banner-detik

beautiful people

Skincare Routine Jen F | FD Member in Spotlight

seo-img-article

Rajin review produk skincare sampai mendapatkan status Beauty Idol di FD App, FD Member in Spotlight kali ini, Jen F, wajib kamu follow! Yuk, kenalan!

Saat ‘racun’ skincare bertebaran di mana-mana, tentunya kita pingin baca review sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli produk itu. Salah satu FD Member, Jen F (FD ID: @jjjfren), terpilih sebagai FD Member in Spotlight kali ini karena rajin banget menulis review dan post soal produk skincare secara mendalam hingga mendapatkan status Beauty Idol di FD App. Penasaran sama skincare routine-nya? Simak terus!

WhatsApp Image 2018-09-21 at 14.22.37

Hi Jen! Sejak kapan sih kamu mulai passionate tentang skincare dan kenapa?

Kalau memakai basic skincare sebenernya mulai pertengahan kuliah, dengan the Tea Tree range-nya The Body Shop, karena merasa capek dengan never-ending jerawat sejak puber. Tapi yang benar-benar jadi penasaran dengan skincare dan nonton atau baca-baca tentang routine orang lain itu ketika mulai grad school dan harus pindah ke daerah yang suhu musim dinginnya bisa -20 derajat Celcius. Karena perubahan cuaca tersebut, jadi harus belajar tentang kebutuhan kulit di tiap musim dan tips and tricks untuk cuaca ekstrim.

Apa saja hal yang kamu pertimbangkan sebelum membeli skincare? Punya kriteria khusus?

Pertama, it has to be affordable because I am financially modest and needs to be prudent with my expenses. Let’s face it, skincare is a secondary need setelah makanan, tempat tinggal dan sebagainya. Kedua, mengandung bahan-bahan yang memang terbukti secara ilmiah menargetkan apa yang kita perlu atau inginkan (tepat guna). Ketiga, tidak menimbulkan reaksi negatif di kulitku (merah-merah, mengelupas, panas, perih, breakout dan sebagainya). Keempat, nice sensory experience atau nyaman dipakai!

Siapa sih skincare guru yang menurut kamu paling “racun”?

Kalau racun review produknya ada Jude Chao (@fiddysnails), Tracy Robey (@fanserviced), Sophia (@beauty_unplugged), Marcia (@skinminimalist), Amalia (@deszell), dan Tika (@kaepratiwi). They write reviews so well, jadi kalau baca reviews mereka seperti lagi ikut nyoba produknya. Selain itu, mereka selalu memberi catatan yang sangat berguna, seperti jenis kulit apa yang bakal cocok atau tidak dengan suatu produk, ingredients apa yang perlu diperhatikan karena mereka ‘superstar’-nya atau mungkin bisa menyebabkan reaksi negatif. Semua itu tanpa menambah fear mongering atau misleading information.

Kalau racun ilmunya, biasanya aku merujuk pada chemists dan dermatologists, seperti Stephen Ko (@kindofstephen), Michelle (@labmuffinbeautyscience), Gloria & Victoria (@chemist_confessions), Dr Dray (@drdrayzday), dan Dr Sam Bunting (@drsambunting).

jennifer skincare routine

(@jjjfren)

Skincare routine kamu saat ini seperti apa?

Lately I’ve been stripping my skincare to the basics.

Untuk pagi hari:

  • Cleanse: toner, micellar water, atau lotion cleanser
  • Moisturize: hydrating toner dan light moisturizer
  • Protect: sunscreen

Untuk malam hari:

  • Cleanse: point remover untuk makeup waterproof, micellar water kalau hanya menggunakan sunscreen, oil-based cleanser kalau menggunakan makeup (sekarang lagi suka yang teksturnya lotion). Dilanjutkan dengan gentle second cleanser.
    Exfoliate: di cuaca panas dan lembap aku exfoliate every other day, tapi ketika cuaca mulai dingin biasanya dua-tiga kali seminggu aja. Biasanya gonta-ganti antara AHA dan BHA.
    Moisturize: hydrating toner dan moisturizer. Moisturizer-nya tergantung cuaca dan penggunaan heater.

Brand dan produk skincare favorit kamu?

Cerave (Hydrating Cleanser dan PM Lotion), CosRX (Snail Mucin dan AHA Power Liquid), Hada Labo (Gokujyun Cleanser dan Lotion), Almay (makeup remover + foaming lotion cleanser, first cleanser ter-gentle yang nggak ribet), Stridex (Maximum Pads), Peach Slices (Citrus Honey Aqua Glow), Scinic (Honey AIO Ampoule), Klairs (Rich Moist Soothing Cream).

Lastly, if you could come up with your dream skincare product, what would it be like?

A stable, fool-proof, non-irritating anti-oxidant seperti Vitamin A dan Vitamin C. Aku masih agak kesulitan memasukkan kategori ini ke skincare routine-ku. But I believe science will deliver!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment