Masih Sering Salah Beli Warna Foundation? Simak Tipsnya!

Masih sering salah beli warna foundation? Kali ini saya akan share tiga tips dasar untuk memilih warna foundation yang tepat.

Walau pun dilihat sudah biasa main dengan produk makeup, tapi ada momen di mana saya salah pilih warna foundation.  Faktor salah memilih warna foundation sendiri banyak banget, tapi yang paling sering saya alami adalah memilih warna foundation di counter makeup dengan pencahayaan yang kurang oke.

Nah, supaya kalian nggak mengalami hal yang saya seperti saya, salah beli warna foundation dan berujung mubazir, kali ini saya mau share tips memilih warna foundation yang tepat. Ada tiga hal simple yang bisa kalian lakukan. Penasaran apa aja? Yuk, langsung saja baca tipsnya di bawah ini:

Tiga Tips Mudah Memilih Warna Foundation

Pemilihan undertone

Sebelum memilih warna foundation seperti terang atau gelap, cari tahu dulu undertone kulit kamu. Undertone kulit sendiri dibagi menjadi tiga kategori besar, yaitu yellow/olive (warm undertone), pink (cool undertone) dan neutral. Cara umum yang digunakan untuk menentukan warna undertone adalah dengan melihat warna nadi kita. Kalau banyak warna hijau dan biru artinya kamu memiliki undertone yang netral. Kalau biru artinya undertone kamu cool atau pink. Kalau terlihat hijau, maka undertone kamu adalah warm. Menentukan warna undertone dengan melihat urat nadi memang nggak selalu mudah. Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan lipstick warna pink barbie. Kalau ketika dipakai terlihat cocok dan kulit kamu terlihat jadi lebih cerah, artinya kamu cool tone, dan kalau sebaliknya artinya kamu warm tone.

Tiga Tips Mudah Memilih Warna Foundation-3

Cocokan di leher atau dada

Saat memilih warna foundation, sebisa mungkin pilihlah warna yang sama dengan warna kulit kita, karena fungsi foundation di sini untuk meratakan warna kulit wajah. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memilih warna foundation yang tepat. Pertama, kamu bisa mencocokannya dengan warna kulit area rahang kita. Kedua, bisa mencocokan warna foundation di area dada, incase warna kulit wajah dan leher kamu berbeda.

Kalau pakai hijab gimana? Kalau kamu menggunakan hijab, kamu bisa menentukan warna foundation dengan referensi punggung tangan. Artinya kamu cari warna tengah antara punggung tangan dan juga wajah. Kenapa nggak disamakan saja dengan punggung tangan? Karena punggung tangan umumnya jauh lebih gelap dibandingkan wajah. Jadi kalau disamakan 100% pasti hasilnya jadi aneh. Jadi sebaiknya pilih satu tone lebih terang dari warna punggung tangan kita supaya balance warnanya.

Tiga Tips Mudah Memilih Warna Foundation-2

Lighting is the key

Saat memilih warna foundation usahakan di ruangan dengan pencahayaan netral, artinya nggak di bawah lampu yang kuning atau putih saja. Cahaya ideal untuk memilih warna foundation adalah di bawah matahari. Karena cahaya matahari adalah cahaya paling baik untuk menunjukan warna kulit kita sebenarnya. Makanya saat membeli foundation saya selalu menyarankan untuk minta tester di counter terlebih dahulu atau tes beberapa warna foundation pada punggung tangan, lalu kamu jalan ke area mall yang memiliki pencahayaan matahari yang cukup. Di situlah kamu cek kira-kira warna mana yang paling pas dengan kulit wajah kamu. Selain itu, dengan cara ini kamu juga bisa lihat apakah foundation tersebut oksidasi atau nggak, karena kalau oksidasi, kamu jadi bisa memilih foundation satu tingkat lebih terang supaya setelah oksidasi jadi senada dengan kulit.

Itu tiga tips mudah untuk memilih warna foundation yang bisa kamu ikuti. Lalu gimana dengan pilihan produknya? Untungnya sudah makin banyak brand yang menghadirkan rangkaian warna foundation yang luas, salah satunya adalah The Body Shop. Nah, The Body Shop ini punya satu line foundation dengan delapan pilihan warna yang cocok untuk skintone perempuan Indonesia, produknya sendiri adalah The Body Shop Matte Clay Foundation. 

Punya kulit gelap seperti Carol? Kamu bisa menggunakan warna The Body Shop Matte Clay Foundation Muluccan Nutmeg. Kalau warna kulit kamu mirip dengan saya atau Andien, kamu bisa menggunakan warna Tamareza Dune.

Selamat mencoba tips memilih warna foundation dari saya.