Ini Dia 4 Brand yang Punya Program Recycle di Indonesia!

Berniat mengurangi sampah personal care di tahun 2019? Wajib tahu 4 brand yang punya program recycle di Indonesia berikut!

Selama tahun 2018, zero-waste dan #livingwithless lifestyle mulai dijalani banyak orang, atau setidaknya  ramai di-post di Instagram. Mulai dari menggunakan reusable straws, sampai decluttering barang-barang yang sudah nggak terpakai. I of course have also jumped on this positive bandwagon. Sejak pertengahan tahun ini, saya sudah berkomitmen untuk nggak lagi pakai sedotan dan tas belanja plastik, serta mulai pakai reusable facial cotton pads dan menstrual cup. I mean that’s a pretty good start, right? 

Tapi kalau saya cek ke meja rias dan kamar mandi, ternyata ada banyak produk personal care saya yang sudah mau habis dan nggak tahu akan berakhir di mana. Hasil survei di Inggris pada tahun 2013 menemukan bahwa perempuan rata-rata memiliki sekitar 65 produk di meja rias atau kamar mandinya. Kalau saat ini pastinya bisa lebih dari 65 produk ya, mengingat racun beaty products sekarang makin kencang (termasuk dari Female Daily juga hihihi).

Okay, okay, nggak perlu khawatir dulu karena 4 beauty brands ini sudah punya program recycle di Indonesia!

Baca juga: Bisakah Daur Ulang Kemasan Kosmetik Hits di Brand Lokal

The Body Shop

The Body Shop (TBS) memang dikenal sebagai brand personal care asal Inggris yang sangat peduli akan isu-isu lingkungan dan sustainability. Selain menggunakan banyak kandungan alami dan ramah lingkungan yang didapatkan dari Community Trade serta berkomitmen untuk tidak menguji produk mereka pada hewan, sejak tahun 2008 The Body Shop Indonesia juga sudah menjalankan kampanye Bring Back Our Bottle. Dengan program ini, kita bisa mengembalikan kemasan The Body Shop bekas pakai ke counter untuk kemudian didaur ulang. Nggak hanya membantu mengurangi sampah plastik, member juga akan mendapatkan poin. Untuk member CLUB akan mendapatkan 1 poin setiap menukarkan 1 kemasan bekas, sedangkan member FAN bisa mendapatkan 2 poin untuk setiap kemasan yang dikembalikan. Poin membership ini nantinya bisa ditukarkan dengan produk-produk TBS maupun shopping voucher. Semua jenis kemasan (selain sachet) bisa kita kembalikan ke TBS lho. Lihat proses daur ulangnya di sini!

Screen Shot 2018-12-27 at 12.15.18 PM

image: instagram.com/kiehlsid

Kiehl’s

Sejak tahun 1851, Kiehl’s telah berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan mentah yang didapatkan dengan mementingkan sustainability dan kemasannya menggunakan material hasil daur ulang. Kalau kita mengunjungi counter Kiehl’s, kita akan menemukan drop box Made Better. Di sana kita bisa mengembalikan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang kembali menjadi kemasan produk Kiehl’s baru. Setiap 1 botol full size akan mendapatkan 1 stamp dan kalau sudah terkumpul 5 stamp, bisa kita tukarkan dengan 1 produk travel size pilihan kita. Untuk kemasan travel size bekas pakai tetap bisa dikembalikan kok, bedanya hanya nggak ditukarkan dengan stamp saja. That’s completely fine karena tujuan awal kita kan memang untuk mendaur ulang kemasan bekas.

innisfree

Are you a K-Beauty lover? Untuk saat ini, innisfree adalah salah satu brand kecantikan Korea di Indonesia yang punya program-program peduli lingkungan. Mulai dari kampanye Eco-Handkerchief yang meng-encourage kita untuk mengganti tisu sekali pakai dengan handkerchief, sampai Empty Bottle Recycle. Sejak tahun 2003 sampai 2018, innisfree telah mendaur ulang lebih dari 12 juta botol kosong, lho! Kita bisa mengembalikan kemasan produk bekas pakai innisfree yang dibeli di gerai resmi innisfree Indonesia. Dalam 1 bulan, member boleh mengembalikan 3 kemasan bekas. Kalau sudah registrasi sebagai member, kita bisa mendapatkan 6000 poin yang kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik. Sayangnya, untuk saat ini innisfree Indonesia hanya menerima full size products saja dan belum bisa mendaur ulang kemasan makeup. Semoga ke depannya program ini bisa diberlakukan untuk semua produk ya :)

 

Screen Shot 2018-12-27 at 11.08.53 AM

image: instagram.com/sensatia_botanicals

Sensatia Botanicals

Akhirnya ada juga beauty brand lokal yang punya program recycle and it’s one of my favorites! Banyak alasan yang membuat saya suka banget dengan Sensatia Botanicals. Nggak hanya performanya yang bagus, produk-produknya juga dibuat tanpa Sulphate dan memiliki label “Reef Safe”. Sensatia Botanicals juga memiliki program recycle. Kita cukup mengembalikan kemasan bekas pakai ke counter dan akan mendapatkan 1 recycle stiker. Setelah berhasil mengumpulkan 12 stiker, kita bisa menukarkannya dengan shopping voucher senilai Rp100.000-,.

Semoga di tahun 2019 dan seterusnya akan banyak beauty brands lainnya yang juga melakukan recycle kemasan bekas pakai ya. Kalau kamu, sudah rutin mendaur ulang sampah personal care belum?