banner-detik

beautypedia

Cara Mengatasi Keratosis Pilaris, Bercak Merah Pada Kulit

seo-img-article

Punya masalah keratosis pilaris atau yang dikenal sebagai chicken skin? Yuk, cari tahu gimana cara mengatasinya. 

Keratosis Pilaris adalah pemasalahan kulit yang sangat umum dialami, biasanya keratosis pilaris ini muncul pada kulit bagian lengan, paha, pipi atau di bokong. Penampakan keratosis pilaris sendiri adalah bintik-bitik kemerahan pada kulit dan biasanya terlihat dalam jumlah yang banyak. Umumnya keratosis pilaris ini terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Keratosis Pilaris bisa dialami oleh siapa pun baik anak-anak atau pun orang dewasa, dan bisa saja timbul mendadak.

Cara Mengatasi Keratosis Pilaris, Bercak Merah Pada Kulit

image source: simplemost.com

Tapi apa sih sebenarnya pemicu timbulnya keratosis pilaris pada kulit?

Hal ini muncul akibat penumpukan keratin pada lapisan kulit. Keratin merupakan protein yang melindungi kulit dari bahan-bahan berbahaya atau yang menyebabkan infeksi. Karena terjadinya penumpukan, makanya keratin menutup folikel rambut yang berujung menimbulkan terjadinya bumps kemerahan pada kulit.

Sebenarnya secara alami keratosis pilaris akan hilang sendirinya dengan bertambahnya umur seseorang. Biasanya keratosis pilaris akan mulai memudar ketika seseorang memasuki umur 25 tahun, dan pada umur 30 tahun keratosis pilaris akan hilang secara otomatis. Keratosis pilaris bisa menjadi parah, atau flare up dikarenakan perubahan hormon seseorang dan faktor cuaca yang berubah secara drastis.

Seberapa mengganggu kondisi ini untuk kulit?

Nggak terlalu mengganggu karena keratosis pilaris ini nggak bikin kulit terasa gatal, perih atau pun jadi jerawat. Paling untuk beberapa orang keratosis pilaris, mengganggu karena membuat area tangan atau wajah terlihat kurang bersih karena banyak bercak merah, dan kurang terasa nyaman ketika disentuh.

Lalu gimana caranya mencegah supaya keratosis pilaris nggak semakin memburuk?

–  Eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan scrub, loofah, atau menggunakan chemical exfoliation seperti AHA. BHA atau salicylic acid.

– Sama seperti permasalahan kulit atopic dermatitis atau eksema, sabun mandi yang digunakan harus sangat mild dan minim kandungan SLS, alkohol dan juga fragrance.

– Menggunakan pelembap atau body lotion secara rutin. Perlu diingat juga, pilihlah body lotion yang nggak mengandung wewangian yang terlalu banyak.

Itu adalah tiga hal yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mencegah kondisi keratosis pilaris semakin memburuk. Tapi kalau mau hasil yang lebih cepat, hal yang bisa dilakukan adalah kunjungan ke dermatologis untuk melakukan beberapa treatment seperti microdermabrasion atau chemical peeling.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment