Skincare Basic yang Wajib Kamu Punya

Walau sekarang sudah mulai banyak produk perawatan wajah lalu lalang di media sosial, tapi beberapa produk ini harus tetap ada di skincare cabinet kamu!

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan skincare layering dengan 7-11 tahapan, ada baiknya untuk mengetahui kebutuhan mendasar dari kulitmu terlebih dahulu. Hal ini bisa dimulai dengan mencari tahu apa sebenarnya tipe kulit dan permasalahan kulit yang kamu hadapi, bukan cuma sebatas dari berapa usia kita.

Kenapa sih mengenal tipe dan kebutuhan kulit itu penting? Well, sama halnya seperti bagian tubuh yang lain, kulit kita juga sebenarnya akan selalu mengalami perubahan. Hal ini disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari paparan sinar UV, polusi, hormon, stres, bahkan sampai perubahan cuaca. Nah, kalau kita sendiri sudah tahu apa sebenarnya yang kulit kita butuhkan, maka perubahan apapun yang terjadi pada kulit juga bisa diatasi dengan baik. Hal ini lah yang akhirnya bisa membuat kamu mendapatkan kulit yang lebih sehat terawat. Untuk itu, sebenarnya ada beberapa skincare basic wajib punya yang nggak boleh kamu tinggalkan

Sebelum membahas apa aja sih skincare basic yang wajib dimiliki itu, ada satu tips nih untuk kamu. Walaupun skincare yang basic itu memang nggak perlu ‘rumus’ ribet, tempat membelinya harus dipastikan di gerai yang selalu menjual produk asli dan kualitasnya terjamin. Pastikan juga produk tersebut punya nomor BPOM dan perhatikan tanggal kadaluarsanya. Kenapa? Soalnya produk yang tidak asli justru bisa menjadi sumber masalah buat kulit kamu. Salah satu store yang bisa kita percaya untuk cari beragam must have items dari basic skincare tersebut adalah Guardian. Guardian beauty & health store ini juga mudah ditemukan, karena ada di kebanyakan mall. Serunya lagi, di tanggal 25-28 Oktober 2018 ini ada Guardian Beauty Days, di mana semua produk skincare yang ada di Guardian lagi diskon 30%. Kesempatan emas kan untuk hunting produk skincare kamu?

Beauty Days Icon Set-02

 

Nah… karena ada kesempatan untuk belanja skincare basic dengan harga yang lebih murah, sekarang coba intip deh list produk skincare basic yang wajib kamu punya untuk perawatan kulitmu sehari-hari.

Cleanser

Buat saya, pembersih wajah punya peranan yang sangat krusial. Kenapa? Karena ritual perawatan wajah akan diawali dengan kulit yang dibersihkan dengan baik, supaya bisa menerima benefit dari skincare selanjutnya dengan lebih maksimal. Pastinya nggak kebayang dong kalau kamu akan mengaplikasikan pelembap di atas kulit wajah yang masih terpapar polusi setelah turun dari ojek online. Ugh, so greasy!

Nah, untuk membersihkan wajah juga jangan sampai lupa melakukan double cleansing. Ritual ini tuh cukup penting untuk dilakukan, supaya sisa makeup dan sunscreen yang menempel di wajah bisa terangkat dengan bantuan 1st cleanser yang biasanya berbasis minyak. Setelah itu, baru deh aplikasikan 2nd cleanser kamu—yang biasanya water based—untuk proses membersihkan dengan lebih mendalam.

Moisturizer

Kulit wajah yang sehat adalah kulit wajah yang kelembapannya terjaga dengan baik, sehingga sel-sel di dalamnya bisa bekerja dengan optimal. Untuk itu, kamu juga nggak bisa asal-asalan saat memilih pelembap wajah. Perhatikan jenis kulit kamu terlebih dahulu, supaya tidak timbul reaksi seperti jerawat atau bahkan dehidrasi. Buat kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak, pastikan untuk tidak memilih pelembap yang terlalu rich dan gunakanlah pelembap bertekstur gel yang ringan dan akan menyerap lebih mudah. Sebaliknya, jika tipe kulit kamu cenderung kering, gunakan pelembap yang bertekstur creamy untuk membantu memberikan hidrasi dengan baik.

penggunaan eye cream

Eye Cream

Walau eye cream masih seringkali jadi perdebatan penting atau tidak untuk digunakan, tapi menurut saya ini adalah salah satu produk penting untuk dimasukkan ke dalam ritual perawatan wajah. Selain memang kulit di area mata juga lebih tipis dan sensitif dibanding area kulit wajah lainnya sehingga diperlukan krim khusus yang berbeda, aplikasi eye cream bisa membantu membuat tampilan kamu jadi lebih segar. Memang sih, rata-rata harga eye cream itu cenderung lebih mahal, tapi untuk mendapatkan produk yang berkualitas kamu juga tetap bisa mencari pilihan eye cream dengan harga yang lebih terjangkau ini di drugstore terpercaya, seperti misalnya Guardian. Pastikan saja pas kamu pilih eye cream, formulanya bisa bantu menghidrasi area kulit mata dengan baik, kaya akan antioksidan, dan tidak mengandung pewangi untuk menghindari timbulnya reaksi alergi pada area tersebut.

Sunscreen

Nah, ini adalah produk yang nggak pernah bosan disebutkan oleh semua tim editorial FD. Sampai skincare guru kita, Affi Assegaf bisa ‘ceramah’ cukup panjang kalau tahu ada yang nggak rajin pakai sunscreen. Paparan sinar matahari itu mengandung UVA dan UVB yang bisa membahayakan kulit kita. Hal ini lah yang berusaha ‘ditangkis’ oleh sunscreen supaya kulit kamu tetap terhindar dari munculnya kerutan halus, bintik hitam (sun spots), warna kulit yang belang, hingga kering dan kasar. Artinya, secara tidak langsung, sunscreen itu merupakan salah satu tools penting untuk membantu menjaga keremajaan kulit kita. Supaya hasilnya maksimal, kamu juga harus mengaplikasikannya setiap 2 jam (jika sering berada di luar ruangan), serta menggunakan dosis yang sesuai, yaitu sebanyak ¼ sendok makan sekali pakai.

Ayooo, kamu mau hunting produk apa nih di Guardian di tanggal gajian ini?

Guardian Beauty Days 3