4 Trik Mengatasi Dark Circle

Karena semakin hari sepertinya kita agak susah untuk dipisahkan dengan gadget dan barang elektronik lainnya, maka kali ini saya pingin bahas soal blue light yang terpancar dari layar computer, handphone, hingga lampu fluorescent yang punya efek terhadap kulit kita.

Nah sebenarnya, tanpa kita terekspos dengan blue light dari barang-barang elektronik, cahaya ini sudah hadir di sekitar kita secara natural, yaitu dari paparan sinar matahari. Menurut artikel yang saya baca di Prevent Blindness, sebenarnya blue light itu nggak sepenuhnya membahayakan kita, lho. Karena cahaya yang memang terdapat pada sinar matahari ini memiliki manfaat yang baik di siang hari dengan memberikan sinyal kepada tubuh untuk mengeluarkan energi, menjadikan kita lebih siaga, meningkatkan kemampuan mengingat dan membangkitkan mood. Jadi, kebayang efeknya kan kalau kita terpapar blue light ini di malam hari. Yup, mata jadi nggak ngantuk, tubuh jadi mendapatkan sinyal untuk tetap “bangun” dan pastinya mengakibatkan terganggunya proses perbaikan sel di malam hari, sehingga tanda-tanda penuaan bisa muncul lebih cepat. Salah satunya yaitu terlihatnya dark circle pada area mata. Ugh.. malas banget kan?

Tapi, kalau kamu masih kesulitan buat menjauhkan gadget, dan suka tidur dengan lampu menyala, saya punya beberapa trik yang bisa dicoba untuk meminimalisir paparan blue light pada kulit–khususnya area mata di malam hari.

mobile-2563782_1280

Pakai Blue Light Filter

Sebelum masuk ke ranah skincare, cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah melapisi gadget kamu dengan lapisan anti-blue light. Atau, ponsel sekarang juga sudah semakin canggih karena memiliki blue light filter atau night mode yang bisa kamu aktifkan. Oh ya, sekarang toko kacamata juga sudah menyediakan lensa kacamata yang punya blue light filter untuk membantu kita menyaring cahaya yang masuk ke dalam mata, lho.

ANR Eye_Oculus3

 

Jangan Lupakan Eye Cream

Karena kulit di area mata itu lebih tipis 40% dari kulit wajah lainnya, selain lebih rajin pakai skincare yang mengandung antioksidan, saya juga jadi lebih memperhatikan perawatan di sekitar mata dengan nggak pernah skip pakai eye cream. Salah satu yang saya coba selama sebulan lebih adalah Estée Lauder Advanced Night Repair Eye Supercharged Complex yang dipercaya bisa bantu mencerahkan tampilan dark circle dalam jangka waktu 3 minggu, danbantu mengurangi mengurangi efek buruk pada kulit yang disebabkan oleh blue light. Kandungan hyaluronic acid, ChronoluxCBTM dan antioksidannya yang tinggi ini bisa membantu memperlambat proses penuaan pada area sekitar mata, bahkan pas kita terpapar blue light sekalipun. Yang paling saya suka dari eye cream ini adalah teksturnya yang velvety, ringan, dan nggak bikin mata sensitif saya teriritasi ataupun muncul milia dia bagian bawah mata!

Produk Kaya Akan Antioksidan

Selain aplikasi skincare dengan kandungan antioksidan untuk membantu melindungi dari  radikal bebas radikal bebas seperti blue light, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti dalam buah-buahan dan sayuran untuk pertahanan dari dalam tubuh.

Istirahatkan Mata

Seseru apapun series yang sedang kalian tonton atau kerjaan yang mengharuskan kalian manteng di depan laptop, jangan sampai lupa untuk rutin mengistirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan selama 15-20 menit dari monitor. Otot mata yang bekerja terlalu keras juga bisa menyebabkan kerutan halus di area kulit sekitar mata dan juga dark circle!

Kalau kamu punya trik mengatasi dark circle yang sudah berhasil untuk dilakukan, share di kolom komen, ya!