Kenapa Bunga Edelweiss Bisa Digunakan dalam Produk Skincare? | #WardahInnovationTrip

Bunga Edelweiss adalah bunga yang dilindungi di Swiss, tapi kenapa Wardah bisa menggunakan bunga ini dalam produk skincare-nya, ya? Yuk, baca penjelasan di trip Female Daily bersama Wardah ke Eropa. 

Akhir tahun lalu, saya mewakili Female Daily berangkat ke Eropa bersama Wardah untuk mengunjungi beberapa supplier Wardah yang ada di Eropa. Dari perjalanan selama sembilan hari tersebut, ada empat pabrik supplier Wardah yang berada di Swiss dan juga Paris. Nah, kali ini saya mau menceritakan kunjungan ke pabrik pertama yaitu pabrik Edelweiss yang berlokasi di Montreux, Switzerland.

Edelweiss Flower Boleh Digunakan dalam Produk Skincare-3

Pastinya kalian sudah familiar dong dengan rangkaian produk Wardah White Secret? Pada rangkaian ini, Wardah menggunakan ektrak bunga Edelweiss yang berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan juga memiliki fungsi anti-iritasi. Selain sebagai sumber antioksidan, ekstrak tanaman Edelweiss ini juga bisa membantu melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Nah, waktu produk ini rilis banyak sekali yang bingung, kenapa bunga Edelweiss yang dilindungi bisa digunakan sebagai bahan dasar skincare. Buat yang belum tahu, memang bunga Edelweiss adalah bunga yang dilindungi karena jarang banget keberadaannya. Melalui trip ini saya jadi mengerti kenapa bunga yang dilindungi tenyata bisa dipakai dan diolah menjadi salah satu bahan dasar skincare, malah dibudidayakan lho.

Edelweiss Flower Boleh Digunakan dalam Produk Skincare

Edelweiss Flower Boleh Digunakan dalam Produk Skincare-6

Edelweiss mempunyai penampakan yang cukup delicate, tapi sebenarnya semua organnya di desain untuk bisa survive dalam cuaca yang ekstrim. Hal ini membuat para ilmuan ingin mempelajari lebih jauh, apa sih rahasia di balik kekuatan bunga Edelweiss ini? Melalui dukungan pemerintah, mereka mengambil beberapa pasang bunga Edelweiss jantan dan betina liar, untuk diteliti dan dicari tahu bagaimana supaya bunga yang sudah dipetik, bisa bertahan selama lima tahun tanpa menjadi rusak. Setelah mendapatkan hasilnya baru tanaman ini dibudidayakan dengan bekerjasama dengan petani lokal. Dengan proses ini makanya penggunaan bunga Edelweiss untuk bahan-bahan skincare atau bahan dasar lainnya menjadi legal, karena nggak mengurangi atau mengganggu kelangsungan hidup bunga Edelweiss liar yang sudah ada, malah turut serta melestarikannya.

Edelweiss Flower Boleh Digunakan dalam Produk Skincare-4

Ini menjadi salah satu bukti bahwa Wardah nggak main-main dalam menghadirkan rangkaian skincare. Karena untuk kandungan Edelweissnya saja sudah harus diuji secara klinis dan menggunakan bunga pilihan. Ada yang sudah coba rangkaian White Secret dari Wardah?