banner-detik

shopping

Pengalaman Belanja di Pop Up Store Local Indie Brand

seo-img-article

Mengakhiri campaign #FDLocalPower tentunya menambah pengetahuan kita tentang banyaknya indie brand lokal di Indonesia. Ternyata bukan cuma agresif memasarkan produk mereka di dunia online, beberapa indie brands ini bahkan sudah punya toko offline!

Menurut penelitian, 64% orang Amerika masih belanja di offline store. Memang sih belum ada penelitian khusus untuk hal tersebut di Indonesia. Tapi kita boleh melihat fenomena ini sebagai acuan dalam perilaku konsumen di sini, yang masih lebih memilih belanja di physical store dibandingkan belanja online. Sementara mayoritas brand indie lokal di Indonesia lebih memprioritaskan penjualan online dibandingkan offline. Meski begitu, sudah ada setidaknya dua brand indie yang berani membuat investasi dengan membuka pop up store yaitu Rollover Reaction dan BLP Beauty.

Nah, kali ini saya mau menceritakan pengalaman berbelanja di kedua store ini, baik dari ambience dan beauty advisor-nya.

Rollover Reaction Store – Plaza Indonesia, 4th Floor

RolloverReaction_Pop_Up_Store

Ambience: Dari luar Rollover Reaction store ini memang terlihat chic minimalist. Di sisi kiri ada dekorasi es krim yang digantung sehingga memberikan sentuhan feminin sekaligus cute. Penataan produk juga ditampilkan begitu indah seperti layaknya instalasi museum seni. Karena toko ini cukup luas, jadi kita leluasa untuk mencoba produk. Bahkan menurut saya sih, store ini juga bisa menjadi sebuah tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi kalau sedang jalan-jalan bersama teman-teman. Rasanya seperti sedang playdate!

Beauty Advisor (BA): Ketika saya datang dan hanya melihat-lihat di dalam toko, para BA  tidak mengusik sama sekali. Tapi saat menghampiri, pertanyaan mereka adalah “Sudah tahu mau beli apa?” Senang deh ditanya seperti ini, jadi kita diperlakukan sebagai pembeli yang well educated mengenai produk Rollover Reaction. Karena kebetulan saat itu sedang ada promo dari Go-Points, jadi saya bertanya mengenai mekanismenya. Mereka menjawab dengan sangat jelas, bahkan merekomendasikan produk apa saja yang bisa didapat dengan promo ini. Dalam hal ini, tentunya saya sangat terbantu oleh para BA-nya.

BLP Beauty Space – Lotte Shopping Avenue, Ground Floor

BLP_Pop_Up_Store
Ambience: Karena BLP ini ada di dalam department store Lotte Shopping Avenue, jadi secara ukuran memang toko ini tidak terlalu besar. Tapi, kalau kita bicara soal suasananya, store BLP ini nyaman banget seperti seolah-olah kita sedang ada di ruang tamu, karena di dalamnya terdapat  furniture seperti sofa, lemari dan kaca. Kalau kamu ingin mencoba produk untuk di-swatch sebelum membeli, susunan sampel yang bisa digunakan hanya terdapat pada satu meja saja. Sedangkan lemari di bagian belakang berfungsi sebagai instalasi produk. Kalau menurut Lizzie Parra memang store ini hadir dengan konsep menciptakan ulang kamar miliknya. Jadi berasa banget seperti sedang ada di rumah, ya!

Beauty Advisor (BA): Ketika pertama kali saya datang ke Beauty Space BLP Beauty, beauty advisor-nya bisa dibilang sedikit judes. Tapi, pada saat kunjungan kedua saya melihat ada kemajuan dari para BA yang memang tidak ‘menodong’ kita saat belanja, tapi memberikan informasi yang sangat berguna begitu ditanya.

Jadi, kesimpulan yang bisa saya berikan setelah mendatangi kedua offline store ini adalah, ambience dan beauty advisor itu memang berpengaruh banget dengan kenyamanan kita saat berbelanja. Apalagi kalau melihat contoh offline beauty store di Korea, di mana instalasi mereka benar-benar seperti museum seni. Jadi secara visual juga terlihat menyenangkan, menarik pembeli untuk memasuki tokonya, dan pastinya membuat kita semakin semangat belanja.

Semoga lokal indie brand lain juga segera buka offline store mereka masing-masing yang tak kalah menarik, dan bisa bikin pengalaman belanja di pop up store local indie brand jadi sangat menyenangkan, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment