4 Produk Retinol Baru untuk Kulit Kencang dan Glowing

Retinol jadi salah satu kandungan aktif skincare favorit saya. Buat kamu yang juga pingin mulai coba pakai retinol, ada empat produk baru yang mengandung retinol untuk bisa segera dicoba!

Sebagai ‘duta’ menggunakan retinol sejak usia dini, saya suka merasa industri kecantikan agak membosankan kalau bicara tentang ingredients yang satu ini. Kalau dibandingkan dengan bahan aktif lainnya seperti AHA/BHA, Hyaluronic Acid, atau Niacinamide, variasi produk retinol di pasaran terhitung terbatas dan sedikit banget. Padahal, retinol adalah salah satu actives yang banyak banget fungsi dan manfaatnya untuk kulit, mulai dari bantu prevensi antiaging sampai memudarkan bekas jerawat. Untungnya di awal tahun 2019 ini ada empat merek skincare ternama yang mengeluarkan produk menggunakan retinol yang layak banget dicoba!

 

Clinique Fresh Pressed Overnight Booster with Pure Vitamin A (Retinol)

50881574_2326225574320128_4732243416568982956_n

Melengkapi Daily Booster with Pure Vitamin C, Clinique menghadirkan ‘kakak’ versi fresh pressed dengan kandungan retinol di dalamnya. Dengan format fresh pressed, produk ini terjaga stabilitasnya hingga produk diaktifkan. Poin ini cukup menarik karena bahan actives paling efektif bekerja dalam kondisi fresh. Setelah diaktifkan, Overnight Booster ini dapat digunakan selama empat belas hari dengan cara dicampurkan ke pelembap yang sudah kita punya. Penggunaan bersamaan dengan Daily Booster with Pure Vitamin C di pagi hari juga akan membantu meratakan warna kulit, mengisi garis halus, dan memperbaiki tekstur kulit agar lebih plump dan sehat. Clinique Fresh Pressed Overnight Booster with Pure Vitamin A mengandung soybean oil, evening primrose oil, dan cholesterol untuk membantu menjaga skin barrier dan meminimalisir efek samping retinol.

 

Drunk Elephant A-Passioni™ Retinol Cream

A-Passioni_creative3_1024x1024

Sukses dengan berbagai produk yang banyak jadi holy grail para beauty enthusiast, Drunk Elephant akhirnya mengeluarkan produk yang mengandung retinol dengan bentuk krim di kemasan ala cat air. A-Passioni™ Retinol Cream ini mengandung 1% retinol vegan yang didukung dengan berbagai bahan-bahan yang calming dan nourishing seperti marula seed oil dan jojoba oil, untuk meminimalisir efek samping retinol yang terkadang membuat radang dan sensitif. Produk ini juga mengandung peptides dan antioksidan dari kale dan winter cherry yang dapat membantu retinol dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Yang bikin saya penasaran, Drunk Elephant nge-claim kalau A-Passioni™ Retinol Cream ini bisa digunakan saat pagi hari (dengan tabir surya yang proper, of course)!

 

Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum

Screen Shot 2019-02-04 at 15.04.48

Setelah mengeluarkan Luna Sleeping Night Oil, Sunday Riley mengeluarkan produk baru yang super potent dibandingkan banyak produk retinol di pasaran. Kenapa? Karena kandungan retinol di A+ High Dose Retinoid Serum ini ada 6.5%: 5% dari campuran ester retinoid, 1% campuran retinol, dan 0.5% ekstrak ganggang biru dan hijau yang bekerja mirip retinoid. A little bit intimidating, if you ask me. Tapi untuk menyeimbangkan dosis tingginya, produk ini mengandung enzim CoQ10 yang berfungsi untuk memperbaiki penampakan kulit, dan madu untuk menenangkan kulit. Kalau melihat foto before-after di kampanye promosinya, Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum ini lebih fokus ke memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit.

 

Estée Lauder Perfectionist Pro Rapid Renewal Retinol Treatment

Screen Shot 2019-02-04 at 15.50.39

Awalnya, saya nggak percaya pas denger kalau Estée Lauder belum punya produk retinol, but it turns out it’s true! Belum ada informasi jelas soal berapa persen kandungan retinol di dalam Estée Lauder Perfectionist Pro Rapid Renewal Retinol Treatment, tapi produk ini mempunyai teknologi time release yang ‘melepaskan’ retinol secara konstan sehingga lebih gentle di kulit. Produk ini juga mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan kulit saat menggunakan retinol.

 

Nah, itu adalah keempat produk retinol baru di awal tahun yang bisa dicoba. Kalau belum pernah menggunakan retinol, saya sarankan untuk membiasakan kulit terlebih dahulu dengan frekuensi satu kali seminggu, sampai akhirnya perlahan-lahan kamu bisa menambah frekuensi secara bertahap. Kalau sekarang, apa kamu sudah memasukkan retinol di skincare routine kamu?