Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Skincare

Sebelum kamu buru-buru memutuskan untuk beli skincare, ada baiknya untuk intip beberapa trik berikut!

Sejak ada trend shelfie di Instagram dan berbagai forum skincare enthusiasts, rasanya dorongan untuk belanja skincare jadi semakin tinggi, kan? Pasti pernah deh tergoda beli produk skincare karena review yang ‘racun’.  Well, skincare shopping can be fun, but also tricky at the same time. Kalau salah beli, pasti rasanya nyesek banget, apalagi kalau perlu nabung dan irit-irit jajan untuk produk skincare. Nah, biar nggak boros dan menyesal, coba cek trik beli skincare berikut!

Skincare Bahan Alami, Yakin Lebih Baik?-2

Pastikan sudah kenal kebutuhan kulit

Rasanya hampir semua orang pernah ‘keracunan’ sama produk yang lagi hype. Kata influencer A, B, C, sih bagus banget dan bisa kasih hasil yang signifikan, langsung deh buru-buru pingin kita coba.

Eits, tapi tunggu dulu, kebutuhan kulit setiap orang kan belum tentu sama. Kenali dulu kebutuhan kulit kita sebelum mencoba suatu produk. Apakah kita memang butuh produk yang mattifying atau sebenarnya kulit kita memproduksi sebum berlebih justru karena dehidrasi? Apakah tipe jerawat kita yang bisa disembuhkan dengan topical treatment atau yang bisa dituntaskan dengan healthy lifestyle? Ini bisa kita lakukan dengan mencari banyak referensi yang terpercaya atau bahkan ke dokter kulit terlebih dulu.

Pelajari ingredients di dalamnya

Setelah kenal dengan apa yang dibutuhkan kulit kita, pelajari juga ingredients dalam produk yang akan kita beli. Selain membaca klaim-klaim yang menjajikan hasil bagus, perhatikan juga urutan bahan-bahan yang ada di ingredients list untuk lebih tahu potency dari bahan tersebut. Cari tahu juga apakah kita punya sensitifitas atau alergi terhadap kandungan yang terdapat dalam produk skincare itu.

Baca juga: Beautypedia: Kenali Kandungan Pencerah dalam Skincare Kalian (Part 1)

 

Harga nggak selalu menentukan kualitas

Saat berencana untuk belanja skincare, jangan jadikan harga sebagai patokan utama. Nggak semua produk high-end yang dibanderol harga tinggi selalu berarti punya kualitas yang lebih superior dibandingkan dengan produk drugstore, atau pun lokal dengan harga yang lebih terjangkau. Semuanya kembali lagi ke ingredients yang digunakan.

kosmetik-share-in-jar-1

Coba sample size atau share in jar

Sebelum berkomitmen penuh untuk membeli skincare yang full size, kita bisa coba dulu sample size-nya atau beli share in jar di seller yang sudah dipercaya higienis dalam pengemasannya. Selain itu, kalau pun nggak cocok, nggak akan terasa terlalu nyesek kalau kita mencoba sample size-nya dulu.

Baca juga: Pintar Membeli Kosmetik Share in Jar

 

Tunggu diskon

Naksir banget sama satu produk skincare, tapi harganya bikin maju-mundur? Atau pingin nyetok produk favorit sekaligus? Nah, sabar-sabar deh tungguin diskon dan promo. Tapi, pastikan untuk memerhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk ya. Karena kadang ada saja brand kecantikan yang memang sengaja melakukan sale di saat produknya sudah mulai mendekati tanggal kadaluarsa.

Let the skincare shopping commence!