Hanny Handayani, Body Fit Jakarta

Hanny Handayani berbagi rahasia awet muda dan bagaimana perjalanannya dalam menemukan passion yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Beberapa minggu lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk ngobrol dengan Hanny Handayani, the owner of Body Fit Jakarta. Yes, she’s amazingly fit! Tapi, siapa sangka, perempuan cantik ini usianya sudah menginjak kepala empat? Sambil ngopi bareng di 1/15 Kemang beberapa waktu lalu, Hanny bercerita soal awal mula Bodyfit muncul di Jakarta, rahasia awet muda, dan bagaimana peran keluarga dalam mendukung passion yang ia jalani. Berikut obrolan kami:

 


View this post on Instagram

“You can be Fierce or You can be Strong”. . With STRONG by ZUMBA you can be both! Join SUNDAY SBZ with Hanny at 8.30 AM! SBZ will challenge you through the whole 60 minutes with bodyweight’s movement sync to the beats. . Other class to join: ZUMBA Kids with Yuniko at 8.30 AM. Don’t forget we have special offer for Family Package on weekend. See our story for details. Book your spot first. See you guys! • • • #bodyfitjkt #bodyfitters #bootcampjakarta #bootcamp #cardio #dance #fitfam #functionaltraining #grouptraining #goals #hiphop #jakartaselatan #muaythai #muaythaiclass #muaythaijakarta #muaythaikids #personaltrainer #pilates #pound #trx #trxtraining #tabata #sbz #strong #thefitwarehouse #yoga #workout #walkinstrongwalkoutstronger

A post shared by BODY FIT (@bodyfitjkt) on

CAREER

“Saya nggak pernah membayangkan akan berada dalam bisnis dengan bidang kebugaran seperti ini. Saya sudah banyak mencicipi berbagai macam jenis pekerjaan, mulai dari dunia agency sampai bisnis baju ala perempuan metropolitan. Suatu hari, disaat yang nggak terduga, saya jatuh sakit. Saat sakit itulah, saya mulai berpikir untuk menjalani hidup sehat. Karena sebagai seorang Ibu dari dua anak, saya harus sehat demi anak-anak saya. Saya ingin melihat anak-anak saya tumbuh dan berkembang. Saya ingin menikmatinya. Mulailah saya mencoba berbagai macam jenis olahraga, sampai akhirnya saya ketagihan dan merasa olahraga nggak cuma sebagai kebutuhan jasmani aja, tapi juga untuk kebutuhan jiwa  yang lebih bahagia. Kemudian saya berpikir untuk menyebarkan pengalaman saya ini kepada orang-orang di sekeliling saya dengan menjadikannya sebagai bisnis. Tekad saya sangat kuat, akhirnya saya mengikuti berbagai pelatihan untuk mendapatkan sertifikat sebagai trainer.”

PERSONAL STYLE

hany bf fd 1

Style saya apa ya? Hmm… edgy dan simpel! Walaupun style saya lebih edgy, tapi saya suka banget dengan stiletto heels! Untuk beberapa kesempatan saya selalu mengandalkan stiletto heels ini karena bisa mengubah tampilan jadi lebih rapi dan elegan.”

FIT N FAB

hanny bf fd 3

Sebagai instruktur olahraga, saya juga punya olahraga favorit. Olahraga favorit saya adalah boot camp. Walaupun rasanya seperti perjuangan tiada akhir, dan bagi beberapa orang cukup intimidating, bootcamp adalah olahraga yang paling efisien menurut saya. Olahraga yang fight banget tapi nggak boring, selain itu juga olahraga ini bersifat functional training. Ada alat-alat yang fungsinya khusus memang target ke otot dan dikemas dalam bentuk kardio. Fun banget tanpa menghilangkn esensi workout-nya. Selain bootcamp saya juga rajin menjaga pola makan, tapi saya sih nggak mau menyiksa diri, kalau dirasa asupan protein dan kebutuhan lainnya sudah dirasa cukup, saya nggak ragu untuk cheating makan sesuatu yang saya suka. Your diet, exercise routine and stress level lay foundation for how you feel. So fuel your body with good nutrition, break a little sweat each day and set aside time to unwind! I workout because i love my body.. and carbs! [Hahaha]. Intinya hidup harus dimaknai dengan bahagia, tapi tetap selalu memperdulikan kebutuhan diri sendiri dan lingkungan sekitar”

hanny bf 6

SKINCARE

“Saya nggak pernah mengikuti 10 Step Skincare Routine ala Korea, karena menurut saya ribet dan nggak praktis. Tapi begitu ada waktu luang, saya selalu menyempatkan diri untuk quality time di beauty clinic. Mulai dari facial, masker, dan lain-lain. Seperti kebanyakan perempuan pada umumnya, saya mengalami trial and error untuk urusan kecantikan. Terlahir dengan kulit berwarna sawo matang, sempat membuat saya obsesi terhadap produk yang menawarkan janji manis dengan embel-embel whitening.

Semua berawal dari lingkungan sekitar yang sering komentar dan menanyakan tentang warna kulit saya, sampai suatu waktu saya ke salon, dan beautician-nya nanya “mbak abis dari pantai ya?” dari situlah saya jadi tertarik banget dengan segala perawatan dengan konsep mencerahkan, pemutih, dan lain-lain. Berubah sih memang jadi lebih putih, but wait a minute, its not me. I have to face reality!

Sekarang saya jadi bangga banget dengan warna kulit saya yang tan ini. So, fokus saya sekarang adalah perawatan anti-aging, because I’m 42 now! Satu hal yang menurut saya penting dan ini adalah sebuah investasi jangka panjang, yaitu pemakaian sunscreen. Kalau ditanya apa sih salah satu rahasia kulit saya keliatan tetap muda, ya saya akan bilang salah satunya adalah nggak boleh skip pakai sunscreen, apalagi saya sering banget olahraga outdoor. Selain sunscreen, perlu juga disupport dengan vitamin seperti fish oil dan omega. Jadi, perawatan bukan hanya untuk tampilan luar tapi juga dalam”

LIFE AND RESOLUTION

 hanny bf 7

What sounds like a good day for me? Oke, setiap pagi, believe it or not, I don’t know what coffee makes you, but I’m a coffee person, sebelum minum kopi rasanya ada yang aneh dan hilang. Selain kopi, I love music. Jangan ketawa ya kalau saya suka hip hop dan R n B. Aku suka Drake, Rihanna, Dua Lipa, I know, agak ABG ya? Haha. Oke, terakhir selain musik dan kopi, kids are okay. Quality time dengan anak-anak adalah salah satu kunci yang bisa bikin kulit terlihat muda, karena selalu bersyukur dan bahagia. Ngomongin tentang resolusi, akhir tahun ini Body Fit lagi mempersiapkan perpindahan lokasi studio baru yang diharapkan nantinya perpindahan ini akan semakin membuat member Body Fit lebih nyaman karena lokasi yang lebih strategis. A new year, a new start