banner-detik

editors note

Support Brand Lokal Saat Pandemi Corona

seo-img-article

Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk kita semakin mendukung brand lokal. Bukan hanya brand lokal beauty, tapi secara keseluruhan.

Situasi di Indonesia tentang Corona atau COVID-19 ini semakin parah, di mana setiap harinya jumlah pasien selalu meningkat. Makanya, sekarang semakin pentingnya untuk kita #DiRumahAja, untuk mengurangi penyebaran virus ini di mana-mana. Nah, mendukung gerakan ini pun, minggu lalu ada beberapa mall yang sudah stop beroperasi, contohnya mall Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City dan Seluruh Summarecon Mall. Dengan adanya penutupan mall ini, tentunya efeknya juga terasa oleh beberapa brand-brand lokal, baik beauty, makanan dan juga fashion.

Baca juga: Playlist Spotify Supaya Tetap Semangat di Rumah!

 

Support Brand Lokal Saat Pandemi Corona-2

Selain mall, ada juga beberapa brand beauty dan fashion yang memutuskan untuk stop beroeprasi dulu, demi menjaga karyawan dan customer agar nggak terpapar oleh virus Corona ini. Sejauh ini, saya tahu ada 3 brand lokal yang sadar diri dan memutuskan untuk menutup tokonya, hingga keadaan lebih membaik, toko-toko tersebut adalah BLP Beauty, AVGAL Collection dan Cotton ink.

Baca juga: Rekomendasi Buku Bermanfaat untuk Mengisi Waktu saat Social Distancing

Tentunya, keputusan menutup toko offline mereka ini merupakan keputusan ya berat ya. Karena pemasukan berkurang, tapi dana oprasional pun tetap berjalan, misalnya sewa toko, listrik dan sebagainya. Memang sih, secara keseluruhan ekonomi kita memang sedang turun banget, sejak kasus COVID-19 ini. Yang terkena dampaknya pun bukan hanya bisnis lokal, tapi seluruh bisnis di dunia pun kena dampaknya. Tapi ya, kita nggak bisa mencoba untuk menyelamatkan semua kan? Hal kecil yang bisa kita lakukan selain menyalurkan sumbangan dan menolong pedagang kecil, yang bisa kita lakukan adalah support brand lokal ini agar tetap survive setelah pandemi Corona ini berakhir.

Support Brand Lokal Saat Pandemi Corona

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung brand lokal ini? Saya nggak bilang kita harus boros untuk belanja terus-terusan ya. Tapi, belanja secara mindfull dan disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Jadi, ini lah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung bisnis lokal di Indonesia.

Baca juga: Social Distancing Bikin Online Shopping Menggila? Ini 5 Trik Atasinya!

5 Brand Lipstick Lokal Wajib Punya

Selalu pilih brand lokal

Coba deh mulai sekarang, saat kalian mau beli makanan, baju atau produk beauty lainnya, usahakan cari dari brand lokal dulu. Kenapa sih, penting untuk mendukung brand lokal? Karena brand lokal kan usahanya masih kecil dan chance survival saat pandemi ini juga kecil banget. Ketika kita membantu atau beli brand lokal, secara nggak langsung, kita juga memastikan bahwa karyawan-karyawan, yang isinya adalah orang-orang Indonesia tetap mendapatkan nafkah, lho.

Kalau soal produk beauty, kita juga tahu ya, sekarang sudah banyak banget brand lokal yang produknya bagus-bagus dan bisa menyaingi produk luar. Jadi, sebisa mungkin untuk sekarang kita lebih fokus untuk mencari opsinya dari brand lokal. . Kalau butuh inspirasinya, kamu bisa membaca artikel Dupes of the month yang sering dibuat oleh Female Daily.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Lokal Bagus di Bawah 200 Ribu!

Support Brand Lokal Saat Pandemi Corona

Share and share

Pasti sekarang kalian semakin aktif di media sosial dong? Pasti 1/2 hari kamu habiskan untuk buka Instagram, Twitter dan Tik Tok kan? Nah, dibanding kalian mencari atau sharing berita-berita yang kemungkinan hoax atau malah menambah stress, karena terpapar dengan berita negatif terus, gimana kalau kalian iseng-iseng share brand-brand favorit kalian? Selain sharing, kalian bisa juga lho ngasih sedikit review untuk ‘racunin’ orang kenapa harus coba makanan atau produk tersebut.

Selain dua poin di atas, yang perlu ditanamkan juga adalah, ketika kita support brand lokal, kita bukan sekadar membantu brand-nya untuk survive. Tapi kita secara nggak langsung membantu karyawan mereka untuk tetap bisa membeli kebutuhan sehari-hari mereka untuk bertahan hidup. Ketika bisnis mereka mendapatkan pemasukan, artinya perusahaan mereka dapat memberikan gaji kepada karyawannya.

So, selama kita bisa memberikan sedikit kebaikan untuk orang lain, kenapa nggak? Kalau kalian sendiri gimana? Apa saja yang sudah kalian lakukan untuk membantu bisnis lokal?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment