banner-detik

pro tips

Tips Pakai Sunscreen Agar Nyaman

seo-img-article

Dosis sekali pemakaian face sunscreen adalah sebanyak dua jari penuh. Bagaimana caranya biar wajah nggak terasa lengket ketika pakai sunscreen sebanyak itu ya?

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membagikan 5 Cara Memakai Sunscreen yang Benar di blog Female Daily. Salah satu yang saya bagikan adalah, bahwa face sunscreen harus dipakai sebanyak dua jari penuh, agar bisa efektif memberikan perlindungan terhadap kulit dari sinar matahari. Saya juga membagikan hal yang sama di akun Instagram saya. Dan ternyata banyak yang terkejut, karena ternyata sunscreen harus dipakai sebanyak itu.

tips sunscreen (3)

Rata-rata yang ditanyakan adalah, apakah tidak lengket bila menggunakan sunscreen sebanyak itu di wajah? Padahal tekstur sunscreen kebanyakan pekat dan lengket. Lalu apakah tidak membuat wajah menjadi semakin berminyak? Apakah tidak membuat makeup yang diaplikasikan setelahnya cepat luntur?

Sejauh pengalaman saya memakai sunscreen dengan cara dan dosis yang tepat tersebut, saya nggak mengalami wajah semakin berminyak, atau makeup jadi nggak awet. Mungkin cara-cara dari saya ini, bisa dicoba:

Pilih Produk Sunscreen yang Nyaman dan Tidak Lengket

Sekarang sudah banyak banget produk sunscreen di pasaran dengan berbagai tekstur dan formula. Walau kulit saya kering, sejujurnya untuk sunscreen, saya lebih memilih yang formulanya untuk kulit berminyak atau bertekstur gel. Karena sunscreen harus dipakai dalam jumlah yang banyak, jadi saya memilih tekstur yang seringan mungkin. Chemical sunscreen biasanya punya tekstur yang lebih ringan dan nggak whitecast dibanding physical sunscreen.

Favorit saya untuk face sunscreen yang ringan dan mudah meresap adalah Votre Peau Facial Sun Shield, Emina Sun Protection, dan Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Atau bila masih butuh rekomendasi lainnya, silahkan baca artikel Female daily mengenai 3 Rekomendasi Sunscreen yang Nyaman di Kulit dan 4 Sunscreen Drugstore untuk Kulit Berminyak.

sunscreen (3)

Aplikasikan Sedikit Demi Sedikit

Cara ini sama seperti kalau saya mengaplikasikan foundation. Alih-alih langsung membaurkan banyak produk di kulit, akan lebih nyaman kalau memakai selapis tipis dulu. Baurkan lapisan pertama dengan baik dan biarkan menyerap. Setelah menyerap sempurnah, tambahkan lagi lapisan selanjutnya, dan seterusnya.

Dulu waktu awal-awal membiasakan diri menggunakan sunscreen dua jari, saya menggunakan cara ini. Kalau sekarang sih, karena sudah terbiasa dan lebih sering terburu-buru kalau pagi, saya langsung mengaplikasikan saja semuanya ke kulit wajah.

 

Beri Jeda Sebelum Memakai Makeup

Sunscreen juga butuh waktu agar dapat membaur sempurna pada kulit wajah. Jadi sebaiknya, setelah selesai memakai skincare dan sunscreen, jangan langsung segera ditumpuk dengan makeup. Beri jeda dulu paling tidak 10 menit. Sementara menunggu, kita bisa memilih pakaian, styling rambut, sarapan, atau melakukan hal-hal lainnya.

 

Set Dengan Loose Powder

Bila sedang tidak menggunakan makeup, paling tidak, pulaskan selapis tipis loose powder atau setting powder di atas sunscreen. Gunanya untuk lebih menahan minyak di wajah, dan untuk mengurangi rasa greasy yang diakibatkan oleh sunscreen. Tapi ingat, beri jeda minimal 10 menit sebelum menggunakan loose powder, agar yakin sunscreen telah membaur sempurna di wajah.

Tapi yang lebih penting daripada keempat langkah di atas adalah membiasakan diri. Kita bisa merasa nyaman bila sudah terbiasa melakukannya. Dan bila tidak segera dimulai, kapan kita akan segera terbiasa? Jadi, yuk, segera memulai kebiasaan baik memakai sunscreen dengan cara yang benar!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment