DIY Setting Spray Dengan Menggunakan Aloe Vera Gel

Setting Spray adalah salah satu produk yang bisa membuat makeup bertahan lebih lama, terutama untuk yang kulitnya berminyak. Sesekali, coba membuat setting spray sendiri yuk!

Jenis kulit saya sebenarnya kering. Tapi di saat-saat tertentu, walaupun jarang sekali, T-area saya terkadang mengeluarkan sedikit minyak. Terutama sih kalau sedang full makeup siang-siang. Tapi saya paling nggak suka touch up dengan menggunakan setting powder. Di kulit saya yang kering, penumpukan bedak seringkali malah membuat tekstur kulit dan dry patch area semakin terlihat.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya menggunakan makeup setting spray. Saya biasanya mencari formula setting spray yang mampu menahan minyak di wajah saya, seperti Milani Make It Last Setting Spray. Tapi baru-baru ini, saya mencoba membuat setting spray saya sendiri. DIY setting spray ini sudah saya uji coba, dan cukup berhasil di wajah saya.

DIY Setting Spray (2)

Cara membuatnya cukup mudah kok. Pertama, tentu kita perlu mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Botol spray kosong.
    Saya menggunakan botol bekas Pixy Aqua Beauty protecting Mist, yang memang kualitas spray-nya bagus dan mampu membuat produk bisa tersebar ke seluruh area wajah dengan merata saat disemprotkan. Botol ini saya cuci dan saya sterilkan terlebih dahulu dengan alkohol 70%.
  2. Aloe Vera Gel.
    Aloe Vera Gel ini mampu menghidrasi kulit, namun juga sekaligus terkenal sebagai skincare untuk kulit berminyak, karena mampu menahan minyak wajah agar tidak cepat keluar. Saya menggunakan The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Soothing Gel.
  3. Air Bersih.
    Boleh menggunakan rose water, tapi kalau saya hanya menggunakan air mineral biasa (Aqua).
  4. Mangkuk dan sendok pengaduk.

Baca juga: Aloe Vera Gel, Solusi Untuk Beruntusan dan Bekas Jerawat?

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuatnya. Campurkan Aloe Vera Gel dan air mineral kedalam mangkuk bersih, dengan perban

dingan 1:3. Untuk takarannya terserah saja ya, yang penting cukup untuk dimasukan ke dalam botol spray yang sudah disediakan. Saya menggunakan sendok sayur. Jadi 1 sendok Aloe Vera Gel dan 3 sendok air mineral.

Masukan campuran air mineral dan aloe vera gel tadi kedalam botol spray. Saat menuang ini, harus hati-hati sekali yak. Karena gumpalan-gumpalan aloe vera-nya biasanya susah dimasukan melalui mulut botol yang kecil. Kita bisa memakai bantuan sendok kecil atau corong untuk memindahkan cairan ini ke botol spray. Setelah semua masuk ke botol spray, tutup lalu kocok-kocok botol hingga kedua bahan tersebut tercampur rata.

DIY Setting Spray (1)

Nah, kalau sudah tercampur seperti ini, DIY setting spray ini bisa langsung digunakan! Semprotkan pada wajah sesaat setelah selesai makeup. Efeknya di kulit saya, makeup jadi lebih awet, nggak terlalu powdery, dan area hidung serta dagu saya nggak gampang berminyak. Aroma aloe vera-nya juga sangat enak dan menyegarkan.

Saran saya sih, selalu buat DIY Setting Spray ini di dalam botol yang kecil. Alasannya agar nggak terlalu lama disimpan, sehingga produknya tetap segar saat kita gunakan, karena tentunya ini tidak menggunakan pengawet. Alasan kedua agar mudah dibawa-bawa, sehingga bisa kita semprotkan di wajah kapanpun kita butuh touch up atau saat kulit kita butuh kesegaran.

DIY Setting Spray ini baru saya uji coba kan di kulit saya. Saya kurang tahu, apakah bisa berhasil juga bila digunakan oleh yang kulitnya sangat berminyak. Tapi karena ini murah dan sangat mudah membuatnya, saya rasa DIY ini layak untuk dicoba ;).