Mencoba Pakai Body Lotion Saat Badan Masih Basah

Saya mencoba menggunakan body lotion dalam keadaan kulit badan masih basah sehabis mandi. Begini hasilnya!

Di postMenggunakan Body Oil Sebagai Pengganti Body Lotion“, saya pernah bilang kalau saya nggak suka menggunakan body lotion. Alasannya karena saya nggak terlalu suka dengan body lotion yang teksturnya thick dan berat, tapi sayangnya body lotion dengan tekstur yang encer dan ringan nggak mampu melembapkan kulit badan saya yang memang sangat kering. Biasanya kalau pakai body lotion ringan yang banyak di jual di supermarket atau drugstore, baru 10 menit saja kulit saya sudah kembali kering dan menggaris lagi kalau digaruk. Tapi beberapa kali mencoba membeli body lotion yang teksturnya berat ataupun body butter, selalu berakhir nganggur karena saya nggak telaten nge-blend ke kulit. Itulah mengapa akhirnya saya beralih ke body oil.

pakai lotion badan basah (2) - Copy

Baca juga: Rekomendasi Body Oil Dari Drgstore

Tapi baru-baru ini saya membaca highlight story dari instagram @allyssahawadi, mengenai cara pakai body lotion saat badan masih basah. Sebenarnya story ini sudah diunggah sekitar 6 bulan yang lalu, tapi saya baru saja membacanya. Pada prinsipnya sih sama dengan cara saya menggunakan body oil, yaitu body lotion langsung dioles setelah selesai mandi dalam kondisi badan masih basah, tanpa dihanduki terlebih dahulu. Hampir seperti pakai sabun mandi lah.

Karena story Allyssa Hawadi tersebut, saya langsung mencari koleksi body lotion saya, dan memakainya dalam kondisi badan masih basah. Dan ternyata memang efektif! Cara ini membuat body lotion lebih gampang di-spread ke seluruh kulit tubuh. Jadi walaupun teksturnya kental seperti body butter, saya nggak malas lagi pakainya. Selain itu, body lotion dengan teksur yang ringan, bila dipakai dengan cara ini, hasilnya jadi lebih lembap dan lembapnya tahan lama di kulit saya.

Baca juga: 3 Body Lotion Seampuh Body Butter Untuk Kulit Kering

pakai lotion badan basah (4) - Copy

Cara ini membuat kinerja body lotion menjadi lebih efektif dalam melembapkan kulit, karena kulit dapat menerima produk lebih baik dalam kondisi yang masih lembap. Bila dibiarkan kering dulu, partikel air akan menarik diri ke udara, sehingga kulit menjadi lebih kering dan penyerapan produk body lotion yang dioleskan pun nggak maksimal.

Sebenarnya saat ini sudah banyak produk-produk body lotion yang dikhususkan untuk penggunaan pada saat kulit masih dalam keadaan basah, namanya In Shower Body Lotion. Tapi sayangnya, memang produk ini masih belum terlalu populer di Indonesia. Kalau pas dicari-cari sih ada beberapa yang bisa kita temui di e-commerce. Di antaranya adalah Nivea In Shower Body Lotion (tapi memang masih belum diproduksi oleh Nivea Indonesia), Cottage Shower Lotion, dan Olay in Shower Body Lotion. Mudah-mudahan ke depannya akan muncul produk lokal atau produk drugstore di Indonesia yang mengeluarkannya secara resmi. Jadi sementara pakai body lotion biasa pun nggak papa kok, tetap bekerja dengan baik bila digunakan dengan cara ini.

Walau masih belum selembap dan setahan lama kalau menggunakan body oil, terutama Virgin Coconut Oil, tapi menurut sudah lumayan lah. Saya jadi semangat aja merawat kulit badan, dan nyobain berbagai macam body lotion di pasaran yang wanginya memang menggoda itu.

Kekurangannya kalau buat saya, saya nggak bisa pakai body cream atau body butter dengan kemasan jar dengan cara ini. Karena kan pemakaiannya harus dalam kondisi kulit masih benar-benar basah sebelum handukan. Bila produk dalam kemasan jar saya colek dalam kondisi badan basah, saya khawatir air di badan atau tangan saya akan menetes dan mencemari produk di dalam jar. Jadi saya sih merasa lebih aman menggunakan cara ini untuk body lotion di kemasan botol, tube, atau pump saja.

Tertarik mencoba cara ini?