banner-detik

foundation

5 Produk Complexion untuk Yellow Undertone

seo-img-article

Complexion atau “adonan” dasar makeup yang kurang tepat bisa membuat wajahmu terlihat gosong, atau putih seperti hantu. Berikut adalah produk complexion untuk yellow undertone terbaik versi saya.

Sebelum bermain warna dengan eyeshadow, lipstick, dan blush on, penting banget untuk membuat complexion atau “adonan” dasar yang tepat. Sedikit flashback, dulu saya sering dibuat bingung dengan pertanyaan, apa sih sebenarnya undertone kulit saya? Mengetahui warna undertone kulit terkadang gampang tapi susah. Tapi begitu kamu tahu, pasti akan sangat bermanfaat. Karena saya percaya banget, kalau complexion dapat memengaruhi produk-produk yang akan kita gunakan setelahnya, misalnya bronzer, blush, dan highlighter. 

Cara untuk mengetahui undertone kulit yang paling gampang adalah dengan melihat urat nadi. Kalau urat nadi keliatan berwarna biru, maka undertone-mu adalah cool. Kalau warna urat nadi terlihat hijau, maka undertone kulitmu adalah warm, cari produk yang warnanya cenderung yellow atau golden. Terakhir, kalau warnanya biru kehijauan atau hijau kebiruan, kemungkinan undertone kulitmu adalah netral. Sebagai pemilik yellow undertone, saya cukup struggling dalam menemukan komposisi complexion yang pas. Karena kalau produknya terlalu pinkish, bisa membuat muka saya keliatan abu-abu. Nah, menjelang Best of Beauty Awards (BoBA) 2018, saya mau list beberapa produk complexion untuk yellow undertone terbaik menurut saya. Berikut daftarnya:

Mac Strobe Cream – Goldlite

Mac Strobe Cream Goldlite FD1

Strobe cream dari MAC ini cocok banget untuk kamu yang kulitnya kering , membuat tampilan makeup lebih glowing  dan segar. Kulit juga jadi lebih lembap dan kenyal setelah menggunakannya. Ketika setelahnya diaplikasikan foundation, primer sekaligus pelembap ini akan langsung membaur tanpa membuat efek seperti kilang minyak. Walau primer ini punya opsi yang sangat beragam, namun shade goldlite adalah shade yang menurut saya sih paling pas dengan skintone kulit perempuan Indonesia yang kebanyakan adalah kuning langsat.

L’Oréal Infallible Pro Matte Foundation – Golden Beige

L'Oreal Infallible Pro-Matte Foundation

Berbeda dengan drugstore foundation lainnya, yang kebanyakan menawarkan pilihan shade untuk pinkier side, L’Oréal Infallible Pro Matte Foundation hadir dengan 22 shades yang banyak banget varian untuk kulit yellow dan golden undertone. Sesuai dengan namanya, L’Oréal Infallible Pro Matte Foundation ini memberikan tampilan dengan hasil akhir matte dan shine free. Cocok untuk kamu yang kulitnya gampang berminyak. Nah, buat yang suka hasil akhir dewy dan punya tipe kulit kering, kamu juga bisa cobain versi lain dari L’Oréal Infallible, yaitu L’Oréal Infallible Pro-Glow Foundation.

Bobbi Brown Corrector and Concealer – Dark Peach

BOBBI brown fd 1

Kalau kata William Shakespeare, “The Eyes are the window to your soul“. Jadi, kalau ada lingkaran hitam di bawah mata sama saja seperti jendela yang kotor. Sayangnya kita bukan panda yang tetap saja keliatan cute dengan lingkaran hitam di bawah mata. Kulit di sekitar mata lebih halus dan tipis, jadi urat-urat gampang banget keliatan, belum lagi masalah hyper-pigmentation yang menjadi karakteristik kulit perempuan Asia, membuat pemilihan warna concealer menjadi sebuah tantangan besar.

Concealer yang bagus, bisa memberikan efek mencerahkan pada wajah secara instan. Walaupun kamu hanya tidur 3 jam, dengan concealer, semua bisa disulap jadi seperti habis tidur nyenyak selama 8 jam. Bobbi Brown Corrector and Concealer dengan shade Dark Peach adalah concealer yang nggak cuma memberikan efek mencerahkan, tapi juga menghidrasi kulit. Pemakaiannya juga simple, nggak perlu tools khusus. Cukup pakai jari, langsung bisa cover lingkaran hitam di bawah mata kamu.

 

Laura Mercier Translucent Setting Powder

Laura Mercier FD 4

Untuk kamu yang punya kulit yellow undertone, setelah pakai seluruh rangkaian produk yang ada warnanya, sekarang saatnya set semua produk tersebut dengan loose powder yang nggak berwarna atau translucent. Menurut saya, kehadiran loose powder dalam suatu complexion sangat penting. Karena loose powder adalah salah satu kunci ketahanan makeup. Loose powder yang menjadi favorit saya untuk kulit yellow undertone adalah Laura Mercier Tranclucent Setting Powder. Teksturnya halus banget, bisa menutupi pori-pori dan mencerahkan wajah. Siapa yang setuju?

 

Rimmel Stay Matte Pressed Powder – Warm Beige

Rimmel Stay Matte FD 3

Terakhir, kalau kamu tipe kulitnya adalah berminyak dan ingin makeup lebih awet lagi, kunci riasan tersebut dengan pressed powder! Dari packaging-nya, bedak ini adalah bedak yang travel friendly, karena kemasannya yang nggak bulky. Formulanya powdery, tapi nggak berlebihan. Warna powder-nya juga agak kekuningan, jadi cocok banget untuk kamu yang punya kulit yellow undertone.

Mencari produk yang pas dengan warna kulit dan kualitas produknya juga bagus adalah sebuah tantangan. Kadang ada shade-nya cocok, tapi kualitas produknya kurang bagus, atau sebaliknya. Pesan saya sih enjoy your journey, karena pasti akan selalu ada trial and error. Karena itu, penting banget untuk share beberapa produk yang jadi favoritmu saat ini, karena siapa tahu ada juga perempuan lain di luar sana yang kulitnya sama dengan kamu.

Nah, ini beberapa list produk favorit saya untuk bikin complexion kulit dengan undertone kuning seperti saya jadi kelihatan lebih bagus. Kalau kamu punya produk favorit lainnya di luar ini, jangan lupa vote di event tahunan FD, yaitu Best of Beauty Awards, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment