The Body Shop Beauty Bae Content Creators Day!

Masih inget dong sama The Body Shop Beauty Bae 2018? Setelah melewati training tahap satu di bulan Maret lalu, dan setiap bulan mereka mulai mereview produk-produk terbaru The Body Shop, kali ini kesepuluh finalis kembali berkumpul untuk training tahap berikutnya yang nggak kalah seru: Content Creators Day!

Sekedar flashback, The Body Shop Beauty Bae 2018 adalah ajang kerjasama The Body Shop Indonesia dengan Female Daily Network yang bertujuan untuk mencari the next star influencer di bidang beauty, di mana para finalisnya diberikan serangkaian training untuk bekal mereka menjadi content creator yang andal. Nantinya akan dipilih seorang pemenang yang akan berangkat ke Singapura dan mengunjungi The Body Shop serta serangkaian kegiatan seru lainnya.

Nah kalau training tahapan pertama para finalis dibekali ilmu tentang makeup dan skincare dari The Body Shop, pada tahapan kedua ini, mereka akan belajar bagaimana membuat content yang menarik dari tiga pakar: Kae Pratiwi untuk writing skill, Michael Cools untuk fotografi dan Alifah Ratu Saelynda untuk video dan YouTube. Acara diadakan di Female Daily HQ, dan dibuka oleh kedua mentor The Body Shop Beauty Bae 2018 yaitu Affi Assegaf, Editorial & Community Director Female Daily Network dan Ratu Ommaya, Public Relations Manager The Body Shop Indonesia.

The_Body_Shop_ Beauty_Bae_1

Write your heart out!

Di sesi pertama, Kae Pratiwi menekankan betapa pentingnya menulis dari hati karena itulah yang akan membuat tulisan kita menarik untuk dibaca dan bisa memberikan pengaruh kepada para pengikut kita. Selain itu, Kae juga memberikan panduan teknis basic writing skill kepada para finalis yang sangat dibutuhkan di karir mereka. Bahkan untuk content creator yang sudah memutuskan untuk memilih YouTube sebagai platform utama, kemampuan menulis yang baik tetap dibutuhkan loh! Karena pekerjaan seorang content creator tidak akan pernah lepas dari yang namanya menulis, seperti menulis caption Instagram yang menarik, description di setiap video dan masih banyak lagi. Para finalis juga ditantang untuk membuat review sepanjang tiga ratus kata dalam lima belas menit saja!

The_Body_Shop_Beauty_Bae_2

Jangan takut untuk bereksperimen!

Selanjutnya, fotografer yang punya karya eclectic, Michael Cools memberikan tips and tricks fotografi kepada para finalis The Body Shop Beauty Bae 2018. Tentunya semua teori akan susah “nempel” kalau nggak praktik langsung, kan? Kali ini para peserta diberikan tugas untuk memotret berbagai produk The Body Shop dengan props yang sudah disediakan. Hasilnya? Banyak sekali yang membuat Michael terkagum-kagum. “Perfect shot! Salah satu contoh penggunaan props dan komposisi foto yang sangat baik!” ujar Michael mengomentari hasil foto salah satu peserta, Nadya Yasmeen.

Bikin video dalam waktu 15 menit?

The_Body_Shop_Beauty_Bae_3

Last but definitely not the least, giliran Alifah Ratu Saelynda yang sharing tentang bagaimana proses membuat content video yang menarik untuk platform YouTube. Mulai dari soal equipment yang digunakan sampai cara memonetisasi channel-nya, Ratu yang nggak pelit ilmu ini sharing banyak hal yang tentunya sangat berharga buat para finalis yang punya mimpi menjadi content creator yang influential. Praktik lagi? Tentunya! Bisa dibilang ini sesi yang paling menantang karena para peserta hanya dikasih waktu lima belas menit saja untuk membuat video berdurasi satu menit yang berisi review produk The Body Shop.

Setelah selesai, satu per satu video di-review oleh Ratu dan diberikan feedback. Yang menarik, ternyata salah satu peserta, Mia Ali, malah sempat-sempatnya mengedit videonya loh. “Niat banget, aku sampai terharu!” kata Ratu.

Setelah puas belajar dari ketiga mentor, para finalis The Body Shop Beauty Bae 2018 diajak menyimpulkan dan refleksi tentang apa yang sudah mereka pelajari dan bagaimana mereka akan menggunakan ilmu tersebut di kemudian hari. Komentar dari para mentor yang dituliskan di dalam Journey Book masing-masing finalis juga tentunya menjadi masukan dan motivasi untuk membuat content yang lebih bagus lagi.

The_Body_Shop_Beauty_Bae_4

And that’s it from Content Creators Day! Para finalis akan kembali berkumpul di akhir tahun untuk melewati tahapan ketiga dan terakhir sebelum akhirnya pemenang The Body Shop Beauty Bae 2018 dipilih. Siapa ya kira-kira yang akan menjadi juara?