DIY Shimmering Setting Spray

Kalau kamu suka hasil makeup yang dewyDIY Shimmering Setting Spray murah meriah ini boleh dicoba.

Kamu lebih suka complexion makeup yang hasilnya matte atau dewy? Kalau saya personally lebih suka dewy makeup. Menurut saya, finish makeup yang dewy membuat kulit terlihat lebih sehat dan wajah lebih “hidup”. Pilihan hasil makeup ini juga dipengaruhi oleh kulit saya yang jenisnya sudah kering. Jadi kalau pakai makeup, pingin rasanya dapet riasan yang kelihatan glowing dan segar.

Saya biasanya menggunakan liquid illuminator atau highlighter powder saja di beberapa area wajah yang ingin ditonjolkan, untuk memberikan kesan dewy. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih cepat lho, yaitu memakai shimmering setting spray, atau setting spray dengan partikel shimmer di dalamnya. Partikel shimmer ini akan menangkap cahaya dan memberikan ilusi wajah tampak lebih berkilau sehat. Salah satu contoh produknya adalah MAC Prep and Prime Fix Plus Goldlite.

Baca juga: Budget Beauty: 3 Setting Spray Bagus Harga Terjangkau

diy shimmering face spray (19)

Saya mencoba membuat sendiri shimmering setting spray ini, dengan menggunakan produk-produk yang saya punya saja. Ini dia produk yang saya pakai:

  1. Setting Spray
    Saya memakai Pixy Aqua-Beauty Protecting Mist. Tapi pakai setting spay apapun bisa, kok. Yang penting mulut botolnya bisa dibuka dan kualitas sprayer-nya bagus.
  2. Highlighter/ Eyeshadow Powder yang mengandung shimmer.
    Saya memakai Inez Loose Eyeshadow Powder warna Sunstone Yellow. Memang sebaiknya pilih highlighter atau eyeshadow powder warna gold atau champagne atau pink muda, agar hasilnya natural. Saya sendiri lebih suka warna gold.
  3. Spatula
    Atau sendok kecil untuk memasukan bubuk eyeshadow ke dalam botol setting spay.

DIY ini merupakan percobaan kedua saya. Pada percobaan pertama, saya menggunakan glitter dari Ranee Cosmetics, namun gagal. Jadi ketika menggunakan glitter, partikelnya nggak mau keluar ketika setting spray saya pakai. Mungkin itu karena partikel glitter-nya terlalu besar, sehingga nggak lolos keluar dari sprayer-nya.

Baca juga: Cara Memakai Glitter Eyeshadow

diy shimmering face spray (18)

Cara membuatnya, masukan saja sedikit bubuk eyeshadow ke dalam botol setting spray. Untuk setengah botol Pixy Aqua-Beauty Protecting Mist ini, dengan volume kira-kira 30 ml, saya menggunakan empat scoop eyeshadow powder Inez. Kalau kamu nggak suka yang terlalu heboh shimmer-nya, takaran eyeshadow powder-nya bisa dikurangi.

Tutup botol spray dengan rapat, lalu kocok-kocok botol sampai kedua produk tersebut tercampur. Setelah itu produk siap digunakan. Jangan lupa untuk selalu mengocok botolnya sebelum digunakan, ya. Karena kalau didiamkan, cairan dan shimmer-nya akan memisah lagi.

Nah, ini dia hasilnya:

DIY shimmering face spray before after - Copy

before – after

Pada foto before, saya sengaja menggunakan matte finish foundation dan di-set dengan loose powder, dan nggak menggunakan highlighter sama sekali di wajah saya. Setelah di-spray dengan DIY Shimmering Setting Spray ini, finish-nya langsung berubah menjadi dewy, walaupun saya tidak menggunakan highlighter sama sekali.

Menurut saya, Shimmering Setting Spray ini sangat praktis sih. Kita nggak perlu pakai kuas dan nggak perlu ngaca juga untuk mengaplikasikannya. Setelah selesai makeup, cukup tutup mata dan spray ke seluruh wajah, lalu tunggu sebentar agar mengering. Dan hasilnya wajah akan kelihatan glowing secara instan.

Tapi tentu saja, shimmering makeup begini kurang cocok untuk yang kulitnya berminyak, apalagi untuk yang punya problem pori-pori besar dan tekstur kulit yang tidak merata. Untuk yang kulitnya berminyak, bisa mencoba DIY setting spray dengan menggunakan Aloe Vera Gel yang akan membuat hasil akhir makeup lebih matte.

Berminat mencoba?