15 menit, atau 20 menit. Apalagi ada sheet mask yang punya kandungan alcohol, fragrance. Buat kulit kering dan sensitif, kalau pakainya keamaan juga akan memicu iritasi.

Baca juga: 5 Sheet Mask Minimarket untuk Perawatan Kulit Mudah dan Murah di Rumah

Q: Apa saja face wash atau cleanser yang tidak ada kandungan SLS-nya?

A: Aku suka banget CeraVe, sayangnya belum ada di Indonesia. Ada juga Sensatia Botanicals. Bahkan bukan cuma cleanser-nya, Sensatia Botanicals itu nggak pakai SLS di semua produknya. Simple, brand drugstore yang baru masuk Indonesia juga punya cleanser lembut tanpa SLS. Coba kamu baca-baca di Female Daily, pasti ada rekomendasinya.

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 5

Q: Tanda-tanda kulit lagi sensitif dengan sebuah kandungan skincare itu seperti apa sih?

A: Kulit terasa perih, tampak memerah, gatal. Perihnya itu kadang terasa seperti burning sensation yang benar-benar bikin nggak nyaman. Bisa juga muncul ruam yang timbul, ada yang kecil dan besar. Kalau yang sering aku alami sih seperti itu.

Q: Definisi kulit sensitif itu seperti apa? Apakah hanya ketika pakai produk yang nggak cocok lalu langsung memerah? Atau lebih luas dari itu?

A: Kulit sensitif itu maksudnya kulit yang reaktif. Bukan hanya pada saat salah menggunakan produk, tapi juga karena hal-hal lain yang bisa menjadi pencetus, misalnya kena sinar matahari sedikit saja langsung merah, atau jadi kering dan kaku karena perubahan cuaca, perubahan hormon, dan stres.

Q: Apakah suatu produk bisa membuat kulit jadi kering dan sensitif padahal awalnya kulit kita oily?

A: Bisa banget. Meski sebenarnya kulit kamu oily atau kombinasi, kulitmu bisa berubah jadi kering, kasar, kaku. Itu biasanya dehidrasi. Bukan Cuma saat menggunakan suatu produk yang ternyata kandungannya nggak cocok, tapi ada juga faktor-faktor lain misalnya pola hidup sehari-hari. Pertama, hindari pencetusnyaa. Selanjutnya tambahkan produk-produk yang lebih melembapkan ke dalam skincare routine kamu, yang mengandung humektan untuk menarik air dari sekitar kita, misalnya Hyaluronic acid dan Glycerin supaya kulit tetap segar, halus, dan kenyal.

Q: Kalau terlalu banyak pakai pelembap apalagi yang pakai skincare ber-layer , apakah kulit nggak jadi over-hydrated? Ada tips nggak kalau pakai skincare ber-layer?

A: Kalau konteksnya adalah kulit kering dan sensitif, menurut aku sih biasanya problemnya nggak cukup memproduksi minyak. Pakai skincare berlapi-lapis nggak akan bikin over-hydrated, justru itulah yang dibutuhkan, apalagi kalau kulitnya sering dehidrasi juga. Kulit kering dan sensitif, kulit dehidrasi, dan mature skin boleh banget pakai skincare berlapis-lapis.

Tapi, saran aku sih satu per satu ya buat coba nambahnya. Misalnya saat ini kamu hanya pakai 3 layer skincare (cleanser, moisturizer, sunscreen), dan merasa kulit kurang lembap, kamu bisa tambahkan toner atau essence sebelum pakai moisturizer. Kalau masih belum cukup terhidrasi, kamu bisa kasih serum setelah toner dan essence, sebelum moisturizer. Tapi kasih jeda dalam mencoba. Jangan langsung coba semuanya di waktu yang sama ya, buat meminimalkan terjadinya iritasi pada kulit!

NGOBROLIN KULIT KERING DAN SENSITIF BARENG AFFI ASSEGAF 6

 Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

Nah itulah sekilas rangkuman beberapa Q&A tentang kulit kering dan sensitif di Zoom Class with Affi Assegaf. Cukup jelas kan? Semoga menjawab pertanyaan kamu yang punya permasalahan kulit sama ya! Masih banyak lho kelas-kelas dan event virtual lainnya yang nggak kalah seru! Jadi pastikan kamu nggak ketinggalan!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment