Polusi Juga Menyebabkan Penuaan Dini?

Nggak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, ternyata polusi juga menyebabkan penuaan dini?

Siapa di sini yang juga langganan ojek online seperti saya? Pasti banyak yang memilih moda transportasi ini untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Memang jadi lebih cepat sampai tujuan sih, sayangnya di sisi lain kulit kita jadi semakin sering terpapar sinar matahari dan tentunya juga polusi.

Apa yang terjadi pada kulit wajah yang sering terkena paparan polusi? Tentunya akan mudah terlihat kusam akibat partikel debu yang menempel ke wajah. Selain itu, produksi keringat dan sebum berlebih yang teroksidasi juga berpotensi jadi bibit-bibit jerawat dan membuat tampilan pori terlihat lebih besar. Apabila terpapar polusi terus-menerus, akan muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit kita. Namun, hal ini bukan berarti nggak bisa dihindari, lho. Agar lebih bisa mengurangi dampak polusi pada kesehatan kulit kita, ada beberapa langkah skincare yang wajib dilakukan.

Deep Cleansing

Melakukan deep cleansing is a must! Saya sendiri pernah diingatkan seorang dermatologist untuk selalu langsung membersihkan wajah begitu sampai di tempat tujuan setelah naik ojek online agar kotoran dan debu nggak terlalu terserap ke dalam pori. Sebaiknya, kita pilih cleanser yang gentle dan nggak menghilangkan minyak alami kulit, seperti Camomile Sumptuous Cleansing Butter favorit saya dan Ochell serta untuk second cleanser bisa pilih Vitamin E Gentle Facial Wash. Kaya akan kandungan wheat germ oil dan Community Trade soya oil, facial wash ini bisa membersihkan kotoran, debu, dan minyak tanpa membuat wajah terasa kering dan ketarik.

Setelah pakai facial wash, untuk memastikan kulit sudah benar-benar bersih dari polusi dan sel kulit mati, eksfoliasi perlu dilakukan. Nggak mau yang berbentuk scrub? Peeling gel seperti Drops of Youth Liquid Peel bisa jadi alternatif yang lebih lembut sekaligus membantu kulit lebih siap untuk step skincare berikutnya.

IMG_8588

Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask yang mengandung matcha, organic aloe vera, dan ekstrak dandelion yang super soothing dan membuat wajah terasa segar. Suka minum matcha tea? Nah, manfaat antioksidan dari matcha dalam masker ini juga bisa memberikan kulit kita perlindungan lebih dari efek penuaan dini akibat polusi. Agar nggak over-cleanse, step ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu saja, ya.

Hydrating Toner

Hydrate, hydrate, hydrate! Setelah eksfoliasi, hidrasi kulit perlu dikembalikan dengan Vitamin E Hydrating Toner yang tinggi antioksidan sehingga dapat membuat kulit menjadi supple dan terlindung dari paparan radikal bebas.

ECF9C4FF-9087-474F-8C8B-BB99C9B92406

Perlindungan Ekstra

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah memberikan kulit kita perlindungan ekstra. Drops of Youth™ Concentrate will give you that extra boost of protection! Kandungan antioksidannya membantu meregenerasi sel kulit dan menangkal tanda-tanda penuaan dini akibat polusi. Pair it with Skin Defence Multi Protection Essence SPF 50 PA++++ and you’re good to go!

Pakai Face Mist

Butuh hidrasi ekstra di tengah hari? Face mist is your best friend. The Body Shop Mint Mattifying Face Mist memberikan efek hidrasi instan dan bisa dipakai setelah makeup. Ekstrak aloe vera dan mint bikin wajah langsung terasa segar!