Tencel, Bahan Sheet Mask yang Lebih Ramah Lingkungan

Sheet mask termasuk dalam self-care routine kamu? Yuk, kenalan dengan bahan Tencel dari Lenzing yang lebih ramah lingkungan!

Bagi saya dan banyak skincare enthusiasts lainnya, sheet mask adalah salah satu skincare product favorit. Sensasi soothing dan hydration boost-nya instan banget. Bahkan beberapa sheet mask juga bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dalam sekali pemakaian saja. Nggak perlu repot mencampur adonan dan membilas seperti wash-off mask, sheet mask juga sering dipilih karena pas banget untuk mengisi self-care routine saat lagi pingin menghabiskan me-time. Setuju, nggak?

Sayangnya, kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya sheet mask juga punya ‘sisi kelam’nya. Semakin sering kita menggunakannya dalam skincare routine, akan semakin menumpuk juga limbahnya. Jadinya enggak eco-friendly banget, ya. Well, to quit sheet masking cold turkey is not an easy way out for me. Untungnya masih ada nih solusinya agar kita tetap bisa memenuhi kebutuhan kulit ini tanpa harus merusak Bumi, yaitu menggunakan sheet mask yang berbahan Tencel.

Belum lama ini, saya berkesempatan untuk datang ke Lenzing Center of Excellence di Purwakarta untuk melihat langsung proses pembuatan berbagai kain dengan bahan dasar viscose fiber. Yang paling menarik perhatian saya tentu saja Tencel dan Veocel yang sering dipakai sebagai bahan kain untuk perawatan tubuh dan kecantikan.

LCoE 11

Proses pengolahan serat viscose di Lenzing Center of Excellece Purwakarta

Apa sih kelebihannya? Bahan Tencel dan Veocel dari Lenzing adalah bahan non-woven yang proses pembuatannya menggunakan viscose fiber. Berbeda dengan cotton yang diambil dari pohon kapas yang masa panennya hanya setiap enam bulan sekali, viscose fiber milik Lenzing menggunakan serat pohon eucalyptus dari hutan di Afrika yang dikelola Lenzing dengan mementingkan sustainability.

tencel sheet mask

Selain itu, Tencel merupakan bahan yang nggak mudah robek dan daya serapnya tinggi. Jadi, essence dari sheet mask yang menggunakan Tencel akan lebih tahan lama dan nggak mudah menguap. It also adheres onto the face very well! Sheet mask berbahan Tencel milik Lenzing yang sudah pernah saya coba sendiri adalah keluaran Mentholatum Beauty MaskVivelle, dan Emina. Keduanya nyaman dipakai dan nggak mudah lepas. Veocel sendiri menggunakan cellulose fiber Lyocell yang sangat higienis, lebih halus, dan saking tipisnya, terlihat transparan. Nah, klaimnya bahan ini juga ramah lingkungan bahkan bisa terurai di dalam tanah dalam 12 minggu, lho.

Meskipun memang kebanyakan sheet mask masih dibungkus kemasan plastik, setidaknya kita masih bisa mengurangi sampah dengan menggunakan sheet mask yang bahannya lebih mudah terurai di tanah. Baby steps, ladies. Baby steps.

Sudah pernah pakan sheet mask berbahan Tencel dan Veocel, share favoritmu di bawah ya!