banner-detik

skin care

Beautypedia: Manfaat Vitamin B5 alias Penthatonic Acid dalam Skincare

seo-img-article

Mulai banyak ditemukan dalam produk skincare, seperti apa manfaat vitamin B5 untuk kulit? Yuk, kenalan lebih jauh!

Memiliki kulit kombinasi yang juga acne-prone sering membuat saya merasa serba salah. Pakai hyaluronic acid saja, belum cukup hydrating. Tapi kalau saya timpa dengan pelembab yang lebih rich, wajah saya jadi terasa berat dan memicu jerawat bermunculan. Dalam pencarian panjang hydrator ini, saya jadi tertarik sama vitamin B5 atau pantothenic acid.

Somethinc Hyaluronic B5 Serum, La Roche Posay Hyalu B5 Serum, La Roche Posay Cicaplast Baume B5+, dan Some by Mi Propolis B5 Glow Barrier Calming Serum adalah beberapa contoh produk skincare yang mengandung vitamin B5 yang saat ini populer di kalangan skincare enthusiast. Sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat pantothenic acid dalam skincare?

Vitamin B5 juga dikenal dengan sebutan pantothenic acid. Namun dalam produk skincare biasanya ada kandungan-kandungan lain yang juga masih turunan dari pantothenic acid, seperti d-panthenol, dl-panthenol, atau dexpanthenol.

Baca juga: Siklus Menstruasi Jadi Panduan Menggunakan Skincare. Ini Hasilnya!

vitamin b5

Image: iStock Photo, https://www.istockphoto.com/id/portfolio/bit245?mediatype=photography

Dalam skincare, vitamin ini berfungsi sebagai humektan yang bisa menarik dan mengikat kadar air dalam kulit sehingga terus terhidrasi. Meski panthenol merupakan kandungan alkohol, nggak perlu khawatir karena jenisnya adalah fatty alcohol yang justru bisa menenangkan kulit iritasi, melembutkan kulit, dan membuatnya terlihat lebih plump.

Sifat pantothenic acid yang anti-inflammatory membuatnya cocok dipakai untuk yang memiliki eczema, berjerawat, dan sedang iritasi. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu mempercepat produksi kolagen dalam kulit sehingga proses penyembuhan luka dan bekasnya lebih cepat, serta bikin wajah jadi glowing tentunya!

Nggak hanya jadi stand-alone ingredient, vitamin ini seringnya dikombinasikan sama hyaluronic acid yang sudah populer duluan untuk memberikan dan menjaga hidrasi pada kulit. This combination is perfect to tackle dehydration problems!

vitamin b5

So far, vitamin B5 bisa ditemukan dalam bentuk serum, toner, cream, dan facial wash. Saya sudah merasakan manfaat vitamin B5 dalam Krave Beauty Matcha Hemp Hydrating Cleanser. Setelah cuci muka, wajah saya nggak terasa kering apalagi ketarik. Sekarang saya lagi eyeing Leegeehaam Grow Hyal B5 Toner yang juga lagi sering di-rave skincare enthusiasts.

Sudah pernah coba skincare dengan kandungan vitamin B5? Share pengalaman kamu di bawah, ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment