banner-detik

dark spots brightening

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia! Hati-Hati, Polusi Bisa Sebabkan Penuaan Dini!

seo-img-article

Nggak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, ternyata polusi juga menyebabkan penuaan dini!

Siapa di sini yang juga langganan ojek online seperti saya? Pasti banyak yang memilih moda transportasi ini untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Memang jadi lebih cepat sampai tujuan, sih. Sayangnya, di sisi lain kulit kita jadi semakin sering terpapar sinar matahari dan tentunya juga polusi.

kualitas udara jakarta berpolusi

Apalagi, belakangan ini indeks kualitas udara di Jakarta sangat buruk. Bahkan, Indonesia sempat menjadi negara dengan kualitas udara terburuk di dunia. Miris banget, ya? Tentunya udara yang dicemari polusi ini bisa menyebabkan banyak hal buruk, mulai dari gangguan pernafasan, flu akibat polusi, dan masih banyak lagi. Namun, bukan hanya itu saja, polusi juga bisa berpengaruh buruk buat kulitmu, lho.

Baca juga: UV Index di Indonesia Makin Tinggi! Ini Cara Melindungi Kulitmu Agar Nggak Terkena Risikonya!

Nah, apa saja ya yang terjadi pada kulit wajah ketika sering terkena paparan polusi? Tentunya akan mudah terlihat kusam akibat partikel debu yang menempel ke wajah. Selain itu, produksi keringat dan sebum berlebih yang teroksidasi juga berpotensi jadi bibit-bibit jerawat dan membuat tampilan pori terlihat lebih besar. Apabila terpapar polusi terus-menerus, akan muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit kita. Namun, hal ini bukan berarti nggak bisa dihindari, lho. Agar lebih bisa mengurangi dampak polusi pada kesehatan kulit kita, ada beberapa langkah skincare yang wajib dilakukan.

Deep Cleansing

Melakukan deep cleansing is a must! Saya sendiri pernah diingatkan seorang dermatologist untuk selalu langsung membersihkan wajah begitu sampai di tempat tujuan setelah naik ojek online agar kotoran dan debu nggak terlalu terserap ke dalam pori. Sebaiknya, kita pilih cleanser yang gentle dan nggak menghilangkan minyak alami kulit, seperti cleansing balm yang ampuh untuk mengangkat seluruh makeup, serta sisa debu dan kotoran yang menempel di kulit. Untuk second cleansernya, bisa pilih yang melembapkan kulit seperti The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash. Kaya akan kandungan wheat germ oil dan Community Trade soya oil, facial wash ini bisa membersihkan kotoran, debu, dan minyak tanpa membuat wajah terasa kering dan ketarik.

skincare untuk menangkal polusi

Setelah pakai facial wash, untuk memastikan kulit sudah benar-benar bersih dari polusi dan sel kulit mati, eksfoliasi perlu dilakukan. Nggak mau yang berbentuk scrub? Peeling gel seperti Drops of Youth Liquid Peel, The Aubree Watermelon Smooth Peeling Gel, Seca Skin Renewal Mild Exfoliating Gel, maupun Scarlett Peeling So Good bisa jadi alternatif yang lebih lembut sekaligus membantu kulit lebih siap untuk step skincare berikutnya.

IMG_8588

Selain pakai peeling gel, kamu juga bisa melengkapi rangkaian skincare dengan penggunaan masker. Bisa dimulai dengan cleansing mask, seperti milik The Body Shop yaitu Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask yang mengandung matcha, organic aloe vera, dan ekstrak dandelion yang super soothing dan membuat wajah terasa segar.

masker untuk menangkal polusi

Selain itu, kamu juga bisa mencoba masker lain dengan kandungan charcoal yang bagus untuk mengangkat kotoran dan membersihkan pori-pori, misalnya Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask. Kedua bahan tersebut juga mengandung antioksidan yang bisa memberikan perlindungan lebih dari efek penuaan dini akibat polusi. Agar nggak over-cleanse, step ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu saja, ya.

Baca juga: Udara Jabodetabek Memburuk, Ini 5 Skincare Anti Polusi yang Bisa Melindungi Kulitmu!

Hydrating Toner

Hydrate, hydrate, hydrate! Setelah eksfoliasi, hidrasi kulit perlu dikembalikan dengan menggunakan hydrating toner. Pilihlah hydrating toner yang tinggi antioksidan sehingga dapat membuat kulit menjadi supple dan terlindung dari paparan radikal bebas.

Perlindungan Ekstra

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah memberikan kulit kita perlindungan ekstra. Pakailah sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi, supaya bisa melindungi kulitmu secara maksimal. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa lho mencari sunscreen yang mengandung antioksidan agar bisa memperlambat munculnya tanda penuaan dini!

Baca juga: Soobin TXT Spill Skincare Routine yang Bikin Kulit Flawless, Pakai Apa Saja Ya?

Pakai Face Mist

face mist menyegarkan di saat ada polusi

Butuh hidrasi ekstra di tengah hari? Face mist is your best friend. Kamu bisa memilih face mist yang memberikan efek hidrasi instan dan bisa dipakai setelah makeup. Selain itu, cobalah memilih face mist dengan kandungan ekstrak aloe vera dan mint yang bisa bikin wajah langsung terasa segar!

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit yang sering terpapar polusi. Mulai sekarang, jangan abaikan

 

Image: Dok. Female Daily, Iqair, Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment