banner-detik

haircare

Apakah Penting Memakai Sunscreen Pada Rambut?

seo-img-article

Bener nggak sih pakai sunscreen pada rambut itu penting? Ataukah ini hanya sekedar gimmick marketing aja? Kita simak,yuk!

Kita semua tahu kan kalau sunscreen adalah perlindungan kulit yang penting banget untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Nah, akan tetapi bagaimana dengan rambut kita?

Beberapa tahun terakhir, produk perawatan rambut yang mengklaim mampu melindungi rambut dari sinar matahari sudah mulai bermunculan nih. Klaimnya, ada yang bisa mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada rambut, mencegah kekeringan, rambut rapuh, hingga rambut kusut. Pertanyaannya, apakah penting memakai sunscreen pada rambut? Apakah produk ini benar-benar berfungsi? Apakah kita harus melindungi rambut dari sinar matahari? Simak jawabannya di sini ya.

Baca juga: Sunscreen Mana Sih Yang Lebih Eco-Friendly?

Apa sih sunscreen rambut itu?

Sunscreen rambut adalah produk berbasis SPF yang melindungi helaian dan kulit kepala kamu dari sinar UV, yang, percaya atau nggak, gak hanya pada kulit aja tapi UV itu juga sama berbahayanya jika menyerang kulit kepala.

Jika kulit kepala kamu terkena sinar matahari langsung, bisa diartikan, kamu telah membuka pintu untuk kerusakan akibat sinar matahari (seperti: terbakar parah dan berpotensi melanoma —  jenis kanker kulit paling serius yang ditandai dengan kemunculan tahi lalat baru).

Baca juga: Membongkar 3 Mitos Sunscreen

Sama seperti kulit, sinar matahari ternyata punya pengaruh pada rambut

Kalau kamu aja melindungi kulit dengan suncsreen, maka sebuah langkah baik untuk melakukan hal yang sama pada rambut kamu. Laura Dyer, seorang stylist di Antonio Prieto Salon New York pada HufftPost mengatakan bahwa sinar matahari menyebabkan kutikula rambut terbuka, “Ini memungkinkan kelembaban dan bahkan melanin jadi hilang. Dengan begitu rambut jadi kering, kaku, dan menjadi pudar warna alaminya. ”

Hal paling menakutkan saat kulit kepala langsung terkena sinar matahari adalah gejalanya nggak muncul di area yang kelihatan. Selain itu, sulit juga untuk mendeteksi bila ada melanoma atau tahi lalat yang sedang berkembang.

Apakah memakai sunscreen pada rambut benar-benar berfungsi?

Meskipun setiap formula berbeda, tapi beberapa merk sunscreen rambut terkemuka dinilai efektif dan aman untuk melindungi kulit kepala dan rambut kamu dari sinar UV. Karena, “Secara umum, pelindung rambut SPF mengandung bahan-bahan yang mirip dengan apa yang digunakan pada kulit kamu,” kata ahli trikologi Dominic Burg, ilmuwan di Evolis Proffesional . “Produk tersebut mengandung molekul spesifik yang memantulkan sinar UV atau menyerapnya, mencegahnya mencapai rambut, kulit kepala, dan merusaknya,” tambahnya lagi.

Biasanya nih, sunscreen rambut bentuknya bukan krim atau lotion kayak sunscreen tubuh yaa, tapi seperti spray atau powder yang gampang menyerap ke dalam rambut atau kulit kepala dengan mudah.

 Justifikasi tentang sunscreen rambut

Sejujurnya, saya mengira kalau sunscreen rambut itu seperti strategi marketing yang punya hidden agenda. Tapi setelah melihat banyak riset dan pemaparan mengenai produk ini, saya jadi merasa bersalah karena nggak mengenakannya setiap hari, mengingat betapa mudahnya produk ini dipakai dan nggak bakalan menghancurkan styling rambut sama sekali. Nah gimana menurut kalian, apakah kalian akan mencoba produk sunscreen rambut mulai sekarang seperti halnya kamu pakai sunscreen pada tubuh dan wajah?

Produk yang bisa dicoba

Kamu pasti sudah sering dengar nama dua brand  yang terkenal dengan produk sun care-nya ini. Keduanya sudah mengeluarkan sunscreen rambut, namun sepertinya produk ini belum dijual di Indonesia. Kita tunggu saja ya! Atau kamu ingin ikut jastip biar nggak menunggu terlalu lama? Berikut

Coola Organic Scalp & Hair Mist SPF 30

COOLA ORGANIC SCALP & HAIR MIST SPF 30

 

 

Supergoop Poof 100% Minerat Part and Scalp Powder SPF 45

SUPERGOOP POOF 100% MINERAL PART AND SCALP POWDER SPF 45

Slow Down

Please wait a moment to post another comment