banner-detik

makeup

Tips Memasang Bulu Mata Palsu Untuk Pemula

seo-img-article

Buat pemula, coba ikuti 5 tips di bawah ini agar lebih mudah saat memasang bulu mata palsu.

Hampir di setiap makeup tutorial yang saya lihat, pasti memakai bulu mata palsu sebagai pelengkap look-nya. Kalau nggak pakai fake eyelashes tuh rasanya memang riasan terlihat kurang hidup. Namun walau banyak menemukan tutorial makeup untuk pemula, saya rasanya belum pernah menemukan tips memasang bulu mata palsu untuk pemula, lho! Padahal saya ingat betul, salah satu alat makeup yang lama sekali saya pelajari pengaplikasiannya adalah memasang fake lashes ini.

Memang sih, dalam hal ini sering-sering berlatih dan mempraktikkan sendiri adalah cara yang paling benar agar cepat mahir memasang bulu mata palsu. Tapi saya juga punya beberapa tips bagi teman-teman yang sedang belajar memasang fake lashes.

tips bulu mata palsu (1)

1. Pilih produk yang berkualitas

Dulu waktu masih belajar, saya lebih memilih membeli bulu mata palsu tanpa merek, yang perlusin harganya dua puluh lima ribu saja. Lem bulu mata juga saya pilih yang murah-murah, sepuluh ribuan, yang saya bahkan lupa mereknya apa. Tapi ternyata, memilih produk asal-asalan begitu bikin saya nggak bisa-bisa memasang fake eyelashes dengan baik.

Bulu mata lusinan tanpa merek yang saya beli dulu punya tulang yang terlalu lemas dan nggak bisa mengikuti bentuk kelopak mata. Jadi nggak bisa langsung rapi begitu diletakkan di kelopak mata, harus dirapikan dulu dan itu susah. Lalu lem yang murah juga susah sekali diratakan di tulang bulu mata dan mudah menggumpal.

Saya baru sadar kalau pilihan fake eyelashes dan lem bulu mata saya salah, ketika pertama kali mencoba fake eyelashes merek D’Eyeko. D’Eyeko ini punya kualitas bulu mata dan juga lem yang bagus. Tulang bulu matanya lentur, namun gampang mengikuti lekuk kelopak mata, jadi sekali diletakkan, akan langsung rapi.

Untuk kamu yang masih pemula, saya sendiri merekomendasikan beli mata merk Ardell atau Blink Charm. Keduanya itu adalah merk bulu mata favorit saya. Kualitasnya bagus dan mudah sekali ditemukan di drugstore atau departement store mana pun.

 

2. Pakai eyeliner warna hitam

Kalau melihat makeup tutorial dari beauty guru di youtube, terkadang mereka langsung memasang bulu mata palsu, tanpa memakai eyeliner dulu sebelumnya. Tapi percaya deh, garis eyeliner di kelopak mata bagian atas, akan sangat membantu kita memperkirakan peletakan bulu mata palsu. Garis eyeliner ini juga akan sedikit menyamarkan bila bulu mata palsu yang kita pasang tidak terlalu rapi.

Saya sendiri pun, sampai saat ini, masih kesusahan bila harus memasang bulu mata palsu, tanpa memakai eyeliner dulu sebelumnya. Jadi kalau sedang full makeup, buat saya eyeliner is a must!

 tips bulu mata palsu (3)

3. Oleskan lem bulu mata secara merata ke seluruh tulang bulu mata palsu

Saya sering melihat tips mengoleskan lebih banyak lem pada bagian ujung-ujung bulu mata palsu. Tapi menurut saya, cara tersebut kurang tepat, sih. Yang tepat adalah, oleskan merata sama banyaknya di seluruh tulang bulu mata palsu. Karena kalau hanya bagian ujung yang melekat, bagian tengahnya bisa copot dan terlihat jelek.

Setelah mengoleskan lem ini, jangan lupa untuk mengangin-anginkannya dulu sebentar sampai lem berubah warna menjadi transparan kebiruan. Karena kalau begitu dioles langsung dipasang, fake eyelashes tidak akan melekat sempurna.

 4. Pegang bulu mata dengan cara yang benar

Jepit bagian tengah bulu mata dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Ibu jari berada pada sisi bulu mata bagian atas. Cara ini sangat memudahkan saya untuk memasang bulu mata. Dan untuk saya pribadi sih, lebih mudah menggunakan cara ini dibandingkan memakai pinset. Saya malah suka khawatir kecolok kalau pakai pinset untuk memasang bulu mata :D.

Lalu tempelkan dulu bagian tengah bulu mata. Bila bagian tengah tulang bulu mata palsu sudah menempel dengan tepat, baru tempel dan rapikan kedua ujung-ujungnya.

 tips bulu mata palsu (2)

5. Lakukan dengan posisi kaca berada di bawah

Ini juga akan memudahkan kita melihat apakah bulu mata palsu sudah terpasang dengan tepat atau belum. Biasanya saya memakai bantuan kaca kecil, yang saya pegang di bagian bawah. Lalu posisikan kepala sedikit mendongak, dengan bola mata melirik ke arah bawah/ arah kaca.

 

Dan yang paling penting, jangan lupa untuk terus berlatih ya. Karena practise makes perfect!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment