banner-detik

haircare

Perawatan Rambut Keriting Tipis yang Simpel

seo-img-article

perwatan rambut keriting

Sudah baca dos & don’ts perawatan dan penataan rambut keriting tipis? Nah, kali ini saya akan bercerita tentang produk-produk yang saya gunakan.

 

Meskipun rambut saya rapuh dan membuat perawatannya sedikit lebih ribet, bukan berarti saya mau merawat rambut saya super telaten menggunakan banyak produk. Saya stick ke prinsip utama rambut tipis: rambut tipis nggak perlu banyak produk meskipun kering. Sehingga saya meminimalisir penggunaan produk haircare berlebih dan memilih menggunakan produk-produk terbaik yang memberikan efek nyata.

Perawatan Sehari-Hari

daily

Saya mencoba untuk keramas setidaknya 3 kali seminggu, yaitu: Minggu malam, Selasa malam, dan Kamis malam. Sejujurnya paling nggak tahan untuk nggak keramas di hari Jumat malam, karena weekend itu waktunya jalan-jalan. Tapi, untuk memaksimalkan perawatan dan tetap bikin rambut keriting saya nggak berasa kering, saya menggunakan The Body Shop Fuji Green Tea™ Refreshingly Purifying atau Kerastase Bain Vital Dermo Calm Shampoo. Setelah itu, dilanjutkan dengan The Body Shop Fuji Green Tea™ Refreshingly Hydrating Conditioner.

Ketika shampoo diaplikasikan, saya biasanya diamkan sebentar supaya formula shampoo tersebut bekerja dengan baik pada kulit kepala sebelum dibilas. Begitu juga dengan conditioner. Saya pasti diamkan dulu sekitar 1 menit, supaya ujung rambut menyerap nutrisi yang dimiliki oleh conditioner ini, baru deh saya bilas pakai air dingin supaya nggak kering. Setelahnya, saya menekan rambut perlahan-lahan untuk mengeluarkan air, kemudian menggunakan hair turban.

Perawatan Mingguan

perawatan rambut keriting

Setiap minggunya saya selalu menggunakan purifying shampoo seperti The Body Shop Fuji Green Tea™ Refreshingly Purifying Cleansing Hair Scrub yang memiliki butiran scrub dari garam untuk membantu membersihkan kulit kepala secara menyeluruh. Setelah menggunakan purifying shampoo, saya menggunakan hair mask tanpa kandungan silikon seperti Briogeo Repair Don’t Despair Deep Hair Mask. Terkadang saya juga mengganti conditioner dengan hair mask ini di saat rambut terasa kering.

Perawatan Essentials

perawatan rambut keriting

Selain perawatan di atas, saya juga menggunakan Living Proof Perfect Hair Day Night Cap Overnight Perfector di waktu rambut masih setengah basah dan Living Proof Perfect Hair Day 5-in-1 Styling Treatment sebelum menggunakan hair tools. Sebenarnya saat ini saya sudah nggak memiliki hair tools apapun, bahkan hair dryer pun tidak punya sehingga saya jarang menggunakan produk ini. Selanjutnya saya juga mengganti ikat rambut saya menjadi silk atau satin scrunchie agar tidak mudah kusut. You better invest your money on good detangler like Tangle Teezer or Wet Brush, because it will change the way you comb your hair!

 

Semoga produk-produk di atas bisa membantu kamu mendapatkan perawatan yang tepat untuk rambut keriting tipismu ya! Kalau kamu belum yakin, kamu bisa cari review mengenai produk-produk tersebut di FD Review karena ada banyak sekali review dari member lainnya yang mungkin sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Good luck!

 

Foto: Instagram @kristi.theresia, dok. Living Proof, Tangle Teezer, Briogeo, The Body Shop, Kerastase.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment