banner-detik

beauty school

5 Ingredients Untuk Menenangkan Kulit

seo-img-article

Siapa yang nggak akrab dengan kandungan menenangkan seperti Aloe Vera, Centella Asiatica, Madu, dan Tea Tree? Nah, kalau kamu penasaran sama kandungan lain dengan manfaat yang sama,  kali ini saya mau sharing jenis ingredients (plus produknya) yang  juga juara menenangkan kulit.

Sebagai pemilik kulit reaktif saat skin barrier melemah, wajib banget ada di skincare routine saya satu dua produk yang bisa meredam reaksi kulit kemerahan, terasa panas, bahkan sampai gatal-gatal kecil yang menurut saya paling annoying. Kalau produk ini nggak ada, jujur aja agak insecure. Walaupun sebisa mungkin saya menghindari pemicu agar kulit tetap ada di kondisi normal. Maka dari itu, kali ini saya bakal bahas 5 ingredients untuk menenangkan kulit.

Panthenol (Pro-Vitamin B5)

Etude Soon Jung Soothing Ingredients Female Daily

Kemampuannya nggak hanya jadi humektan yang menarik dan menahan air di dalam lapisan kulit, tetapi sebagai anti peradangan yang disebabkan oleh iritasi. Kalau dipakai rutin bisa mengurangi rasa gatal dan juga melembapkan kulit. Kandungan Panthenol ini nggak langka-langka amat lho malah cukup umum ada di produk skincare komersial, salah satunya favorit FD members Etude House Soonjung 5-Panthensoside Cica Balm.

Mugwort

Im From Mugwort Soothing Ingredients Female Daily

Sobat K-beauty pasti akrab sama Mugwort (Artemisia Vulgaris) tanaman asal Cina yang sering digunakan orang Korea sebagai tanaman obat, dan bahan masakan. Kandungan ini bekerja efektif meredakan kemerahan, gatal, dan kulit kering akibat dermatitis atopik dan psoriasis. Ingredient yang digadang-gadang sebagai the next Centella Asiatica ini bisa kamu intip reviewnya di produk I’m From Mugwort Mask yang ramai di FD app.

Baca juga: Skincare Ampuh Untuk Kulit Atopik Dermatitis

 

Licorice

Acwell-Soothing-Ingredients-Female-Daily-

Akar manis tanaman Glycyrrhiza Glabra ini termasuk tanaman polong-polongan yang memiliki manfaat tidak hanya dapat bantu mencerahkan kulit tapi juga menenangkan kulit kemerahan, gatal, dan membengkak. Sebagai antioksidan Licorice juga diketahui efektif melawan bakteri yang dapat merugikan kulit. Acwell Licorice pH Balancing Toner adalah salah satu toner yang mengandung ekstrak dari akar manis Licorice dan bermanfaat sebagai mild exfoliator.

 

Colloidal Oatmeal

Aveeno-Soothing-Ingredients-Female-Daily-

Avena Sativa Kernel Extract atau Oat Extract mengandung antioksidan avenathramides yang terbukti secara klinis dapat menenangkan kulit dan juga anti peradangan. Bahkan, FDA (Food and Drugs Administration) memperbolehkan ingredient ini masuk dalam daftar bahan aktif karena terbukti efektif melindungi kulit. Untuk kamu yang punya kulit kering, eczema-prone skin boleh kepoin review positif Aveeno Daily Moisturizing Lotion yang menggunakan Oat sebagai kandungan pada produknya.

Baca juga: Skincare dengan Oat Untuk Kulit Sensitif

 

Borage Oil

TO-Borage-Oil-Soothing-Ingredients-Female-Daily-

Kalau dari semua ingredients yang saya tulis di atas belum ada yang menarik perhatian kamu, coba intip Borage Oil deh. Termasuk dalam kategori underrated, minyak biji Borage ini memiliki kandungan gamma-linoleic acid paling tinggi dalam kategori minyak tumbuhan. Bahan dengan tekstur ringan ini dapat menenangkan kulit yang mudah iritasi, kering, dan sensitif. Salah satu produk yang mengandung Borage Oil adalah The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Borage Seed Oil.

 

Tapi kalau ditanya, favorit saya dari semuanya adalah Panthenol dan Mugwort, it works wonder walaupun Mugwort aromanya agak terlalu earthy buat saya. Tapi, dibalik ini penting juga untuk mengutamakan keseimbangan skin barrier dan berusaha nggak stress biar membantu kulit lebih cepat calm and soothed. Selamat mencoba ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment