Brand of The Week: Sensatia Botanicals

Dalam edisi pertama Brand of The Week #FDLocalPower ini, Female Daily memilih Sensatia Botanicals, brand kecantikan natural dari Karangasem, Bali yang menyebut perusahaan mereka feel-good company!

Sensatia Botanicals tick all the boxes as a beauty brand. Brand asal Karangasem Bali ini mempunyai produk  yang berkualitas dan diproduksi dengan standar tinggi, menggunakan bahan-bahan natural yang nggak harmful untuk kulit kita dan lingkungan, membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, sudah tersedia di lebih dari empat puluh negara, bahkan sudah bersertifikat halal dari MUI!

Sensatia Botanicals dimulai sejak tahun 2000 di sebuah desa nelayan kecil bernama Jasri di Karangasem, tepatnya di pesisir timur pulau Bali. Sejak didirikan, Sensatia berkonsep profit sharing cooperation, di mana karyawan mereka adalah pemegang saham perusahaan sebesar dua puluh persen sampai sekarang. Dimulai dengan hanya tiga karyawan, sekarang ini Sensatia Botanicals bisa dibilang salah satu brand kecantikan terbesar yang berasal dari Bali, dan satu-satunya brand di Bali yang mempunya fasilitas produksi dengan sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice). Produknya juga menghiasi kamar mandi di berbagai hotel dan resort bintang lima seperti W Retreat & Spa Bali, Mandapa Ritz Carlton, Alila Hotels & Resort Worldwide dan masih banyak lagi.

Sensatia Calming Body Wash

Baru-baru ini Sensatia Botanicals mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menggunakan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) di produk-produk bath and body mereka karena SLS atau sulfat adalah salah satu kandungan yang bisa tertimbun di saluran air dan mencemari lingkungan perairan. Langkah yang luar biasa keren apalagi mengingat kebanyakan produk bath & body yang tersedia di pasaran masih didominasi sulfat di dalamnya.

Sepertinya nggak berlebihan jika Female Daily memilih Sensatia Botanicals sebagai Brand of The Week dalam rangka kampanye #FDLocalPower bulan ini. Saya juga beruntung punya kesempatan untuk ngobrol dengan Founder dan Managing Director Sensatia Botanicals, Michael R. Lorenti Jr. yang sangat inspiring. Simak yuk obrolan kami!

Hi Michael, langsung aja ya. Why Indonesia and why beauty products?

Well, saya sudah menetap dan (jatuh cinta) di Indonesia selama 21 tahun. Sebenarnya saya memilih tempat tinggal dulu, then the rest just kinda fell into place. Dulu waktu baru datang ke Indonesia saya kesulitan untuk mencari bath and beauty products yang simpel, sehat dan natural. The seed has been planted and the rest is history.

Michael_Lorenti

Dulu pekerjaan kamu apa sebelum memulai Sensatia Botanicals?

SMA saya dulu mempunyai program fotografi yang sangat bagus dan saya kebetulan jago di situ, jadi saya memutuskan untuk melanjutkan studi di The Art Institute of Chicago di jurusan fotografi. Jadi sebelum pindah ke Bali tahun 1997, saya bekerja sebagai fotografer freelance. Lucunya, kalau ketemu teman-teman masa kecil saya dan mereka tanya apakah saya masih mendalami bidang fotografi, saya selalu bilang masih. Alasannya karena entah itu image dua dimensi atau tiga (bahkan empat) dimensi, proses problem solving-nya sama, produknya aja yang berbeda.

Kamu menyebut Sensatia Botanicals sebagai feel-good company. Apa sih artinya?

Artinya adalah di setiap aspek bisnis ini, kami selalu berusaha benar-benar memikirkan dan mengambil keputusan yang paling tepat, mengingat relationship yang kami miliki dengan semua staff dan community, pelanggan dan planet ini adalah hal yang terpenting bagi kami. Sudahkah kita membuat perubahan? Sudahkah kita membuat dampak yang positif? Kalau kamu melakukan hal-hal yang benar, sukses hanyalah by-product saja.

Mungkin kamu tau, bahwa Sensatia adalah profit-sharing company sejak awal kami berdiri. Karyawan kami adalah shareholders dan kami berencana mempertahankan hal ini tidak peduli seberapa jauh kami melangkah.

Gimana sih Sensatia mendapatkan ide-ide untuk produk baru? Seperti apa proses kreatifnya?

Ada beberapa produk yang lahir karena memang diperlukan, tapi sejujurnya kami berusaha mendengarkan pelanggan kami. Kalau ada 3 orang meminta sebuah produk yang sama, kemungkinan besar bagian R&D kami sudah mulai mengerjakannya. Jadi ini didorong dari keinginan personal dan juga keinginan para pelanggan kami.

Sensatia_Botanicals1

Photo credit: Instagram: @sensatia_botanicals

 

Sensatia sudah punya toko di seluruh penjuru Bali dan bahkan sudah ada di 40 negara. Kenapa susah banget dicari di Jakarta?

Hahaha, maaf ya, ini bener sih saat ini. Sebenarnya susah loh mencari tempat yang bagus di lokasi yang bagus di Jakarta. Kalau ada yang punya ide atau koneksi, kasih tau kami ya. Tapi, para fans tersayang Sensatia akan mendapatkan kabar yang sangat bagus sekitar tanggal 15 Oktober. Ikuti terus Instagram kami untuk info lebih lanjut ya.

Bisa kasih contoh nggak real-life impact yang dihasilkan oleh Sensatia sebagai profit-sharing company?

Wow, di awal impact ini sangat jelas terlihat. Banyak staf kami yang bisa membangun rumah dengan kamar mandi dan sumber air yang layak. Banyak anak-anak yang akhirnya bisa bersekolah. Ingat bahwa fasilitas produksi Sensatia berlokasi di Karangasem, Bali Timur, jadi beberapa tahun yang lalu ini adalah area yang cukup miskin dan tidak banyak pilihan untuk bekerja. Karangasem terkenal sebagai provinsi pertanian, jadi kalau kamu bukan petani kamu harus ke Denpasar untuk mencari kerja. Banyak keluarga yang akhirnya harus terpisah karena ayah dan ibunya harus bekerja di Denpasar, sementara anggota keluarga lain tinggal di desa, yang lokasinya dua jam dari Denpasar. Sensatia menyediakan lapangan kerja untuk cukup banyak keluarga sehingga mereka semua bisa tetap hidup bersama di desanya, dan bahkan mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar daripada kalau mereka bekerja di Denpasar.

What is your proudest moment so far?

Besides the first time FDN mentioned Sensatia? Hahaha. Wow, sepertinya setiap hari saya punya moment yang membanggakan tapi kalau harus disuruh memilih, ada dua. Moment di mana kami mendapatkan sertifikasi GMP dan, kalau saya nggak salah, Sensatia masih menjadi satu-satunya perusahaan kecantikan di Bali yang mempunya sertifikasi GMP. Dan yang kedua adalah saat kami mendapatkan sertifikasi Halal. Yang membuat saya bangga adalah tim saya yang hebat yang membuat semuanya itu bisa terjadi. Saya bangga kepada mereka.

Apa mimpi kamu untuk Sensatia Botanicals?

Mimpi saya adalah untuk terus memperbesar Sensatia dari tahun ke tahun sambil terus memberikan kesempatan kepada orang-orang yang benar-benar tertarik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka lewat kerja keras yang baik dan jujur, yang membuat mereka feel good.

sensatia_botanicals2

Photo credit: Instagram: @sensatia_botanicals

Sebutin dong tiga produk Sensatia favorit kamu!

Uugghhh, Why meeeee? Hahahaha. Sekarang saya lagi sangat cinta dengan Nurturing Body Wash baru kami dengan pump bottle 500 ml, enak banget dipakai untuk mandi. Saya harus pakai Facial C-Serum setiap pagi dan Must-have ketiga saya adalah Anti-wrinkle Serum yang saya pakai malam hari setelah mandi.