Trik Cepat Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

Kulit sedang kering-keringnya, padahal besoknya harus pakai makeup? Cobain deh trik ini! Cukup satu malam dan paginya kulit jadi lebih lembap.

Jenis kulit saya adalah normal to dry. Di sebagian besar waktu sih nggak ada masalah dengan kulit saya ini. Tapi ada saat-saat tertentu kulit saya keringnya kebangetan. Biasanya sih kalau kurang tidur, habis traveling, nggak cocok suatu produk, atau sesimpel sedang malas pakai skincare sehingga sering skip berbagai produk yang biasanya saya pakai.

Kalau sedang kering-keringnya, biasanya kulit wajah saya terasa kaku. Kalau senyum terasa banget kulit saya ketarik. Lalu seringkali juga ada kulit yang mengelupas di area-area tertentu, seperti cuping hidung dan garis rahang. Kalau sudah begitu, makeup apapun nggak bisa menutupi. Pakai foundation dan concealer juga malah nggak nempel, dan malah semakin memperjelas dry patch area.

Solusinya ya cuma dengan skincare yang benar. Biasanya kalau sudah mengalami kekeringan seperti itu, saya menghentikan pemakaian acid toner dan exfoliator lainnya. Lalu, fokus ke produk-produk yang bisa membantu menambah water content di kulit saya, misalnya hydrating toner, hyaluronic acid serum, dan moisturizer. Saat seperti ini juga adalah saat yang tepat untuk melakukan 7 skin method, atau menggunakan hydrating toner ber-layer-layer.

Lihat juga: 7 Skin Method, Pakai Toner 7 Layer Ala Korea

face oil baru sheet mask (3)

Nah, ada satu lagi cara ampuh yang biasa saya lakukan kalau kulit sedang sangat kering, nih! Yaitu memakai facial oil sebelum memakai sheet mask. Cara ini, kalau di kulit saya, ampuh banget untuk memperbaiki kondisi kulit yang sedang terlalu kering dan dehidrasi. Biasanya saya pakai cara ini di malam hari saja, karena saya kurang suka memakai face oil ataupun sheet mask di pagi hari.

Langkah-langkahnya cukup mudah, kok. Saya memakai skincare saya seperti biasa, namun khusus untuk pemakaian face oil yang biasanya saya letakkan di step terakhir, saya tukar posisinya menjadi setelah serum. Jadi setelah memakai hydrating toner dan serum, lalu saya lanjutkan dengan pemakaian face oil. Setelah face oil merata dan sedikit meyerap ke kulit wajah, langsung pakai sheet mask di atasnya. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah sheet mask dilepas dan essence-nya menyerap, baru deh aplikasikan moisturizer atau sleeping mask.

Cara kerja sheet mask adalah dengan menahan essence tetap menempel pada kulit dalam waktu yang lama, tidak mengering, karena disegel oleh tisu maskernya. Sehingga mau nggak mau, kulit ‘terpaksa’ menyerap essence yang ada pada sheet mask. Nah, kalau pakai face oil sebelum sheet mask juga cara kerjanya seperti itu. Face oil akan “dipaksa” tinggal di kulit kita yang kering lebih lama.

face oil baru sheet mask (1)

Baca juga: Mencoba 5 Sheet Mask Harga Terjangkau

Mungkin banyak yang nggak setuju dengan cara ini, karena memang urutan skincare yang biasanya dipakai adalah yang punya kandungan air lebih banyak dulu, baru kemudian ditutup dengan yang memiliki kandungan oil. Tapi cara ini sih berhasil di kulit saya sendiri.

Biasanya sih, kalau pakai cara ini, pagi ketika bangun tidur, kulit saya jadi lebih supple dan nggak begitu kering. Dry patch area juga akan banyak berkurang. Kalau mau pakai makeup hasilnya jadi lebih bagus karena kulit sudah lebih lembap dan teksturnya juga lebih membaik.

Kalau kamu punya jenis dan permasalahan kulit yang sama kayak saya, nggak ada salahnya mencoba cara mengatasi kulit kering dan dehidrasi ini, lho! Siapa tau bisa jadi solusi permasalah kulitmu selama ini.