Brand of The Month : For Skin’s Sake

Yuk, kenalan dengan brand skincare pendatang baru For Skin’s Sake.

Walaupun masih tergolong baru, brand skincare ini sudah lumayan banyak diomongin oleh beberapa influencer. Saya sendiri menjadi salah satu orang yang penasaran dengan rangkaian skincare yang dibawakan. Yes, yang kali ini saya mau obrolin adalah brand lokal baru, yaitu For Skin’s Sake! Buat yang belum tahu, FSS  adalah sebuah brand skincare dengan fokus menghadirkan serum yang sifatnya chemical based!

Penasarankan tentang asal usul brand ini? Yuk, langsung saja simak obrolan saya bareng Co-Founder For Skin’s Sake, Edwin Rulin.

Kenapa memilih untuk rilis khusus produk skincare?
“Kami mencoba untuk membawakan produk-produk skincare dalam kategori yang high demand tapi nggak tersedia di Indonesia. Di Indonesia, industri skincare dibagi oleh 2 kategori brand, mainstream brand, yakni brand-brand OTC, atau multinational yang dinaungi perusahaan besar. Yang satunya lagi adalah ‘Indie’ brand yang dibangun oleh customer/cult-nya sendiri, sebutlah yang paling terkenal saat ini adalah Deciem.
Melihat gap itu, kita mutusin untuk menghadirkan skincare atau serum-serum yang masih sulit dicari di pasar Indonesia. Selain kita menghadirkan produk skincare, kita juga menghadirkan berbagai tools untuk mensupport brand kita sendiri. Jadi, untuk kebaikan kulit nggak hanya dari menggunakan skincare, tapi didukung juga dari penggunaan tools yang bisa memaksimalkan performa skincare untuk membantu membuat kulit jadi lebih baik lagi.”
 Screen Shot 2018-10-10 at 9.32.14 PM
Saat pertama kali launching FSS, apa sih yang ingin kamu bawa ke pasar yang kamu rasa kurang untuk Indonesia?
Kita melihat biasanya skincare itu skewed to one end, either truly organic atau truly clinical (mostly chemical ingredients), but we feel that both aspect must be balanced, we try to formulate products using as organically derived ingredients as possible. Tapi masih berpegang pada prinsip-prinsip clinical (proses dan metode pembuatannya punya standar, ingredients yang digunakan telah diteliti dengan baik, dan masih banyak lainnya).
Kita melihat jika dibanding di negara barat yang sudah terekspos oleh brand-brand indie, konsumen di Indonesia masih cukup bingung soal skincare. Maka dari itu, kita mencoba membuat pesan-pesan  yang mudah dimengerti newbie. Akhirnya kami menghadirkan serum-serum yang targeted untuk permasalahan kulit, seperti vitamin C, retinol dan Hyaluronic.
Untuk urusan skincare tools, kita juga masih melihat sangat kurang tersedia di Indonesia. Atas dasar itu juga akhirnya FSS mencoba untuk membawa skin tools yang sederhana dan affordable tapi benar-benar efektif. Makanya kita memutuskan untuk menghadirkan Gem Roller dengan tiga warna berbeda, jade, rose quartz dan clear quartz.
Apa background pendidikan kamu? Apakah kamu seorang cosmetic chemist?
“Saya sendiri cuma pria biasa dengan background importing dental beauty/health products, makanya saya lumayan paham mengenai pergerakan market skincare. Tapi, saya sendiri bukan pengguna produk-produk seperti ini. Jadi tugas saya di FSS lebih untuk urusan marketing. Sedangkan untuk formulasi dan research itu, saya serahkan ke partner saya, Martha yang memiliki background certified  chemist di USA.”
 for skin sake
Which product are you most proud of?
“Untuk serum, saya bisa bilang kalau serum HA adalah produk yang paling FSS banggakan. Ini saya yakini karena serum HA milik FSS mendapatkan respon yang positif, dan merupakan salah satu formulasi serum yang ‘hard to go wrong! Selain serum HA, tentunya cotton pads kami juga jadi salah satu produk unggulan yang juga mendapatkan banyak review dan feedback bagus. Saya sebagai brand bisa menjamin kalau kapas kami adalah salah satu kapas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.”
 For Skin's Sake
 
Apa sih yang sedang dipersiapkan oleh FSS ke depannya?
“Setelah terakhir kemarin launching tiga gem rollers, kita akan launching dua eye cream dan tiga jenis lip balm yang sudah mengandung SPF. Kapan launching-nya? Tunggu aja tanggal mainnya :).”
Itu tadi obrolan singkat saya bareng Edwin. Oh ya, untuk izin BPOM nya, sampai saat ini FSS juga sedang dalam proses untuk mendapatkan izin tersebut. Menurut Edwin, izin dari BPOM untuk FSS ini diperkirakan akan keluar pada akhir Oktober atau paling telat di awal November 2018.
Nah, selain itu, saya juga mau kasih info duluan aja nih ke kalian, kalau sebentar lagi FSS bakalan ada flash sale juga di Female Daily, lho! Jadi, kalau sampai ada serum retinol dan cotton pad-nya, kalian wajib beli banyak! Because that’s my two favorite products from them!