Gemstone Facial Roller Kembali Jadi Trend. Sudah Coba Juga?

Dipakai dalam pengobatan Cina sejak abad ke-7, gemstone facial rollers kini balik lagi jadi skincare tools yang hits! Seperti apa cara kerja sebenarnya?

Hobi follow skincare enthusiasts di Instagram? Pasti hafal banget deh sama skincare tools yang akhir-akhir ini lagi jadi favorit mereka. Kalau sebelumnya sheet mask jadi bintangnya, everyone is stepping up their sheet mask game nowadays dengan alat ini. Yup, apa lagi kalau bukan gemstone facial rollers! Selain memang membantu penetrasi essence lebih baik, gem-rollers memang Instagrammable, ya. Soothing ability-nya juga seolah bisa menular pada penonton InstaStory.

If you didn’t know already, terapi pijat menggunakan gem atau semi-precious stones sudah digunakan dalam pengobatan Cina sejak abad ke-7. Batu yang paling sering dipakai adalah jade atau giok karena dipercaya memiliki kemampuan menyembuhkan dan memberikan proteksi. Dahulu, batu ini digunakan untuk memijat tubuh agar peredaran darah lebih lancar. Nah, kini nggak hanya jade saja yang dibuat jadi gemstone facial roller. Kalau saya browsing di Instagram, yang paling sering saya lihat adalah gem-roller yang menggunakan rose-quartz, clear crystal, amethyst, bahkan black obsidian. Bentuk roller ini juga membuatnya lebih mudah dipakai dibandingkan dengan yang berbentuk pipih seperti Gua Sha.

gem roller4

Left: Jade Gua Sha, Right: Jade Roller

Sebagian orang ada yang percaya dengan healing properties dari setiap gemstone. Rose-quartz dipercaya punya kemampuan soothing dan bisa mengatasi otot yang kaku, clear crystal quartz bisa menjernihkan pikiran, gemstone lainnya pun juga memiliki kemampuan lainnya untuk overall wellness. Tentunya semua ini bisa dianggap sebagai pseudo-science atau placebo saja ya karena memang belum ada penelitian ilmiah yang bisa benar-benar membuktikan khasiatnya. Namun memang gemstone facial roller yang menggunakan batu asli akan terasa dingin dan lebih soothing.

Saya sendiri sudah pakai rose-quartz roller sejak empat bulan lalu. Sebenarnya, alasan awal saya membeli roller ini bukan lah untuk skincare purposes, melainkan untuk membantu mengatasi tension headache yang sering saya rasakan dan puffiness di pagi hari akibat sinusitis dan kebiasaan jaw-clenching. Menurut pengalaman saya, tension headache yang saya rasakan intensitasnya memang berkurang setelah menggunakan gem-roller ini. Tapi, sebenarnya bagaimana sih cara kerja dan manfaat gemstone facial roller? 

Lymphatic Drainage

Kalau kamu juga tertarik dengan gemstone facial roller, kemungkinan sudah pernah dengar istilah ‘lymphatic drainage’Lymphatic drainage adalah proses drainase atau pembersihan kelenjar getah bening dari toksin. Dilansir dari The Cut, facialist Renee Rouleau menyampaikan bahwa dokter-dokter Denmark di tahun 1930-an melakukan teknik pijatan pada pasien yang getah beningnya membengkak. Pijatan lympathic drainge ini berhasil mengatasi gejala gangguan sistem imun pada pasien itu dan juga membuat kulitnya jadi glowing. 

gem roller5

Titik pijatan lymphatic drainage (foto)

Pijatan pelan dengan gem-roller bisa membantu proses drainase limfatik ini. Nggak perlu menekan terlalu keras (bahkan memang nggak dianjurkan untuk menekan), just roll the stones gently over your lymph nodes. Dimana saja titik-titiknya? Area tulang pipi, dagu, rahang, dan leher adalah tempat-tempat yang bisa kita pijat untuk menstimulasi drainase ini.

Sheet Mask dan Face Oil

Ini dia yang sedang jadi tren di Instagram! Memijat gem-roller ke wajah saat pakai sheet mask atau face oil dipercaya bisa membantu penetrasi essence dan oil ke dalam kulit lebih baik lagi. Hasilnya tentu saja wajah jadi terasa lebih terhidrasi dan kelihatan lebih glowing. Menurut saya, cara ini semacam sambil menyelam minum air, ya. Manfaat dari lymphatic drainage bisa dirasakan bersamaan dengan manfaat dari sheet mask dan face oil yang dipakai.

gem roller6

youtube.com/gothamista

Kini berbagai jenis gemstone facial rollers sudah banyak dijual oleh brand-brand lokal maupun di banyak online shop Instagram. Untuk keaslian dari batu yang dipakai memang kurang reliable, apalagi kalau kita kurang paham tentang dunia perbatuan ini. Tapi kalau kamu memang hanya ingin mencoba teknik pijatannya saja dan nggak mempercayai crystal healingI’d say go for it!

Sudah coba gemstone facial roller juga? Apa saja nih manfaat yang sudah kamu rasakan? Share di bawah ya!