FD Little Notes: Semua Tentang Kulit Kering

Kali ini FD bakal bahas semua hal yang berkaitan dengan tipe kulit kering!

Walau mungkin kulit kering nggak sepopuler kulit berminyak, tapi masih banyak juga yang nanya ke FD tentang beragam perawatan yang baiknya dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Kalau kamu adalah salah satu dari geng kulit kering, coba intip semua hal yang perlu kamu ketahui tentang tipe kulit yang satu ini.

Ini Alasan Kenapa Gold Bagus untuk Kulit-3

Perawatan Wajah

Sebelum masuk ke perawatan wajah seperti apa yang harus kamu lakukan, kamu wajib tahu dulu apa sih sebenarnya tipe kulitmu itu. Jangan sampai kamu menduga-duga dan akhirnya mengaplikasikan produk yang salah. Nah, supaya kamu nggak bingung memilih skincare untuk mengatasi kulit kering dan dehidrasi, FD punya 5 panduan khusus untuk memudahkan perawatan wajah kamu sehari-hari. Kamu juga bisa baca rekomendasi skincare untuk kulit kering dari member FD yang udah sering banget bikin review di FD App, cleanser untuk kulit kering di bawah 100 ribu, skincare ampuh untuk kulit dermatitis atopic, dan 5 produk pembersih wajah favorit Amal yang juga memiliki kulit wajah kering. Atau kalau kamu lagi nggak mood membaca, coba saja tonton video tentang skincare routine untuk kulit kering kamu.

Nah, karena kulit kering itu biasanya rentan teriritasi dan menjadi sensitif, maka ada baiknya juga kamu memilih produk eksfoliasi yang lembut dan aman untuk kulit kering, seperti  lipohydroxy acid yang konon bagus digunakan oleh penderita penyakit kulit rosacea dan efektif untuk mengatasi jerawat. Untuk pilihan moisturizer, kamu juga bisa mencoba produk yang mengandung shea butter untuk bantu mengatasi kekeringan di wajah. Atau, kalau kamu ada waktu luang di rumah, coba aja DIY masker yogurt dan face oil yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan bukan dari bawaan lahir. Jadi, kulit yang kering juga bisa diakibatkan oleh faktor ekstrenal, seperti misalnya memakai produk-produk yang terlalu abrasif di kulit. Efeknya? Kulit yang terlalu kering bisa memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Untuk menghindarinya, kamu bisa ikuti 3 langkah mudah ini.

memencet-jerawat-female-daily-1

Kulit Kering Juga Rentan Jerawat

Siapa bilang jerawat cuma bisa muncul di atas kulit yang berminyak? Kalau kamu sempat baca ceritanya Netta soal kulit kering berjerawat, kamu pasti paham kebingungan akan hal ini. Ternyata, bukan cuma tumpukkan minyak saja yang bisa bikin jerawatan, tapi kekurangan sebum juga bisa menciptakan ‘celah’ pada kulit sehingga bakteri lebih mudah masuk. Tapi, gimana dong caranya mengatasi kulit kering berjerawat? Bukannya produk-produk anti-acne itu malah punya efek mengeringkan, ya? Nah pertama-tama, coba kembalikan kekuatan skin barrier kamu dengan aplikasi produk yang bisa membantu menghidrasi kulit. Lalu setelahnya, cari produk perawatan jerawat dengan ingredients tertentu yang nggak bikin kering kulit. Masih juga malas membaca? Baiklah… kita juga punya kok video tentang skincare routine kulit kering berjerawat ini.

Tips dan Tutorial Makeup Millennials-5

Rangkaian Makeup yang Pas

Salah satu masalah dengan kulit kering adalah aplikasi makeup yang kadang sulit menempel, cracking ataupun patchy. Tapi, hal tersebut tentunya akan lebih mudah diatasi apabila kamu mengaplikasikan skincare dengan baik, sehingga membuat kulit lebih terhidrasi dan menjadikan makeup menempel dengan lebih mudah. Biasanya, untuk perempuan yang memiliki tipe kulit normal atau berminyak, mereka akan mengaplikasikan primer sebelum menggunakan makeup lainnya. Nah, bagaimana dengan si pemilik kulit kering? Ada yang pro, dan ada juga yang kontra sih soal hal ini. Kalau kamu tetap ingin mencoba pakai primer supaya makeup lebih tahan lama, cek aja beberapa primer drugstore yang sempat dicoba oleh member FD. Atau kalau kamu ingin skip tahapan ini, coba deh trik aplikasi pelembap yang rich di wajah dan dilanjutkan dengan foundation setelah bedak agar makeup lebih tahan lama. Oh ya, ada juga beberapa tips makeup lainnya yang bisa kamu coba, seperti trik supaya foundation kelihatan lebih mudah dibaur pada wajah, gimana caranya mengaplikasikan bedak pada kulit wajah yang kering, sampai trik menghindari foundation yang cracking pada kulit kering.

Nah, kalau kamu udah tahu trik aplikasi makeup-nya, FD juga punya beragam pilihan produk yang bisa kamu coba. Mulai dari 5 foundation favorit rekomendasi Amalfull coverage foundation, drugstore foundationfoundation semi-matte, BB Cream lokal yang nggak kalah kece, two way cake, sampai setting powder yang ramah di kantong.
perawatan-kulit-kering-muim-hujan-featured

Jangan Lupakan Perawatan Tubuh

Kalau udah fokus di kulit wajah, biasanya kita suka lupa sama kulit di area lainnya. Termasuk badan. Nah, berhubung sekarang sudah mulai masuk musim penghujan, biasanya kulit suka jadi lebih kering daripada biasanya, karena cuaca menjadi lebih dingin. Coba deh trik yang sempat ditulis oleh Netta ini, dan coba lirik beberapa pilihan produk perawatan tubuh yang pas buat kulit kering, seperti body oil lokal, LUSH Karma Kream favorit Ochell, hand lotion, hingga body lotion yang juga sama ampuhnya dengan body butter!

Kalau kamu memiliki kulit yang kering juga, ada rekomendasi produk atau trik apa yang biasanya mantul banget di kulit kamu? Share di bawah ya!