Rangkaian The Body Shop Tea Tree untuk Permasalahan Jerawat

Tea tree essential oil, menjadi salah satu kandungan bahan aktif yang diandalkan di dalam skincare untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat. Namun sebenarnya apa sih tea tree essential oil ini dan bagaimana cara kerjanya? Semua akan dibahas di sini!

Sebelum Alpha Hydroxy Acid, Beta Hydroxy Acid, dan bahan aktif lainnya hadir, tea tree atau Melaleuca alternifolia adalah bahan aktif alami yang digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan antiseptik di dalam tea tree essential oil dapat membantu meredakan inflamasi akibat jerawat serta mencegah pertumbuhkembangan bakteri penyebab jerawat.

Nah, kalau ngomongin tea tree essential oil, produk atau brand yang ikonis adalah Tea Tree Oil dari The Body Shop. Hampir semua teman saya yang punya permasalahan jerawat pasti pernah menggunakan TBS Tea Tree Oil ini. Saking populernya, The Body Shop Tea Tree Oil ini merupakan spot treatment dengan review terbanyak dan memenangkan Female Daily Best of Beauty Awards tahun 2017 lalu.

Dua tahun belakangan, kandungan tea tree memang sempat kalah pamor dengan kandungan acid yang lagi populer sekarang ini. Namun sejak pertengahan tahun ini, saya lihat kandungan tea tree essential oil pelan-pelan mulai kembali populer dan makin banyak brand-brand yang menghadirkan rangkaian skincare dengan kandungan ini. Melihat tea tree kembali populer, saya pun mulai tertarik untuk mencobanya karena saya penasaran sekali apakah kandungan ini ampuh untuk membantu mengatasi jerawat dan dapat menyamarkan bekas jerawat pada wajah.

Saya pun memutuskan untuk mencoba satu rangkaian penuh Tea Tree dari The Body Shop ini, mulai dari facial wash, toner, pre-serum, serum, pelembap siang, pelembap malam, dan spot treatment. So here’s my experience using full range TBS Tea Tree.

TBS Tea Tree Oil Series untuk jerawat

Facial Wash

Facial wash ini memiliki tekstur gel berwarna hijau dan memiliki wangi ciri khas tea tree yang segar. Beda dari facial wash pada umumnya, produk yang memiliki nama lengkap Tea Tree Skin Clearing Facial Wash ini nggak menghasilkan busa yang terlalu banyak, makanya setelah menggunakan facial wash ini kulit nggak terasa kencang atau kering. Sebaliknya, yang saya rasakan setelah menggunakan facial wash ini adalah kulit terasa halus, kulit tampak tidak terlalu berminyak di tengah hari, dan tidak terasa kering sama sekali!

Balancing Toner

Sesuai namaya, toner ini berfungsi untuk mengembalikan pH alami kulit sekaligus mencegah produksi minyak berlebih pada wajah. Toner ini juga dilengkapi dengan mattifying powders untuk membuat tampilan kulit menjadi matte sepanjang hari. Cara penggunaannya seperti toner pada umumnya, yaitu menggunakan kapas. Aplikasikan dengan cara penepuk perlahan ya, hindari menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan kulit teriritasi.

Pre-serum

Tidak terlalu banyak pre-serum dengan kandungan tea tree di pasaran, namun kamu harus mencoba pre-serum yang satu ini! Sensasi dingin menyegarkannya dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Tidak hanya itu, penggunaan rutin juga dapat membuat noda bekas jerawat tersamarkan. Kamu bisa menggunakan ini sebagai pre-serum maupun serum, lho! Jika kamu menggunakan serum lain, gunakan produk ini sebagai pre-serum yang berfungsi untuk mempersiapkan kulit, sehingga serum lainnya lebih cepat menyerap.

Serum

Sebelum melanjutkan menggunakan rankaian tea tree lainnya, saya menyelipkan serum yang satu ini. Kenapa? Selain bahan aktif, kulit saya membutuhkan kandungan-kandungan yang bisa membantu melembapkan dan mempercepat regenerasi kulit. Ada tiga kandungan utama pada Drops of Youth ini, yaitu edelweiss yang berfungsi membantu memperkuat skin barrier, kemudian ada juga kandungan sea holly yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, dan criste marine yang berfungsi untuk membantu memperbarui sel-sel kulit, sehingga ketiga bahan alami ini dapat melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Sudah tahu kan, kalau produk ini di-rave di Female Daily?

Day Moisturiser

Ada opini yang salah mengenai kulit berminyak, yaitu kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Kulit berminyak pun sebaiknya menggunakan pelembap khusus kulit berminyak yang bertekstur gel dan oil-free. Tea Tree Mattifying Lotion ini hadir dalam bentuk gel sehingga terasa lebih ringan, cepat menyerap, dan nggak terasa berminyak pada wajah. Sensasi pertama yang saya rasakan saat menggunakan pelembap ini adalah kulit terasa dingin dan segar. Ketika pelembap ini sudah menyerap kulit, langsung terasa halus dan velvety.

Night Moisturiser

Malam hari adalah saat yang tepat untuk menggunakan pelembap yang memiliki tekstur lebih padat dibandingkan  dengan mattifying lotion. Kenapa dibuat berbeda? Pada malam hari, kulit kita membutuhkan pelembap yang lebih rich untuk membantu agar regenerasi kulit dan perbaikan kulit yang lebih maksimal seperti Tea Tree Night Lotion. Walaupun teksturnya lebih padat, night lotion ini tetap terasa ringan di wajah, kok.

Spot Treatment

The star of the collection! Spot treatment ini mengandung tea tree essential oil sebanyak  15%, sehingga ampuh digunakan untuk membantu meredakan jerawat yang sedang meradang. Cara penggunaan oil ini sendiri bukan dibaurkan ke seluruh wajah, tapi hanya pada bagian jerawat saja. Produk ini efektif untuk meredakan jerawat karena cara kerja tea tree adalah membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, jangan berharap jerawat langsung hilang dalam semalam ya! Kamu butuh beberapa hari sampai jerawat kering.

Dari semua rangkaian ini, produk yang paling saya suka adalah Clearing Facial Wash, Skin Clearing Daily Solution, Tea Tree Oil, dan Tea Tree Mattifying Lotion. Menurut saya, keempat produk ini paling efektif untuk meredakan permasalahan jerawat pada kulit saya.

Kalian sudah ada yang coba rangkaian The Body Shop Tea Tree? Produk mana yang paling kalian suka?