DIY Brush Cleaning Sponge Dengan Menggunakan Donut Bun

Donut bun seharga enam ribuan ternyata bisa dipakai untuk menggantikan brush color cleaner lho!

Pernah mendengar istilah multifunction brush? Maksudnya adalah satu kuas yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Misalnya nih, satu powder brush bisa digunakan untuk aplikasi bedak, bronzer, dan sekaligus blush on. Fungsinya yang banyak ini, kadang jadi pertimbangan ketika akan membeli brush. Selain irit, nggak harus punya banyak-banyak brush, lebih ringkes juga kalau traveling, kan?

Baca juga: 3 Rekomendasi Kuas Blush On Murah Dan Multifungsi

Sayangnya, ada satu hal yang sering dilupakan ketika membeli multifunction brush, yaitu kunci dari blending  makeup yang bagus adalah dengan menggunakan brush yang bersih. Kebayang nggak sih, brush yang habis kita pakai untuk aplikasi bronzer warna coklat, lalu langsung kita gunakan lagi untuk mengaplikasikan blush on warna baby pink. Bukan warna baby pink yang kita dapet, jatuhnya malah dirty pink karena warna pink blush on-nya tercampur dengan sisa-sisa warna bronzer di kuas kita.

Apalagi eye makeup. Eye makeup itu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, karena bidangnya sempit namun blending-nya harus bagus tanpa membuat keseluruhan warna tercampur menjadi satu. Kalau memperhatikan beauty guru di youtube, pasti kita sering lihat kalau untuk satu eye makeup look saja, mereka membutuhkan banyak blending brush. Setiap mau nge-blend, brush-nya diganti dengan yang bersih.

diy color cleaner (5)

Jujur ya, saya sendiri pun malas sebenernya kalau harus pakai brush banyak-banyak dalam sekali pemakaian. Karena saya malas sekali mencuci banyak brush. Makanya saya selalu sedia brush cleaning sponge atau color cleaner atau color switch. Ini tuh semacam spons dengan pori-pori yang besar, yang fungsinya adalah untuk menghilangkan residu warna pada kuas makeup kita. Cara pakainya, cukup menggesek-gesekan kuas kotor kita ke permukaan brush cleaning sponge ini. Setelah itu, brush akan bersih dari warna makeup yang sebelumnya kita pakai, tanpa harus dicuci terlebih dahulu.

Brush cleaning sponge ini bisa didapatkan di online shop-online shop lokal dengan harga sekitaran 50 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah saja. Bisa pilih kok, ada yang dari brand lokal seperti Lamica Instant Color Switcer, ada juga yang dari brand luar seperti City Color Brush Cleaning Sponge.

Tapi kalau nggak mau membeli alat khusus untuk membersihkan sponge tersebut, sebenarnya kita bisa pakai donut bun atau alat yang biasa dipakai untuk isi cepolan rambut ini. Bahan dan permukaannya sama persis dengan brush cleaning sponge bikinan brand kosmetik. Harganya juga sangat murah dan mudah ditemukan di toko-toko aksesories rambut di mana saja. Donut bun punya saya ini, saya dapatkan di sebuah supermarket lokal di kota Solo dengan harga enam ribuan saja.

diy color cleaner (6)

diy color cleaner (7)

Meskipun harganya sangat jauh dengan produk brush cleaning sponge dan bentuknya juga sedikit berbeda, namun benda ini tetap berfungsi dengan baik kok untuk membersihkan brush kita dari warna yang masih menempel. Caranya sama, gesek-gesekan saja brush kotor kita ke permukaan donut bun ini, sampai bersih. Kalau sudah kotor, donut bun ini juga bisa dicuci dengan menggunakan air dan sabun, dan cukup dijemur saja untuk mengeringkan.

Gimana? Hemat kan? Ada yang mau coba?