Pensil Alis Viva Vs Fanbo. Mana yang Lebih Bagus? | Battle of The Week

Baru-baru ini, saya nyobain pensil alis dari Viva, untuk dibandingkan dengan pensil alis Fanbo andalan saya selama ini. Sama-sama murah meriah, kalau lebih bagus, siapa tahu bisa jadi pengganti.

Untuk membentuk alis, saya sih paling suka dengan produk berbentuk pensil. Bukan automatic brow pencil ya, tapi pensil alis konvensional yang bisa diraut. Menurut saya bentuk seperti itu membuat kita mudah menentukan ketajamannya. Hasil menggunakan pensil juga lebih natural dan menyerupai rambut alis asli bila dibandingkan eyebrow powder atau eyebrow cream.

Baca juga: Cara Membuat Alis Natural Dengan Pensil Alis

viva vs fanbo (11)

Dari dulu, pensil alis favorit saya adalah dari brand lokal dan harganya murah meriah, yaitu Fanbo Fantastic Eyebrow Pencil. Menurut saya sih pensil alis Fanbo ini warnanya hitamnya nggak terlalu kereng, dan teksturnya pas banget, sehingga nyaman diaplikasikan ke alis. Tapi Fanbo ini punya pesaing yang nggak kalah populer, yaitu Viva Queen Eyebrow Pencil. Pensil alis warna oranye dari Viva ini memang cukup legendaris, dan konon digunakan oleh banyak Makeup Artist terkenal, lho!

Daripada penasaran terus bagusan yang mana, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba pensil alis Viva ini, dan membandingkannya dengan pensil alis Fanbo yang sudah saya pakai sejak lama. Yuk, simak battle yang saya bikin antara pensil alis Viva vs Fanbo ini.

viva vs fanbo (7)

Warna

Saya sama-sama memilih shade Black atau hitam untuk pensil alis Viva maupun Fanbo, karena saya memang terbiasa memakai pensil alis warna hitam untuk menyesuaikan dengan warna rambut saya. Kalau dilihat perbandingan warnanya, perbedaannya nggak terlalu jauh. Tapi bisa dilihat dari swatch di tangan, bahwa Viva sedikit lebih pekat. Saya sendiri lebih menyukai warna pensil alis Fanbo yang hitamnya nggak terlalu pekat, jadi jatuhnya di alis masih natural.

Untuk informasi saja, Viva dan Fanbo sebenarnya mengeluarkan pensil alis warna cokelat taupe yang warnanya juga natural kalau dipakai untuk pemilik rambut hitam. Dari Fanbo namanya Fanbo Precious White Eyebrow Pencil Natural Grey, sedangkan dari Viva namanya Viva Queen Eyebrow Pencil Dark Brown. Sayangnya teksturnya berbeda dengan yang hitam. Keduanya punya tekstur keras dan kurang nyaman di alis saya, jadi saya tidak akan membandingkannya.

Baca juga: 3 Pensil Alis Bagus Terjangkau Untuk Si Rambut Hitam

 

Tekstur

Viva ini teksturnya lebih lunak dan lebih waxy dibandingkan Fanbo. Ketika di-swatch di punggung tangan, Viva ini mengeluarkan semacam bulir-bulir seperti berlilin. Tapi bukan berarti Fanbo ini teksturnya keras, ya. Pensil alis Fanbo teksturnya juga empuk dan nggak bikin kulit alis sakit. Cuma memang Viva lebih empuk lagi. Saya sih lebih suka Fanbo, karena lebih mudah dikontrol. Hasilnya di alis juga lebih natural yang Fanbo, karena nggak waxy.

viva vs fanbo (12) - Copy

Kemasan

Viva memiliki batang pensil berwarna oranye, dan Fanbo memiliki batang berwarna merah gelap. Jujur sih, secara estetika saya nggak suka design keduanya. Tapi warna yang mencolok ini sebenarnya punya kelebihan. Karena bentuknya pensil dan kecil, jadi produk ini sering tenggelam di antara berbagai macam produk makeup lain di pouch makeup saya. Untungnya warnanya yang mencolok ini membuat keduanya lebih mudah terlihat.

Ukuran batang pensil Viva sedikit lebih slim dibandingkan pensil alis Fanbo. Pensil alis Fanbo ini ukurannya seperti pulpen pada umumnya, sedangkan Viva memang cenderung lebih kecil. Buat saya sih, bentuk batang pensil Viva yang terlalu slim membuat produknya sering meleset ketika saya pegang. Jadi saya sendiri lebih nyaman dengan bentuk batang pensil alis Fanbo.

 

Harga

Fanbo Fantastic Eyebrow Pencil ini saya dapatkan dengan harga Rp26.000,- saja, sedangkan Viva Queen Eyebrow Pencil saya beli dengan harga Rp32.000,-. Keduanya saya dapatkan di toko kosmetik lokal. Fanbo sedikit lebih murah daripada Viva, tapi menurut saya perbedaannya nggak terlalu signifikan.

 

viva vs fanbo (4)

Hasil Ketika Dipakai

Menurut saya, hasilnya di alis sih sama saja. Meskipun Viva ini warnanya lebih pekat dan teksturnya lebih empuk dan waxy, namun dengan tekanan yang tepat, kita bisa dapatkan hasil yang senatural Fanbo, kok. Cuma kalau dari kenyamanan saat pemakaian, saya lebih suka Fanbo karena lebih mudah diaplikasikan.

 

Setelah mencoba keduanya, pilihan saya tetap jatuh kepada Fanbo Fantastic Eyebrow Pencil. Tapi bukan berarti Viva Queen Eyebrow Pencil jele, ya. Viva bagus juga kok, saya nggak ada masalah juga menggunakan pensil alis Viva. Mungkin Viva ini bisa dijadikan pengganti seandainya saya sedang nggak bisa menemukan Fanbo, karena memang counter Fanbo lebih susah dicari dibandingkan Viva.

Kalau pensil alis andalan kamu apa?